Lem Kertas Karton Ini Bukan hanya Bagus tapi juga Terjangkau!

Karton telah banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan. Dalam penggunaannya tersebut, karton membutuhkan adhesive dengan kualitas yang baik. Yang jadi soal, apa adhesive atau lem kertas karton yang kualitasnya baik namun harganya terjangkau?

Disebut sebagai paperboard dalam Bahasa Inggris, karton merupakan material yang terbuat dari pulp, baik itu sintetis maupun dari hasil proses daur ulang. Sedangkan menurut ISO 536, yang disebut sebagai karton adalah material kertas dengan berat lebih dari 200 gram untuk tiap luasan 1 meternya. Bahan ini memiliki perbedaan khusus dengan kardus. Secara umum, karton diproses dengan alur produksi yang lebih rumit dan hasil yang lebih baik. Harga karton juga lebih mahal dibanding kardus, dan tampilannya secara umum memang lebih baik.

promo produk biovarnish sanding sealer

Baca Juga : jenis jenis lem kertas mana saja yang bagus dan tahan lama

Dalam berbagai bidang kehidupan, karton telah banyak memberikan manfaat. Misalnya saja dalam pembuatan kartu remi, pembuatan figura, kartu pos, dan berbagai kebutuhan lainnya di mana kertas yang diperlukan harus lebih rigid dan kuat. Karton juga memiliki keunggulan dari aspek harganya yang murah serta pemanfaatannya yang lebih fleksibel. Pemakaian bahan ini, terutama yang jenisnya dari daur ulang pun dianggap lebih eco friendly atau ramah lingkungan dibanding pemakaian berbagai jenis bahan lainnya.

Baca Juga : Lem Kertas Terbaik untuk Jilid Buku hingga Pembuatan Tas Karton

promo produk finishing natural oil dan sanding sealer

lem kertas karton

Karton Bisa Digunakan untuk Apa?

Seperti telah disebutkan di atas, karton merupakan bahan yang memiliki manfaat luar biasa besar. Secara umum, material ini bisa dipakai untuk:

1. Pembuatan aneka jenis kartu

2. Bahan utama maupun pendukung craft atau kerajinan. Misalnya sebagai pelapis untuk figura. Kertas karton pun bisa dibuat menjadi aneka produk menarik seperti figur-figur berbentuk binatang.

Baca Juga : Apa ya Lem untuk Karton Kuning yang Kuat dan Tidak Glue Line?

3. Pembungkus aneka produk mulai dari benda-benda hingga bahan konsumsi

Namun dalam penggunaannya untuk berbagai bidang di atas, karton membutuhkan support atau dukungan dari bahan lain. Lem salah satunya. Seperti sekrup untuk menyatukan material logam, lem merupakan penyatu komponen figura yang harus diperhatikan dengan baik.

kerajinan kertas karton

Memilih Lem Kertas Karton yang Bagus

Memilih lem untuk karton sendiri bisa dibilang “tricky”. Tak mudah memilih lem yang tepat untuk bahan ini. Ada kalanya lem terlalu berdaya rekat lemah karena hanya bisa merekatkan kertas “biasa”. Namun tak jarang juga, lem malah terlalu kuat. Biasanya ini terjadi tatkala kita memanfaatkan lem-lem kayu dengan daya rekat sangat kuat untuk bahan seperti karton. Memang hasilnya bisa saja bagus. Namun, feature yang ditawarkan terlalu berlebihan sehingga akan membuat biaya pengerjaan karton menjadi boros.

Baca Juga : Kenapa Memilih Lem Kertas Putih Ultra Phaethon?

Didasarkan pada pemahaman tersebut serta memperhatikan berbagai aspek lainnya, untuk memilih lem karton yang bagus, perhatikanlah beberapa poin penting di bawah ini.

1. Pilih lem yang memang didesain untuk kertas jenis ini. Hindari membeli lem untuk kebutuhan lainnya.

2. Efek lem pada warna, terutama hati-hatilah pada fenomena glue line (warna lem) yang menyebabkan estetika produk menjadi kurang menarik.

3. Ketahanan lem. Pastikan adhesive tahan pada air, solvent, dan panas sehingga ikatannya tak mudah rusak.

4. Tingkat keamanan lem. Mencermati trend di pasaran serta makin ketatnya regulasi dari pemerintah, usahakanlah menghasilkan produk yang eco friendly. Salah satunya tentu saja dengan memanfaatkan adhesive yang tak mengandung zat toksik.

