Mengenal Tas Rajut dan Tips untuk Membuatnya

306
tas rajut (3)

Tas rajut memang menawan hati. Dan kami menyediakan bahan yang paling tepat bagi Anda yang ingin membuat produk ini.

Hampir semua orang menggunakan tas. Tas dalam pengertian yang paling luas adalah segala jenis produk yang didesain untuk menaruh benda-benda yang kita miliki agar bisa dibawa secara lebih praktis. Tas bisa berupa tas sekolah, tas belanja, tas kerja, hingga tas laptop. Pada masa lalu pun, produk seperti tas sudah banyak dikenal. Bahkan meski wujudnya sangat sederhana seperti kain yang dipakai untuk membungkus benda yang dibawa saja lalu diikatkan dengan tongkat kayu.

Beragam Jenis

CS LemKertas

Karena tergolong sebagai produk yang sangat multi fungsi, saat ini, kita mengenal berbagai varian tas yang bisa dibedakan berdasarkan berbagai aspek. Misalnya dari segi penggunanya, kita bisa membedakan produk ini menjadi tas wanita, tas pria, tas anak-anak, hingga tas remaja. Adapun dari segi bahan yang digunakan, tas bisa dibagi menjadi tas kulit, tas kanvas, sampai tas dari kain wol.

Salah satu jenis tas yang menarik dari segi bahan dan pembuatannya adalah tas rajut. Dan produk tas inilah yang akan kita bahas di artikel ini. Namun sebelum kita membahas lebih jauh mengenai tas tersebut, mari simak dulu pengertiannya di bawah ini.

Pengertian

Tas rajut secara sederhana bisa diartikan sebagai tas yang dibuat dengan teknik merajut. Merajut sendiri berbeda dengan menenun meski keduanya sama-sama cara pembuatan kain secara konvensional. Pada teknik menenun, dua benang akan diposisikan tegak lurus satu sama lain. Hal ini berbeda dengan rajutan yang biasanya dilakukan dengan satu helai benang saja.

Benang yang bisa digunakan untuk membuat tas ini sangat beragam, antara lain:

  1. Benang nilon
  2. Benang katun
  3. Benang panda
  4. Benang smock
  5. Raya
  6. Benang polyester
  7. Jala
  8. Dan lain sebagainya

Saat ini, banyak pihak yang bahkan menggunakan benang dari natural fiber. Misalnya saja dari eceng gondok. Dengan pemakaian bahan seperti eceng gondok, tas yang dibuat pun akan terlihat semakin unik dan juga menarik.

tas rajut (2)

Fungsi

Tas rajut memiliki beragam fungsi tergantung dari tujuan para pembuatnya. Sebab tas ini hanya dibedakan menurut bahan yang dipakai dan cara pembuatannya. Berikut ini beberapa contoh guna atau manfaat dari tas tersebut.

  1. Digunakan sebagai tas sekolah
  2. Digunakan sebagai tas untuk jalan-jalan
  3. Digunakan untuk belanja
  4. Digunakan sebagai tas pesta
  5. Hingga digunakan sebagai tas cinderamata atau suvenir khas dari suatu daerah

Selain itu, model tas juga sangat beragam. Ada yang dibuat dengan bentuk selempang, tas jinjing, sampai dalam bentuk tas gendong biasa.

Pelapis untuk Tas Rajut

Pada pembuatan tas rajutan sendiri, selain dibutuhkan benang untuk merajut, juga seringkali diperlukan kain pelapis. Kain pelapis ini contohnya adalah kain furing.

Pada pembuatan tas, kain pelapis bisa disatukan dengan cara dijahit. Namun ada juga yang disatukan dengan cara dilem. Bagi Anda yang hendak membuat tas, kualitas, harga, hingga cara aplikasi ini jelas perlu diperhatikan. Sebab akan sangat mempengaruhi kelancaran produksi sampai kualitas produk terkait.

