Tipe Dovetail dan Saran Lem Kayu Konstruksi untuk Dovetail yang Baik

889
mitred-dovetail-joint

Ada beragam tipe sambungan dovetail! Berikut ini informasinya dan saran lem kayu konstruksi untuk dovetail yang paling tepat.

dovetail dasar

Dovetail Dasar

Sambungan ini dibuat dengan metode paling dasar dan paling umum dovetail, serta biasanya diaplikasikan pada pembuatan rangka kotak. Ujung papan kayu dibentuk berjari-jari trapesium lalu direkatkan dengan lem. Dulu, tipe sambungan ini banyak dilapisi dengan veneer. Namun saat ini, justru alur sambungan ini sering sengaja ditampakkan dan dianggap memiliki daya tarik tersendiri.

Half-Blind Dovetail Joint

half blind dovetail

Half Blind Dovetail mirip dengan dovetail dasar akan tetapi salah satu kayu yang disambungkan tidak dibuat dengan cara biasa. Desain jari trapesium masih diterapkan tapi tidak diterapkan hingga tembus ujung kayu. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar terkait.

Aplikasi half blind dovetail biasanya diterapkan pada kotak bagian depan. Dengan demikian, penampakan kotak dari depan akan terlihat lebih mulus tanpa alur penyambungam.

Secret Mitred Dovetail Joint

mitred-dovetail-joint

Tipe sambungan ini juga sering disebut sebagai full blind mitred dovetail. Biasanya tipe ini digunakan untuk kabinet maupun rangka kotak mewah. Dengan cara ini, dovetail dibuat sebisa mungkin tidak nampak dari penampakan luar.

Secret Double-Lapped Dovetail

Secara visual, secret double lap mirip dengan half blind mitred, namun masih memberi kenampakan alur sambungan sedikit di ujung kayu.

Sliding Dovetail

Bisa dibilang, tipe dovetail ini adalah yang paling berbeda dari tipe lainnya. Pasalnya, jari-jari trapesium yang digunakan hanya satu dan memanjang. Biasanya tipe ini diaplikasikan pada kabinet, frame, laci, hingga penyambungan leher biola serta gitar.

sliding dovetail

Apa Lem Kayu Konstruksi untuk Dovetail yang Paling Bagus?

Sambungan dovetail adalah salah satu jenis sambungan yang kekuatannya sangat tergantung adhesive. Untuk itulah,diperlukan adhesive yang bagus dengan kekuatan serta ketahanan yang baik.

Lem yang kami sarankan untuk kebutuhan ini adalah Crossbond tipe konstruksi, yakni Crossbond X3. Sebagai lem PVAc water based, Crossbond X3 akan mampu membuat perekatan dovetail menjadi kuat dan tahan lama. Selain itu, tipe sambungan yang digunakan juga akan aman untuk berbagai kebutuhan.

lem kayu konstruksi untuk dovetail

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here