Membuat Meja Makan Kayu dari Kombinasi Pallet dan Decoupage!

1382
meja makan decoupage pallet

Pallet dan decoupage? Kenapa tidak? Yang satu adalah material unik, sedangkan satunya lagi adalah suatu teknik kerajinan yang menarik. Kombinasinya pasti bisa mengubah meja makan kayu Anda jadi luar biasa dan sangat menawan.

Makan pasti lebih nikmat bila dilakukan di set dining table and chair yang bagus! Estetika ruang yang baik bisa membantu kita meningkatkan nafsu makan. Karenanya, orang senantiasa membeli meja makan terbagus yang bisa mereka beli. Apalagi momen makan bersama adalah momen yang penting untuk keluarga.

Di pasaran sendiri, sudah banyak set meja makan dengan kursinya yang bagus-bagus. Hanya saja, seringkali modelnya kurang kreatif. Meja dan kursi biasanya terbuat dari kayu solid dengan cat warna natural dan modelnya secara umum memakai gaya kontemporer, tradisional, hingga minimalis. Padahal selain model-model tersebut, ada banyak lho kreasi yang bisa dieksplore.

Nah, pada artikel ini, kami akan membahas mengenai ide unik yang barangkali bisa diterapkan untuk usaha Anda. Ada dua ide yang berbeda tapi bisa dipadukan. Simak langsung di bawah ini ya.

Meja Makan Kayu Pallet

Pallet atau peti kemas merupakan bahan bekas. Biasanya kayu seperti ini dipakai untuk mengangkut produk yang dikirim via kapal. Jenisnya sendiri beragam, tapi banyak yang terbuat dari kayu pinus atau kayu jati belanda.

Pallet dalam perkembangannya ternyata banyak dipakai untuk membuat mebel. Pertama, jelas karena kayu ini murah dan tersedia dalam jumlah banyak. Tapi berikutnya, banyak yang menyadari bahwa bahan ini bisa dipakai untuk menghasilkan furniture dengan cita rasa tinggi. Sejak itulah banyak desainer furniture yang tak lagi memandang pallet sekedar sebagai barang bekas. Lebih dari itu, material ini pun dianggap sebagai barang yang memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan. Tak terkecuali tatkala kita hendak membuat meja makan.

Apa bedanya dining table palet dibanding yang lain? Jawabannya terletak pada struktur atau bentuk meja peti kemas yang memang unik. Karena berupa potongan, maka meja pun seprti dibentuk dari potongan-potongan kayu tersebut yang tak disamarkan polanya. Secara umum, meja seperti ini biasanya membawa kesan yang lebih vintage, bohemian, relaks, hangat, dan juga kreatif. Apalagi bila Anda tahu cara aplikasi finishing yang sesuai untuk kayu ini. Misalnya aplikasi finishing rustic, white wash, hingga patina yang akan membuat meja untuk makan benar-benar “tampil beda”.

meja makan peti kemas

Decoupage

Penggunaan kayu pallet yang bisa memberikan kesan unik pada meja telah dibahas di atas. Berikutnya, Anda juga bisa mencoba ide menerapkan teknik decoupage. Apa itu decoupage?

Decoupage adalah suatu teknik kerajinan “tempel” dan lapisi. Teknik ini dilakukan dengan menempelkan gambar yang dianggap menarik pada media yang akan dihias. Kemudian seluruh permukaan media dilapisi clear coat atau clear varnish (cat bening). Hasilnya, media tampak seperti dilukis! Padahal sebetulnya hanya ditempeli gambar saja. Sangat kreatif bukan? Anda tak perlu punya bakat melukis untuk membuat produk tergambar dengan indah.

Decoupage bisa diterapkan pada banyak media. Anda bisa menerapkannya pada kaleng logam, gelas, piring keramik, kain, hingga pada furniture berbahan kayu. Teknik ini fleksibel dan bisa memberikan kesan indah yang sangat baik. Padahal cara yang dilakukan hanya menempelkan kertas bergambar saja. Meja untuk makan Anda pasti tampak menarik bila berhasil dihias dengan teknik seperti ini.