ULTRA-PHAETHON

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, adhesive yang kami sarankan untuk kertas karton adalah Ultra Phaethon. Didesain sebagai PVAc glue atau lem berbasis polyvinyl acetate, Ultra Phaethon merupakan lem dengan harga terjangkau yang dilengkapi berbagai feature sangat menarik. Adhesive ini:

1. Sangat kuat

2. Didesain untuk aneka kerajinan termasuk kerajinan kardus hingga karton

3. Pemakaian sangat mudah tanpa melibatkan bahan dan alat tambahan yang lain

4. Tidak menyebabkan glue line

5. Tahan lama

6. Cepat kering

7. Harga terjangkau

Lem Ultra Phaethon bisa Anda beli hanya dengan harga hanya Rp. 48.000,00 untuk kemasan 1 kg. Murah sekali bukan? Di pasaran, tak banyak adhesive yang menawarkan kualitas seperti ini dengan harga yang terjangkau. Sering, adhesive yang kualitasnya bagus dihargai terlampau mahal. Sebaliknya, adhesive yang tersedia murah, rupanya memiliki kualitas sangat buruk.

Bisa Digunakan untuk Berbagai Jenis Karton

Ultra Phaethon sebagai lem kertas karton yang kami sarankan, bisa Anda gunakan untuk perekatan aneka varian paperboard seperti:

Karton Box

Karton box merupakan tipe karton yang mudah dibentuk tanpa menyebabkan kerusakan pada benda di dalamnya. Karton tipe ini dibuat dengan irisan bergelombang pada bagian dalamnya. Tujuannya agar kekuatan karton lebih baik serta tak mudah rusak. Anda bisa mendapati irisan bergelombang ini pada potongan melintang karton. Di luar negeri, karton box sering disebut sebagai corrugated paperboard.

Flexible Packaging

Flexible Packaging sebagaimana namanya, adalah tipe karton yang mudah dibentuk serta dilipat. Sifat ini mirip dengan karton box, hanya saja flexible packaging banyak digunakan untuk bungkus makanan. Misalnya saja untuk bungkus makanan cepat saji.  Tak heran bila dalam pembuatannya, tipe paperboard ini sering ditambahkan dengan pelapis antijamur/antifungal khusus. Kadang kala, juga digunakan pencegah kontaminasi bahan kimia supaya makanan yang dibungkus di dalamnya tetap aman dikonsumsi. Di Indonesia, flexible packaging dikenal dengan nama tetrapack. Produksinya mengikuti Departemen Kesehatan serta BPOM.

Kertas Karton

Kertas karton merupakan tipe karton yang biasa dikenal awam. Berbagai kerajinan biasa dihasilkan dari tipe paperboard ini. Pemanfaatannya tidak diperbolehkan untuk kebutuhan seperti pembungkus makanan. Sebab standar keamanannya secara umum belum memenuhi kriteria yang dibutuhkan.

Dapatkan Ultra Phaethon untuk Produk Anda di Lemkertas.com

Dengan berbagai keunggulannya di atas, tak mengherankan bila Ultra Phaethon menjadi adhesive yang banyak digunakan industri yang memanfaatkan paperboard. Anda pun bisa mulai menggunakan Ultra Phaethon untuk kebutuan sendiri, utamanya untuk kebutuhan yang melibatkan kertas karton dan karton box.

Ultra Phaethon dengan daya rekatnya yang baik akan membantu mewujudkan produk yang lebih kokoh dan tahan lama. Sifat adhesive yang mudah digunakan dan cepat kering juga akan membantu Anda menghemat budget yang harus dikeluarkan. Apalagi dengan tingkat keberhasilan pengeleman yang lebih tinggi. Resiko pengeluaran biaya akibat kegagalan proses produksi bisa diminimalisir dengan baik.

Bagaimana Cara Memesan Lem Kertas Karton Ultra Phaethon?lem kertas karton

Lakukan pemesanan dengan cara mengklik feature Pesan Sekarang di atas. Anda pun bisa menghubungi hotline CS kami untuk meminta informasi lebih jauh. Custimer Service kami akan melayani Anda dengan ramah dan profesional. Bila perlu, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan teknisi kami. Saat ini, kami pun juga menyediakan aneka produk adhesive di berbagai marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Ingin membeli secara langsung? Ultra Phaethon telah tersedia di berbagai agen di Indonesia. Anda bisa menghubungi kami untuk meminta informasi lebih lanjut mengenai kontak agen yang paling dekat dengan tempat tinggal Anda.

Mudah bukan? Ayo gunakan lem kertas karton Ultra Phaethon sekarang juga!

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *