Apa Lem Kertas Asturo yang Bagus Digunakan?

3461
kertas ASTURO gradasi

Apa itu kertas asturo dan apa lem yang cocok digunakan untuk material ini? Yuk, simak pembahasan kami mengenai kertas tersebut serta lem kertas asturo yang disarankan.

kertas ASTURO gradasi

Pengertian Kertas Asturo

Kebanyakan dari kita telah lama mengenal kertas asturo. Sejak menginjak sekolah dasar, kerap kali guru menugaskan kerajinan yang memerlukan asturo sebagai bahan dasarnya. Lantas apa sebenarnya material ini?

Kertas asturo pada dasarnya adalah kertas dengan karakter khas berupa warnanya yang berbeda pada kedua sisinya. Biasanya satu sisi memiliki warna putih sedangkan sisi yang lain memiliki warna khusus. Acap kali, kertas ini digunakan sebagai sampul atau hard cover untuk penjilidan dokumen, untuk media pembelajaran, membuat majalah dinding, kerajinan tangan, dan berbagai kebutuhan lainnya.

KERTAS ASTURO POLOS

Di beberapa wilayah lainnya di Indonesia, kertas seperti ini disebut sebagai kertas omega. Biasanya, kertas omega memiliki ukuran 40 x 60 cm atau 15,7 x 23,6 inchi. Bisa dikatakan ukuran kertas ini masuk dalam kategori double A3 atau memiliki luas dua kali lipat kertas A3.

Pemanfaatan Kertas Asturo Sebagaimana disebut di atas, kertas asturo banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari kerajinan hingga percetakan. Dalam usaha-usaha seperti fotocopy, pemanfaatan kertas seperti ini sangat tinggi. Apalagi untuk kebutuhan penjilidan dokumen-dokumen yang sering dibutuhkan dalam aktivitas akademik (misalnya untuk pembuatan makalah hingga proposal penelitian).

Saat ini, kertas omega juga sering digunakan untuk kerajinan origami. Selain didukung dengan karakter rigiditasnya, penggunaan kertas ini untuk origami juga didukung warna-warnanya yang menarik. Di bidang craft yang lain pun, asturo telah lama dimanfaatkan. Misalnya saja untuk membuat hiasan berbentuk bunga mawar, figura, hiasan dinding, dan berbagai kerajinan tangan lainnya.

Memerlukan Adhesive

Dalam penggunaannya untuk berbagai kebutuhan, kertas asturo memerlukan dukungan berbagai bahan. Di antara berbagai bahan tersebut, lem memainkan peran yang penting. Sayangnya, memilih lem buat kertas asturo yang bagus terutama untuk usaha-usaha profesional tidaklah mudah. Pertama, kita jelas tak bisa mengandalkan lem-lem kertas biasa yang digunakan anak-anak sekolah. Sebab berbagai adhesive tersebut kurang berkualitas, baik dari segi daya tahan maupun kekuatannya. Lem asturo yang bagus haruslah yang memenuhi standar industri yang baik.

kerajinan kertas asturo

Tips Memilih Lem Kertas Asturo yang Bagus

Untuk mendapatkan lem kertas omega yang baik, pilihlah berdasarkan kriteria berikut ini:

1. Daya rekat sesuai untuk pengeleman kertas, jangan yang terlalu lemah ataupun yang terlalu kuat

2. Pilih lem yang tahan panas, air, dan solvent

3. Sebisanya, andalkan lem water based yang lebih aman

4. Hindari lem yang bisa menyebabkan efek warna atau glue line

5. Pilih lem yang mudah digunakan

6. Pastikan harga yang ditentukan sesuai dengan kualitas adhesive tersebut

7. Pilih lem yang ramah lingkungan

Sebagai bahan pertimbangan, lem asturo yang kami sarankan adalah Ultra Phaethon. Berdasarkan kriteria di atas, Ultra Phaethon memenuhi semua poin dan secara umum lebih unggul dari berbagai jenis adhesive serupa lainnya.

Keunggulan lain yang dimiliki Ultra Phaethon selain kriteria di atas adalah sifatnya yang sangat aman digunakan. Bukan sekedar ramah lingkungan, PVAc water based ini juga didukung dengan standar keamanan internasional yang akan membuat produk Anda menjadi eco friendly. Adhesive ini juga bisa Anda beli dengan murah karena hanya Rp. 48.000,00 untuk tiap kg dengan solid content yang tinggi.
Demikian tips dan saran kami mengenai lem kertas asturo yang bagus. Semoga bermanfaat ya.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here