Tutorial, Tips, dan Cara Membuat Kerajinan Hiasan dari Daun Kering

3975
kerajinan daun kering hiasan dinding

Penasaran cara membuat kerajinan hiasan dari daun kering? Jangan salah. Siapa sangka bahwa ternyata dari dedaunan kering yang sering dianggap sampah bisa dihasilkan berbagai craft dengan tampilan cantik?

kerajinan daun kering hiasan dinding

CS LemKertas

Pernahkah Anda berjalan-jalan di taman kota atau di daerah dengan pohon yang rimbun? Bila pernah, tengoklah dedaunan kering yang jatuh dengan aneka ragam warna serta polanya. Akan tampak kecantikan khas yang sangat mempesona. Dan rupanya, keindahan seperti ini telah lama ditangkap para pembuat kerajinan. Memang tak banyak dan kurang begitu populer di telinga masyarakat awam. Namun pelaku usaha di bidang kerajinan telah membuktikan bahwa beragam daun kering bisa disulap menjadi hiasan sangat cantik. Tertarik menapaki langkah serupa? Jangan khawatir, ada banyak cara untuk bisa menguasai teknik pengerjaan kerajinan dari daun kering. Lakukan dulu dengan cara-cara yang mudah dilakukan. Misalnya saja di bawah ini.

Cara Membuat Kerajinan Hiasan dari Daun Kering untuk Dinding

Siapkanlah alat dan bahan berupa daun-daun kering yang menurut Anda bagus, figura atau papan kayu yang bisa digantung di dinding, silica gel natural dari Bio Industries, cat (opsional), dan lem Eva Phaethon. Kemudian, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Pilih daun yang Anda inginkan. Jangan mengambil daun yang kadar airnya tinggi maupun daun yang sudah benar-benar kering. Pilih daun tua namun masih dalam kondisi yang bagus.

2. Siapkan silica gel natural dan masukkan dalam toples tertutup. Pastikan terus toples atau wadah tersebut menutup karena silica gel bersifat menyerap kelembaban. Bila terbuka, bahan ini akan menyerap kelembaban udara ruangan dan tak bisa lagi digunakan langsung.

3. Masukkan daun yang dipilih ke dalam toples tertutup. Timbun dengan silica gel lain.

4. Tunggulah supaya daun benar-benar kering. Tiap tipe daun membutuhkan waktu kering berbeda. Jadi selalu cek kondisinya.

5. Selagi menunggu, siapkan figura atau papan kayu untuk meletakkan daun kering. Pastikan permukaannya sudah rata, bersih, dan kering. Aplikasikan cat bila Anda menginginkannya.

6. Ambil daun yang sudah kering, dan lem sesuai rancangan yang Anda inginkan menggunakan Phaethon.

7. Tunggu beberapa saat dan papan hias dinding dari daun kering siap Anda pajang di ruangan.

kerajinan daun kering

Mudah bukan cara membuat kerajinan hiasan dari daun kering ini? Ayo ikuti segera langkah-langkah di atas untuk membuat kerajinan tangan Anda sendiri.

CS LemKertas
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here