Penting! Cara Mengolah Daun Kering untuk Kerajinan

3604
daun kering

Bagaimana cara mengolah daun kering untuk kerajinan? Jawabannya sebenarnya tergantung kerajinan apa yang akan dibuat. Contoh, untuk mengolah daun kering sebagai bahan tas, tentu ada perbedaan dibanding saat kita hanya ingin mengolah daun kering menjadi hiasan lukisan. Namun secara umum, berikut ini prinsip-prinsip pengolahan yang harus Anda perhatikan. Ingat, tak semuanya harus diterapkan untuk kerajinan Anda.

Cara Mengolah Daun Kering untuk Kerajinan

Langkah 1: Pastikan Daun Dibersihkan

daun keringYang pertama harus dilakukan adalah memastikan daun benar-benar bersih. Namun jangan salah. kadang kala, “membayur” dengan air saja tidak cukup. Ada kalanya dibutuhkan bahan pembersih khusus atau pengelapan terlebih dahulu. Kebersihan daun ini sangat penting. Sebab bila masih ada kotoran yang tertinggal, bisa jadi suatu saat akan menyebabkan jamur atau hambatan dalam pengolahannya lebih lanjut.

Langkah 2: Pastikan Daun Diawetkan

Mengawetkan daun yang dimaksud di sini artinya mengawetkan daun supaya resisten pada:

1. Serangga

2. Jamur

3. Bakteri pembusuk

Memang tidak mudah. Namun kita bisa menggunakan bahan pengawet yang bagus supaya daun-daun dijauhi hama. Biocide Wood Fungicide dan BioCide Insecticide adalah dua pengawet yang kami rekomendasikan.

Langkah 3: Pastikan Daun Dikeringkan dengan Benar

Hindari daun berjamur
Hindari daun berjamur

Setelah daun diberi antihama, pastikan untuk selanjutnya agar daun dikeringkan dengan cara yang benar. Ada beberapa teknik pengeringan yang hingga hari ini diketahui. Di antaranya dalah pengeringan dengan cara digantung hingga dipanaskan. Saran dari kami, lakukan pengeringan dengan silica natural Bio Industries. Silica natural adalah butiran silica dari bahan alam yang sangat sensitive menyerap molekul air dari media di sekitarnya. Teknik pengeringan dengan silica, unggul dalam hal:

1. Kecepatan kering

2. Nol resiko ditumbuhi jamur

3. Relatif bisa menjaga warna daunLangkah

4: Mengenai Pewarnaan Daun

Ada kalanya, dedaunan yang sudah kering perlu diwarnai dulu. Misalnya saja diwarnai untuk tas hingga ikat pinggang. Untuk langkah ini, kita harus menyesuaikan dengan sifat daun. Daun dari golongan rumput-rumputan yang seratnya banyak secara umum lebih mudah diwarnai. Namun ada kalanya daun  terlalu “fragil” untuk diwarnai.

Tentu saja keempat langkah membuat kerajinan daun kering di atas tidak akan secara langsung menghasilkan produk craft yang bisa diandalkan. Dari sini, daun-daun masih perlu diolah lebih lanjut. Akan tetapi, untuk mengeringkan daun itu sendiri, secara umum keempat langkah di ataslah yang harus diperhatikan.

Semoga bermanfaat.

SHARE

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here