Mengenal Berbagai Jenis Model Meja Makan

500

Jangan membeli model meja makan yang itu-itu saja! Ada banyak lho style desain yang bisa dicontoh selain gaya-gaya mainstream seperti minimalis, modern, klasik, atau oriental.


Berbagai Model Meja Makan Menarik

Seringkali ketika kita hendak membeli set dining table, kita tak begitu memperhatikan modelnya secara mendetil. Kita hanya memperhatikan apakah set dining table tersebut bagus atau tidak, dan bahannya awet atau tidak. Padahal, memilih produk berdasarkan modelnya termasuk penting. Apalagi untuk menciptakan ruang makan dengan interior desain yang bagus.
Jangan salah lho, mewujudkan ruang dengan konsep yang jelas sebenarnya bukan hal yang sulit. Namun membutuhkan konsistensi. Sebab perlu ada kesinambungan antara komponen dalam bangunan tersebut mulai dari lantainya hingga pernik-pernik yang digunakan. Biayanya pun sebenarnya tak mahal karena tak selalu harus melibatkan desainer profesional. Sedikit membaca dan mau berburu produk yang tepat akan mengantarkan Anda ke konsep ruangan yang bagus. Salah satunya tentu saja dengan memilih model dining table yang tepat (untuk ruang makan). Nah, berdasarkan hal tersebut, berikut ini kami bagikan beberapa contoh model yang bagus untuk meja makan Anda.

Minimalis

Siapa tak kenal dengan gaya minimalis? Gaya minimalis adalah gaya yang begitu populer di masyarakat. Cirinya terletak pada efektivitas dan efisiensi yang ditampilkan. Warna produk sangat netral, bahkan cenderung monokromatik. Sedangkan untuk model meja makan minimalis, pilihlah yang gayanya efektif. Hindari meja yang dihias dengan dekorasi tak perlu apalagi ukiran. Pilih yang permukaannya tanpa banyak detil, tiap bagiannya fungsional, dan warnanya netral.

Asian

Asian style sebetulnya mirip dengan gaya minimalis. Hanya saja, selain menekankan pada efisiensi, gaya ini juga memadukan aksen alami (natural) dan balance atau keseimbangan. Pilihlah meja dari bahan natural seperti kayu dan bambu yang dicat dengan kilau non glossy. Pilih yang modelnya tak begitu kaku, tapi juga tak perlu sampai menggunakan hiasan ukiran.

Art Moderne

Art moderne adalah sebuah style desain unik yang mengutamakan kesan kesederhanaan. Aksen paling khas yang dipakai adalah pemakaian pallet putih untuk dinding hingga perabotannya. Jadi bila Anda ingin membeli meja makan, pilih yang terbuat dari pallet, modelnya sederhana saja, dan dicat dengan warna putih atau setidaknya warna netral dan lembut.

Beach House

Bawa suasana pantai yang mengasyikkan ke ruang makan Anda dengan beach house. Gaya ini merupakan gaya yang sangat unik karena memakai aksen laut untuk diterapkan di ruang makan. Namun gaya ini sebetulnya tak sulit diterapkan. Misalnya, untuk model meja makan yang dipilih, sebaiknya pilih yang sederhana saja namun memakai hiasan elemen pantai seperti pemakaian pasir.

Bohemian

Bohemian style merupakan interior design style yang mengkombinasikan gaya natural (alami), kesederhanaan, kehangatan, dan messy atau berantakan. Gaya ini cocok untuk ruang makan yang ingin dibuat lebih homy bagi para penghuninya. Pilihan meja makannya pun tak sulit. Belilah dining table dengan warna alami non glossy (tidak berkilau), warna cerah (misalnya meja dari kayu pinus), palet, hingga sedikit aksen vintage.

Kontemporer

Contemporary style atau gaya kontemporer adalah gaya yang sangat ekletik atau bercampur-campur. Gaya ini memadukan aksen modern dengan beberapa elemen tambahan dari masa klasik. Bagaimana dengan perabotan yang tepat pada gaya ini? Untuk kebutuhan tersebut, pilihlah perabot dengan sudut tajam. Model meja makannya pun harus memiliki kesan tegas tersebut.