Perpaduan Meja Makan Kayu Pallet dengan Decoupage

Selain bisa diaplikasikan sendiri-sendiri, pemakaian pallet atau kayu peti kemas dengan decoupage rupanya bisa digabungkan! Hasilnya? Jelas sangat menarik. Pallet yang memiliki kesan kuat akan berpadu dengan decoupage yang bisa membuatnya makin bagus.

Di luar, dining table seperti ini sebetulnya sudah banyak diterapkan. Berbagai perusahaan skala besar, UKM, hingga masyarakat secara umum tak jarang mengerjakan proyek dining table dengan memadukan kedua hal ini. Contohnya bisa Anda lihat pada gambar meja makan di bawah. Selain fungsional, meja untuk makan yang dibuat dengan cara seperti itu jelas bisa memperindah ruang makan juga.

meja makan unik

Cara Aplikasi Decoupage yang Benar pada Meja Makan Kayu

Di atas, telah kami sajikan ide menarik yang bisa diterapkan untuk meja makan Anda. Proses pembuatan mejanya sendiri sebetulnya biasa saja meski memakai kayu pallet. Tapi bagaimana dengan aplikasi decoupage? Beberapa di antara Anda barangkali baru pertama kali ini mendengar istilah decoupage. Sudah barang tentu banyak yang tak tahu cara mengaplikasikan kerajinan ini langkah demi langkah. Tapi jangan khawatir. Aplikasi decoupage tidak sulit sama sekali. Ikutilah tutorial atau panduannya di bawah ini.

Alat dan Bahan

1. Meja makan yang sudah difinishing tapi jangan dicoating (dipernis) dulu.
2. Clear varnish atau top coat atau cat bening
3. Kuas
4. Napkin decoupage, yakni napkin khusus dengan aneka gambar decoupage menarik. Anda bisa memakai gambar dari material lainnya asalkan tak mudah rusak dan luntur terkena clear coat dan lem.
5. Lem khusus kerajinan, Ultra Phaethon
6. Kuas untuk aplikasi Ultra Phaethon. Ukurannya yang kecil saja.
7. Gunting
8. Alat tulis
9. Amplas untuk menghaluskan lapisan. Pilih yang tak kasar.

jual lem untuk wallpaper

Langkah-langkah Aplikasi Decoupage untuk Meja Makan Kayu

1. Siapkan dulu mejanya. Pastikan meja sudah difinish tapi belum tahapan terakhir (aplikasi top coat).
2. Siapkan napkin decoupage. Potonglah napkin dengan rapi menggunakan gunting.
3. Siapkan lem Ultra Phaethon.
4. Rekatkan napkin di posisi di mana Anda menginginkannya.
5. Biarkan hingga lem mengering.
6. Berikutnya, Anda tinggal mengaplikasikan clear coat atau pernis saja. Pilih pernis yang bening dengan tingkat kilau sesuai keinginan Anda.
7. Setelah itu, amplas permukaan lapisan pernis secara perlahan, hanya agar permukaan lapisan tersebut halus saja.

Bagaimana? Mudah bukan aplikasi decoupage itu? Selain mudah, dari kombinasi pemakaian pallet dan teknik decoupage ini, Anda sebetulnya bisa mewujudkan meja makan dengan desain style shabby chic. Shabby chic adalah gaya yang memadukan unsur vintage (yang bisa direpresentasikan oleh pallet) serta keindahan (aplikasi decoupage dengan tema lembut seperti bunga atau floral). Anda tinggal menerapkan cat dasar yang soft saja yang dicacat di beberapa lokasi. Misalnya warna putih, biru tosca lembut, hingga pink. Sedangkan untuk cacatnya, bisa dilakukan dengan menggores bagian pinggir meja supaya lapisan finishing agak terbuka. Kecacatan ini sendiri akan membuat produk nampak tua tapi sekaligus juga indah. Tak susah lho menerapkan langkah-langkah tersebut. Tak hanya mudah, produk meja makan Anda akan menjadi benar-benar unik dan bisa dipasarkan untuk konsumen yang memang menyenangi desain shabby chic.

meja pallet decoupage

Nah, demikianlah bahasan kali ini mengenai tips unik dari kami untuk membuat meja makan kayu. Selain ide di atas, tentu masih ada sangat banyak ide yang bisa dicoba. Kami akan terus sajikan aneka ide menarik tersebut di artikel kami selanjutnya. Semoga bermanfaat ya! Terus ikuti lemkeras.com.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here