Saat Tas Tenun Bisa Bawa Untung Besar

137
tas tenun

Dari berbagai jenis tas yang memiliki daya tarik kuat, tas tenun adalah salah satunya. Yuk, kenali lebih lanjut seperti apa tas ini sebetulnya!

Siapa tidak kenal dengan songket? Kain songket yang banyak dibuat di Sumatera adalah salah satu kebanggaan Indonesia. Masyarakat Sumatera dari berbagai daerah telah berhasil membuat kain elegan tersebut dengan kekhasannya sendiri-sendiri. Sampai saat ini, songket juga menjadi cinderamata bagi mereka yang berwisata ke Sumatera Barat hingga Sumatera Selatan.

Songket sendiri adalah produk kain yang dibuat dengan teknik tenunan. Menenun adalah salah satu cara membuat kain yang sebetulnya sudah lama dikenal manusia. Proses menenun ini melibatkan alat khusus yang biasanya dimodifikasi di tiap daerah. Pun begitu motif dan detil-detil tenunan umumnya memiliki ciri yang berbeda dari satu daerah ke daerah yang lain.

CS LemKertas

Dilihat dari sejarah, kegiatan menenun sudah lama dilakukan manusia sejak masa lalu. Terhitung, Mesir adalah wilayah paling tua yang diketahui mengenai cara ini. Metode ini kemudian menyebar ke berbagai penjuru dunia. Di Indonesia, teknik menenun diketahui diperkenalkan oleh para pedagang dari Tiongkok untuk selanjutnya menyebar ke berbagai wilayah dan memiliki kekhasan per wilayah tersebut.

Tas Tenun

Dari berbagai produk tenunan, tas tenun adalah salah satu produk yang punya potensi tinggi untuk dipasarkan. Tas tersebut sebagaimana namanya dibuat dengan teknik menenun. Kain yang dipakai bisa didesain secara khusus untuk membuat tas tersebut atau hanya kain tenun pada umumnya yang kemudian diambil produsen tas untuk kebutuhan itu.

Sebagai produk yang dijual komersil, tas ini bisa saja berupa:

  1. Tas selempang. Biasanya untuk kesan yang lebih relaks dan juga tradisional, bentuk selempang dengan desain yang lokal diaplikasikan.
  2. Tas belanja. Aneka tas belanja juga bisa dibuat menggunakan bahan tenunan
  3. Tas sekolah. Meski masih jarang atau bahkan sangat sedikit, bukan tak mungkin produk Anda bisa laku keras karena tak banyak memiliki saingan
  4. Tas pesta. Sebagai tas pesta, kain tenun yang dibuat dengan kualitas tinggi pasti bisa memberikan kesan mewah.
  5. Tas laki-laki. Tas untuk laki-laki pun bukan tak mungkin menggunakan material kain tenun.

Inovasi agar Lebih Menarik

Penggunaan kain tenun untuk membuat tas memang bisa dibilang ‘tak biasa’. Di saat kebanyakan tas dibuat dengan bahan plastik atau kain kanvas, pemakaian kain tenun jelas akan membuat produk Anda sangat mencolok. Namun jangan jadikan kain tenun sebagai penentu utama kualitas Anda. Perhatikan juga aspek lain yang tak kalah krusial seperti:

  1. Model tas
  2. Pemilihan warna tas
  3. Bentuk tas
tas tenun gendong

Inovasi juga perlu Anda lakukan. Inovasi diperlukan supaya produk Anda terlihat beda dari yang lain dan benar-benar baru. Inovasi juga akan membuat para pembeli lebih menyukai produk yang Anda sediakan dan tidak merasa bosan dengan model yang itu-itu terus.

Butuh Lem yang Bagus

Selain berbagai inovasi yang disebutkan di atas, dalam pembuatan tas ini, ada baiknya Anda juga memperhatikan bahan yang dipakai. Selain kain tenun yang menjadi material pokok, perhatikan jugalah bahan yang lain seperti bahan-bahan pendukung. Salah satu yang sangat perlu Anda perhatikan adalah lem yang dipakai untuk membuat tas tenun tersebut. Lem pertama-tama harus bisa merekatkan komponen tas yang satu dengan yang lain. Selanjutnya, lem juga idealnya memiliki kualitas baik mulai dari daya rekat, ketahanan, kecepatan kering, kemudahan penggunaan, sampai harganya yang lebih terjangkau.

