Lem yang Digunakan untuk Membuat Kerajinan Stik Es Krim Jangan yang Begini!

1731
rumah-rumahan stik es krim

Ingin membuat kerajinan stik es krim tapi bingung memilih lem yang tepat? Supaya tak kebingunan, caranya sederhana, pilihlah lem yang digunakan untuk membuat kerajinan stik es krim yang tidak:

Lem yang Digunakan untuk Membuat Kerajinan Stik Es Krim

Menggumpal

Hindari lem yang menggumpal. Sebab gumpalan lem yang tercipta sudah barang tentu akan membuat kerajinan stik es krim tak lagi tampak menarik. Belum lagi, gumpalan tersebut mudah dikelupas. Akibatnya perekatan pun menjadi sangat fragil.

Berwarna Saat Kering

CS LemKertas

Jangan terkecoh saat membeli lem yang “transparan”. Ada kalanya sebuah adhesive tampak transparan saat cair, tapi menimbulkan warna setelah kering. Tipe adhesive seperti ini sebaiknya Anda hindari. Sebagaimana poin pertama, adhesive yang berwarna saat kering akan membuat kerajinan tak lagi menarik. Warna cat pun “rusak” akibat kemunculan warna dari lem yang digunakan.

Daya Kuat Rendah

Meski bukan furniture, akan tetapi kekuatan pengeleman harus senantiasa dipertahankan. Pilih adhesive yang memang bisa digunakan untuk lem stik es krim, bukannya adhesive jenis lain dengan daya rekat lebih rendah.

Mudah Rusak

Pernahkah Anda melihat berbagai craft yang mudah copot komponennya? Salah satu penyebab kondisi tersebut adalah sifat lem yang mudah rusak. Lem bisa jadi kurang tahan pada panas, kelembaban, hingga solvent. Akibatnya kekuatan lem melemah seiring berjalannya waktu yang menyebabkan kerajinan stik es krim pun turut rusak.

Berbahaya (mengandung Formalin, Timbal, dan Zat Berbahaya lainnya)

Bila Anda serius menggeluti industri kerajinan ini, pastikan untuk selalu memperhatikan keamanan lem yang digunakan. Sebab di pasaran sana, banyak terdapat lem dengan kandungan berbahaya seperti timbal maupun formalin. Penggunaan lem seperti ini akan membuat produk Anda sulit dipasarkan di kemudian hari, apalagi bila Anda memiliki niat mengekspor produk.

Sulit Digunakan

Kalau ada yang mudah dipakai, kenapa harus mencari lem yang sulit dipakai? Toh sudah banyak lem yang digunakan untuk membuat kerajinan dari stik es krim yang cara pakainya relatif mudah. Jadi selalu perhatikanlah aspek alat yang harus digunakan hingga kecepatan kering adhesive tersebut.

CS LemKertas
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here