Meja Kayu Minimalis: Ketika Keindahan Kayu Berpadu dengan Minimalisme

154
meja minimalis

Gaya minimalis merupakan sebuah gebrakan luar biasa dalam berbagai bidang! Tak terkecuali di industri mebel. Di industri ini, telah lahir berbagai furniture dengan gaya minimalis yang menawan. Salah satunya produk meja kayu minimalis. Paduan cantik keindahan kayu dengan gaya minimalis membuatnya sulit untuk tak mengundang decak kagum. Kali ini, secara khusus lemkertas.com akan mengajak Anda membahas lebih dalam mengenai meja unik ini.

Seperti Apakah Meja Kayu Minimalis itu?

Pertanyaan pertama yang barangkali akan ditanyakan banyak orang adalah, “memangnya seperti apa meja minimalis itu? Apa bedanya meja minimalis dengan meja yang lain?”

Kalau Anda masih benar-benar awam mengenai meja ini, Anda tak perlu khawatir. Sebab Anda tidak sendiri. Toh, banyak orang yang sepertinya paham meja minimalis itu seperti apa, tapi sering mencampurkannya dengan meja gaya modern. Nah lho?! Bisakah Anda membedakan mana meja dengan style modern dan meja dengan gaya minimalis?

CS LemKertas

Secara ringkas, meja kayu minimalis adalah meja yang:

  1. Dibuat dengan elemen yang kesemuanya adalah elemen dasar. Tidak ada elemen “dekoratif” atau elemen tak berguna secara struktural. Misalnya begini, sebuah meja dengan desain unik dibuat dengan ukiran dan jumlah kaki meja 5 (agar terlihat khas). Nah, bayangkanlah kesemua elemen pada meja tersebut dihilangkan sampai tak ada lagi yang bisa dihilangkan. Kakinya dipotong satu, ukirannya dihilangkan, dan elemen yang tak berguna lainnya juga dibuang. Lama kelamaan, Anda akan mendapatkan struktur yang sangat mendasar dan inilah yang justru salah satu ciri minimalisme.
  2. Tak didesain dengan warna mencolok seperti merah darah atau biru tinta.
  3. Tak didesain dengan motif mendetail pada kayu atau finishingnya.
  4. Warna cenderung netral, natural, dan monokromatis. Inilah yang membedakannya dengan gaya modern yang tak sungkan-sungkan dengan warna cerah.
  5. The effortless beauty. Ciri ini sangat tricky. Sebab kita harus bisa membuat meja tampak indah namun effortless.

Mengapa Gaya Minimalis Begitu Digemari?

Ketika kita hanya membaca pengertian seperti apa desain minimalis itu, barangkali kita akan bertanya-tanya, apa istimewanya desain ini? Kenapa gaya ini demikian mengglobal? Kenapa sampai sekarang minimalisme masih begitu digemari?

Tapi tatkala kita dihadapkan pada meja dengan gaya minimalis itu sendiri, barangkali kita langsung paham mengapa gaya ini begitu populer. Gaya minimalis adalah gaya yang sangat khas. Ketika gaya lain hadir dengan tambahan elemen, gaya ini justru hadir dengan mereduksi elemennya. Keindahannya begitu kuat dan memerangkap. Tak heran gaya ini begitu terkenal dan masih disukai sampai sekarang. Apalagi minimalisme juga sesuai dengan gaya hidup zaman ini. Kesan efisiensinya cocok dengan nilai-nilai modern yang memang lebih to the point dan tidak bertele-tele.

Ketika dikombinasikan dengan kayu, gaya ini akan terlihat makin menawan. Keindahan kayu yang alami akan memberikan sentuhan yang lebih fresh dan homy pada meja dengan gaya tersebut.

Berapa ya Harga Meja Kayu Minimalis?

meja minimalis (2)

Lantas berapakah harga meja kayu dengan desain minimalis ini? Dengan berbagai kualitasnya, apakah meja kayu ini lebih mahal? Bagaiamana dengan merk seperti Olympic? Jawabannya sangat tergantung. Selain gaya minimalisme itu sendiri, ada banyak faktor yang mempengaruhi kualitas meja. Secara umum, berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi harga meja minimalis:

  1. Bahan yang dipakai
  2. Keindahan desainnya
  3. Merk meja
  4. Tempat jual meja minimalis
  5. Ukuran dan kelengkapan komponen meja

Di Mana Membeli Meja Kayu Minimalis?