Kami Sedia Lem untuk Membuat Tas Tenun

Lemkertas.com menyediakan lem yang bisa Anda pakai untuk membuat aneka jenis tas yang kainnya dibuat dengan teknik tenunan. Lem yang kami rekomendasikan adalah lem Phaethon.

Tentu ada alasannya mengapa lem ini yang kami rekomendasikan di antara berbagai lem lainnya yang juga kami miliki. Secara umum, Lem Phaethon:

  1. Memiliki daya rekat yang sangat kuat
  2. Lem ini sangat tahan lama
  3. Tidak menyebabkan glue line
  4. Merupakan lem yang sangat aman dan ramah lingkungan
  5. Mudah digunakan
  6. Kecepatan kering yang ideal
  7. Solid content tinggi, cover area luas
  8. Mudah menyebar

Ada dua jenis lem yang kami sediakan untuk Anda. Keduanya adalah seri lem Phaethon dengan perbedaan sebagai berikut.

Lem Eva Phaethon Lem Ultra Phaethon
Eva atau Ethylene vinyl acetate Polyvinyl acetate atau PVA / PVAc
Didesain untuk mengelem bahan atau media berbagai jenis termasuk yang karakternya berlawanan Didesain untuk mengelem bahan organik / kaya selulosa seperti serat alam dan juga untuk menguatkan anyaman bahan organik

Kedua lem Phaethon tersebut, dengan kata lain bisa digunakan untuk kebutuhan yang berbeda dalam alur produksi tas tenun. Kapan memakai Ultra Phaethon dan kapan menggunakan Eva Phaethon seyogyanya disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jadi silahkan beli salah satu dari lem Phaethon ini untuk membuat tas yang dibuat dengan teknik menenun tersebut.

Beli Lem Phaethon Begini Caranya

Silahkan pesan sekarang juga lem Phaethon. Kini, Anda bisa membeli lem ini dengan cara yang sangat mudah. Yang pertama adalah pembelian secara langsung. Untuk membeli secara langsung, Anda bisa ke Bio Service Point yang bertempat di Yogyakarta, Cirebon, dan juga Jepara. Anda juga bisa mengontak agen-agen kami yang lokasinya dekat dengan Anda.

Sedangkan untuk pembelian secara online, Anda bisa memesan di toko daring alias online shop ataupun di lemkertas.com. Untuk pembelian di lemkertas.com, Anda tinggal menghubungi Customer Service kami saja. CS kami pasti akan melayani pesanan Anda dengan ramah, profesional, dan baik.

Kesimpulan

Kain merupakan bahan yang digunakan manusia sejak zaman dahulu kala. Di Indonesia beragam kain tradisional telah ditemukan dengan keunikannya masing-masing. Salah satunya adalah kain songket. Hampir seluruh orang Indonesia mengakui keindahan kain songket yang banyak dihasilkan masyarakat Sumatera tersebut.

Songket merupakan kain yang dibuat dengan teknik menenun. Bicara mengenai teknik tersebut, menenun adalah suatu teknik yang awal mulanya diciptakan di Mesir. Teknik tersebut kemudian menyebar ke berbagai penjuru dunia dan berevolusi sehingga menjadi khas di tiap daerah. Di Indonesia, menenun adalah pekerjaan yang diperkenalkan para pedagang dari Tiongkok. Dan songket, sebagaimana disebut di atas adalah contoh produk yang terbuat dengan teknik ini.

Selain songket di zaman ini, menenun juga bisa menghasilkan aneka produk yang lain. Misalnya saja adalah tas tenun. Di zaman ini, tas tenun bisa dikatakan prospektif dijual untuk mendapatkan keuntungan. Dan, kami di lemkertas.com menyediakan lem yang bisa Anda andalkan untuk membuat tas tersebut.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan. Semoga informasi ini memberikan manfaat untuk Anda ya.

CS LemKertas
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here