Natural atau Organic

Ruang makan natural? Pasti sangat menyenangkan. Pemakaian warna-warna alam sekaligus pemakaian bahan organik akan membuat dining room Anda hangat dan menyenangkan. Memilih meja makan dengan desain natural pun tak mudah. Toh, Anda tinggal memilih yang didesain dengan gaya non minimalis dan tidak terlalu klasik. Selanjutnya pilih yang warnanya transparent alami. Agar kesan organik makin kuat, Anda juga bisa memilih model dining table dengan perpaduan penggunaan natural fiber.

Modern

Model meja makan modern sebetulnya hampir mirip dengan model meja serupa dengan gaya minimalis. Hanya saja, bila pada gaya minimalis warna yang diunggulkan adalah warna netral cenderung monokromatik, tidak demikian pada gaya modern. Gaya modern masih mengutamakan efesiensi serta efektivitas. Hanya, pada gaya ini digunakan warna-warna yang jauh lebih berani. Misalnya saja warna merah, biru, hingga hijau.

Mesir

Egyptian atau gaya mesir merupakan gaya yang menonjolkan aksen luxurious atau mewah. Biasanya, bahan yang digunakan memakai warna-warna logam, utamanya warna emas. Selain itu, kombinasinya adalah kain linen dengan warna yang juga bisa menawarkan kesan mewah. Untuk mejanya, pilih yang bergaya klasik mesir dengan perpaduan bahan logam.

Farmhouse

Farmhouse sebagaimana namanya adalah style desain yang merepresentasikan lingkungan peternakan yang ceria, hangat, dan menyenangkan. Kesan messy atau berantakan biasanya ditambahkan, namun justru akan membuat ruangan lebih memikat. Untuk model meja makan, Anda bisa memilih yang terbuat dari kayu solid ataupun pallet dengan bentuk sederhana. Pilih yang aplikasi finshingnya warna tua seperti rustic dan whitewash.

Shabby Chic

Gaya shabby chic adalah gaya yang memadukan dua aksen. Keduanya adalah gaya vintage dan gaya chic atau indah. Sekilas memang ada pertentangan pada dua perpaduan ini. Bagaimana caranya gaya vintage dipadukan dengan gaya “chic” yang secara harafiah bermakna “parlente” sampai indah?

Shabby chic memang unik. Kedua gaya yang saling berlawanan tersebut ternyata bisa memberikan sesuatu yang sangat menawan. Gaya ini pun biasa dihasilkan dengan pemberian aksen vintage, model perabot yang lawas, dan aplikasi warna soft dengan pola lembut.
Bagaimana dengan meja makannya? Untuk perabot ini, Anda bisa memilih meja makan dengan model lama yang dicat dengan warna lembut dengan aksen tua di sana-sini.

Indonesian Traditional

Sebagai penutup, kami ingin mencontohkan model meja makan yang khas Indonesia! Kekayaan budaya Indonesia tak bisa dipungkiri mampu menyajikan sesuatu yang lain daripada yang lain. Namun, desain khas negara ini jelas tak bisa disamakan. Tiap daerah memiliki keunikannya masing-masing. Perabotannya pun tak bisa lepas dari keunikan tersebut. Misalnya saja keindahan ukiran gaya Jepara dan Bali, hingga keindahan pola dari budaya Dayak yang memikat.

meja oshin

Mana Model Meja Makan yang Paling Tepat?

Di akhir artikel ini, barangkali ada yang bertanya-tanya, di antara gaya di atas, manakah yang paling bagus? Untuk menjawab pertanyaan itu, jawabannya sudah pasti tergantung selera Anda masing-masing!
Sebetulnya, perlu dikembalikan terlebih dahulu pada style desain yang Anda sukai. Tiap tahun, memang ada trend desain interior yang sedang populer. Tapi tentu saja kita tak harus selalu mengikuti trend yang senantiasa berganti tersebut. Tetapkanlah gaya yang menurut Anda bagus. Berikutnya, pilih perabot dengan style yang mendukung, termasuk model meja makannya. Jadi ruangan Anda benar-benar berkualitas.

Semoga bermanfaat!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here