Manufaktur Lem Kayu Konstruksi Crossbond X3 untuk Sambungan Dovetail yang Lebih Tahan Lama

574
dovetail dasar

Sambungan dovetail merupakan salah satu sambungan yang paling banyak diaplikasikan dalam industri pembuatan furniture. Oleh sebab itulah, manufaktur lem kayu konstruksi Crossbond X3 hadir untuk wood joint ini.

dovetail dasar

Pengertian

Sering juga disebut sebagai fantail joint, dovetail memiliki desain mirip dengan finger joint. Sambungan ini dibuat dengan mendesain ujung kayu menyerupai jari-jari namun dalam bentuk trapesium. Setelah itu, jari-jari tersebut saling ditangkupkan sehingga membentuk produk khas dengan alur khusus. Ada berbagai macam tipe dovetail yang saat ini sudah dikembangkan, mulai dari yang basic, sliding, hingga secret lapped. Masing-masing tipe memiliki desain tersendiri yang membuatnya bisa digunakan untuk kebutuhan yang berbeda.

Sejarah

Sejarah sambungan dovetail telah lama dimulai sejak masa pra sejarah atau sejak manusia belum mengenal tulisan. Contoh artefak atau benda zaman dulu yang diketahui memanfaatkan desain dovetail adalah furniture era Mesir Kuno serta tempat mumi dari China.

Penggunaan

Dovetail joint adalah sambungan yang banyak digunakan karena kekuatannya yang baik. Ketika aplikasi lem sudah diterapkan pada sambungan ini, akan sangat sulit melepas kedua kayu yang direkatkan dengan cara dovetail. Selain kuncian antar jarinya, kekuatan tersebut disebabkan penggunaan lem yang bisa menyatukan kayu secara kimiawi.

Dalam aplikasinya, dovetail kerap digunakan untuk konstruksi berbentuk kotak dan sejenis. Contoh riil penggunaannya bisa dilihat pada laci, kabinet dapur, kotak perhiasan, hingga berbagai kebutuhan serupa lainnya. Namun harus diingat bahwa dovetail termasuk sambungan yang sulit diaplikasikan. Keterampilan seorang woodoworker profesional sangat dibutuhkan untuk penerapan sambungan ini.

Manufaktur Lem Kayu Konstruksi Crossbond untuk Dovetail Lebih Baik

Aplikasi sambungan dovetail mensyarakatkan adhesive dengan kualitas yang baik. Adhesive harus:

1. Memiliki kekuatan yang baik

2. Daya tahan tinggi baik pada air, solvent, maupun panas

3. Tidak menyebabkan glue line

4. Aman

Berdasarkan kriteria di atas, lem yang kami sarankan adalah adhesive dari manufaktur lem kayu konstruksi Crossbond X3. Crossbond menawarkan kekuatan, ketahanan, hingga keamanan yang sangat baik untuk berbagai tipe sambungan ini.

manufaktur lem kayu konstruksi crossbond untuk dovetail

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here