Ini Dia Pengertian hingga Harga Lem Putih yang Perlu Anda Tahu

434
hiasan kardus
Contoh kerajinan kardus

Penasaran apa dan bagaimana lem putih itu? Pada kesempatan ini, lemkertas.com akan berbagai informasi penting dan berguna mengenai adhesive ini.

Pengertian dan Bahan Dasar

PVA atau lengkapnya polyvinyl acetate merupakan komponen kimia yang pertama kali ditemukan oleh Fritz Klatte pada tahun 1912. Hasil temuan ini selanjutnya diolah sehingga menghasilkan lem PVA (PVAc) yang memiliki sifat tak menyebabkan bau dan toksik. Saking amannya, lem PVA bahkan bisa digunakan tanpa menggunakan alat khusus (kita bisa langsung menggunakan tangan). Lem PVA inilah yang selanjutnya oleh masyarakat sering disebut sebagai lem putih. Selain itu, penamaan lain yang kerap ditujukan untuk adhesive ini adalah lem kayu.

CS LemKertas

pvac

Lem ini dapat digunakan untuk berbagai media, terutama bahan kaya selulosa. Misalnya saja kayu-kayu solid, kayu lapis, clipboard, hingga MDF. Lem ini juga bisa dipakai sebagai sealer serta primer.

Cara Kerja Lem PVA

Lem putih dapat bekerja dengan baik ketika sirkulasi udara lancar. Lem ini juga cepat kering dalam suhu udara ruangan dan akan memberikan perikatan sangat kuat ketika clamp digunakan. Lem ini juga memiliki pH netral yang membuatnya fleksibel digunakan pada berbagai media.

Fungsi Lem Putih

Apa guna atau fungsi dari lem PVAc? Sebagai lem yang larut air, lem ini sangat cocok untuk merekatkan bahan berpori seperti kayu (sebagaimana disebut di atas). Adhesive ini pun memiliki performa optimal untuk merekatkan kain dan kertas. Berikut ini beberapa fungsi lengkap adhesive PVAc.

• Sebagai lem kayu

• Sebagai lem kertas, kain, dan kulit

• Sebagai lem untuk perekatan buku

• Sebagai lem kerajinan

• Sebagai lem untuk amplop

• Sebagai lem wallpaper

• Sebagai primer

• Sebagai filler

kerajinan bambu

Dibanding Lem lainnya

Bila dibandingkan berbagai adhesive lainnya, lem putih secara umum menawarkan kualitas yang lebih baik dan lebih lengkap. Adhesive ini unggul dari aspek keamanan, kekuatan, hingga keamanan. Bahkan berbagai majalah internasional woodworking menempatkan adhesive PVAc sebagai adhesive terbaik dan terkuat mengalahkan lem epoxy, PU, hingga urea formaldehyde.Contoh Lem PutihTelah tersedia berbagai adhesive berbasis polyvinyl acetate di lapangan. Tiga lem PVAc terbaik yang kami sediakan dan bisa Anda pesan via website ini adalah:

lem kayu untuk gitar crossbond

Lem Crossbond X3

Indoor adhesive Crossbond X3 didesain khusus untuk berbagai sambungan kayu. Lem ini dapat Anda gunakan untuk berbagai konstruksi bangunan hingga furniture seperti meja, kursi, dan buffet. Harga Crossbond X3 adalah Rp. 45.000,- per 250 gram.

Lem Crossbond X4

Crossbond X4 adalah adhesive PVAc untuk laminasi. Anda bisa menggunakan lem ini untuk indoor maupun outdoor. Crossbond X4 dapat Anda pakai untuk instalasi lantai dan decking, wall paneling, pembuatan kayu lapis, hingga pemasangan veneer. Harga lem ini Rp. 50.000,- per 250 gram.

Lem Ultra Phaethon

ULTRA-PHAETHON

Lem ini merupakan lem PVAc khusus untuk merekatkan berbagai jenis kerajinan. Anda bisa menggunakannya sebagai lem untuk merekatkan stik es krim, kain, decoupage, tas pandan dan berbagai craft lainnya. Ultra Phaethon dibuat sedemikian rupa sehingga karakternya ideal untuk perekatan kerajinan dengan harga terjangkau. Anda bisa membeli lem putih ini dengan harga Rp. 48.000,- per 1 kg. Terjangkau bukan?

CS LemKertas
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here