Butuh Lem yang Tepat

Dalam pembuatan tas termasuk yang dibuat dengan teknik rajutan, seringkali diperlukan bahan perekat atau lem yang tepat. Lem diperlukan untuk berbagai fungsi sekaligus, antara lain untuk:

  1. Mengelem pelapis atau komponen dasar tas
  2. Mengelem hiasan-hiasan tas. Misalnya untuk mengelem hiasan floral atau bebungaan pada tas
  3. Membuat hiasan bunga pada tas itu sendiri. Sebelum ditempelkan ke tas, dekorasi tas itu sendiri sering membutuhkan lem daam proses pembuatannya

Untuk kebutuhan seperti ini, lem yang dipakai jelas harus memiliki kualitas yang baik. Lem yang daya rekatnya baik saja tidak cukup. Untuk tas rajut Anda yang betul-betul bermutu, gunakan juga lem yang tidak glue line hingga eco friendly.

Lem Phaethon

tas rajut

Dari berbagai jenis lem di pasaran, kami memiliki rekomendasi sendiri atas lem yang sebaiknya digunakan. Lem yang kami sarankan adalah lem Phaethon. Lem Phaethon terdiri atas dua jenis atau varian adhesive. Yang pertama adalah Eva Phaethon dan yang kedua adalah Ultra Phaethon. Eva Phaethon bisa digunakan untuk merekatkan media beda karakter dari organik sampai sintetis. Lem ini menggunakan bahan dasar ethylene vinyl acetate atau EVA. Sedangkan Ultra Phaethon adalah lem polyvinyl acetate atau PVAc. Lem ini didesain untuk perekatan media dengan karakter organik atau natural.

Kedua lem Phaethon tersebut sama-sama bisa digunakan untuk pembuatan tas meski untuk kebutuhan yang berbeda.

Agar lebih rinci, berikut ini kedua jenis lem Phaethon yang bisa Anda gunakan untuk membuat tas rajut.

Lem Eva Phaethon Lem Ultra Phaethon
Eva atau Ethylene vinyl acetate Polyvinyl acetate atau PVA / PVAc
merupakan lem yang dibuat secara khusus untuk mengelem material atau media berbagai jenis termasuk yang karakternya berbeda merupakan lem yang dibuat secara khusus untuk mengelem material organik / kaya selulosa seperti serat alam serta untuk menguatkan anyaman bahan organik

Cara Membeli Lem Phaethon

Segera beli lem Phaethon untuk membuat berbagai produk tas rajut Anda. Saat ini, lem Phaethon sudah bisa dibeli secara online ataupun secara langsung. Untuk pembelian secara online, Anda bisa menghubungi kami via kontak Customer Service yang disediakan. Customer Service kami akan memadu Anda melakukan pemesanan ini dengan ramah, terbuka, dan juga profesional. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pembelian di toko online atau online shop. Ya, kami telah menyediakan opsi pembelian di marketplace karena kami menyadari banyak di antara pembeli lem Phaethon yang terbiasa belanja di toko daring langganannya masing-masing.

Anda juga bisa membeli lem ini secara langsung lho. Untuk pembelian secara langsung, Anda bisa ke gerai Bio Service Point. Di Bio Service Point tersedia berbagai produk untuk kebutuhan tas yang lain. Misalnya saja semir Biopolish dari lilin lebar, clear coat bening Bio Varnish, dan masih banyak lagi. Jadi, selain bisa membeli lem Phaethon, Anda pun bisa membeli produk lainnya yang dapat digunakan untuk menunjang proses produksi tas.

Kesimpulan

Tas adalah produk yang multifungsi dan hampir selalu dibutuhkan pada berbagai aktivitas yang kita lakukan. Salah satu jenis tas yang populer adalah tas rajut. Sebagaimana namanya, jenis tas tersebut dibuat dengan teknik perajutan yang membuatnya memiliki karakter khas yang membedakannya dari produk tas yang lain.

Untuk membuat tas ini sendiri, seseorang bisa melakukan perajutan langsung atau menggunakan bahan rajutan berupa lembaran kain. Selain itu, dibutuhkan juga bantuan dari bahan lainnya. Di antaranya adalah lem untuk membuat produk tas tersebut. Dan, di lemkertas.com, kami sedia lem untuk membuat tas rajut yang berkualitas.

CS LemKertas
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here