Untuk mendapatkan meja ini sendiri, caranya cukup mudah. Anda bisa mengandalkan berbagai toko mebel yang menyediakannya. Toko mebel seperti IKEA sampai toko mebel di dekat rumah Anda bisa diandalkan. Ingin membeli meja minimalis di tempat yang lebih murah? Coba saja pesan di tempat jual meja dan mebel di pinggir jalan yang skalanya masih kecil. Siapa tahu Anda bisa mendapatkan meja dengan harga lebih murah. Anda juga akan bisa memastikan desainnya sendiri. Tinggal beri saja desain meja yang Anda inginkan kepada pengrajin furniture tersebut.

Tips untuk Pengusaha Mebel: Yuk, Buat Sendiri Meja Kayu Minimalis Anda!

Tips yang kami berikan di atas adalah tips khusus untuk para konsumen yang hendak membeli meja tersebut. Nah, selanjutnya, kami juga akan berikan tips khusus bagi para pembuat mebel.

Tips 1: Pahami seperti Apa Minimalisme itu

Pertama, pahami dulu gaya minimalisme itu apa dan bagaimana. Jadi Anda benar-benar tahu apa yang hendak Anda buat. Jangan sampai, misalnya Anda melakukan kesalahan mendasar. Contohnya menerapkan warna cerah atau bright color pada meja dengan gaya ini. Warna-warna cerah akan membuat meja Anda lebih terlihat seperti meja kayu modern, bukan minimalis.

Tips 2: Trial and Error

Kedua, setelah paham apa itu gaya minimalis, lakukanlah trial and error. Anda bisa terlebih dahulu mencontek tutorial yang ada di internet, atau mencoba sendiri secara langsung. Kalau Anda sudah biasa bekerja dengan kayu, trial and error dipastikan tak akan berjalan dengan buruk. Sebab meja minimalis sejatinya adalah meja yang justru tak begitu sulit dibuat. Hanya saja, memang prosesnya tricky. Perlu kehati-hatian dan keterampilan khusus supaya kita bisa menunjukkan keindahan dari kesederhanaan yang ditampilkan. Hal yang jelas memang bukan perkara mudah.

Tips 3: Jual Meja Kayu Minimalis Anda

Nah, tips ketiga, juallah meja yang sudah Anda buat. Ini penting untuk mengetes desain meja yang Anda terapkan. Sebab, belum tentu memang gaya ini cocok untuk semua kalangan. Misalnya, beberapa kalangan mungkin lebih suka dengan gaya kontemporer. Sedangkan yang lain lebih suka dengan gaya modern. Gaya minimalis pun pastinya punya pangsa pasar tersendiri. Maka berikanlah dengan cara yang tepat. Dan di era ini, hal tersebut bukan sesuatu yang sulit dilakukan. Kalaupun Anda tidak menemukan target pasar yang dekat, Anda bisa mengandalkan jaringan internet untuk kemudian melakukan transaksi jual beli online.

meja kayu minimalis

Tips 4: Tingkatkan Kualitas!

Tips terakhir, setelah Anda mahir membuat meja kayu minimalis, jangan lupa untuk terus meningkatkan kualitas produk tersebut. Bahkan bila perlu, buatlah desain minimalis yang khas dari Anda. Jadi, produk Anda akan benar-benar lebih mudah dikenal pasar dengan ciri kuatnya tersebut.

Tips 5: Murahkan Harganya

Jangan lupa juga untuk menurunkan budget produksi. Jadi harga meja yang Anda jual nantinya juga lebih murah dan menjadi lebih kompetitif di pasaran. Misalnya saja dengan menggunakan bahan kayu olahan dan pelapis HPL. Untuk lemnya, Anda bisa menggunakan lem khusus finishing tempel Eva Phaethon. Dengan demikian biaya produksi bisa diturunkan dan harga produk Anda pun akan lebih murah. Apalagi bila dibandingkan dengan meja serupa yang terbuat dari kayu solid yang sangat mahal. Menarik bukan?

CS LemKertas
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here