Penasaran Apa itu Meja Oshin? Berikut Pengertian sampai Fungsinya

2650
meja oshin (2)

Salah satu jenis furniture yang dikenal di pasaran memiliki nama yang sangat unik, yakni “meja oshin.” Apa sebetulnya meja dengan nama unik ini? Seperti apa bentuknya? Berapa harganya? Dan apa saja fungsi yang bisa dipenuhi dari meja oshin?

Pengertian Meja Oshin

Nama oshin sudah pasti mudah ditebak berasal dari negeri Sakura. Dan memang, istilah tersebut lahir dari sebuah serial tahun 1990an dari Jepang. Oshin adalah serial yang menggambarkan tokoh pekerja keras dan tak mudah menyerah. Karena popularitasnya, dan mungkin karena persentuhan orang Indonesia dengan budaya Jepang begitu lekat pada serial tersebut, maka lahirlah istilah baru bernama meja oshin.

Meja ini, seperti meja jepang tradisional memiliki bentuk yang rendah. Dalam serial Oshin, meja seperti ini dan berbagai pernak-pernik Jepang lainnya ditampilkan dan sejak saat itulah menjadi sangat khas. Kini, meja tersebut bahkan digunakan untuk produk meja rendah dengan gaya duduk lesehan.

Perkembangan Meja Oshin

Tak ada yang menyangka bahwa meja dari serial ini di kemudian hari menjadi barang komoditas yang laku keras. Yang lebih unik, produsen dan penjual produk ini pun orang Indonesia. Di luar negeri oshin table bahkan tak begitu dikenal atau bahkan tak dikenal sama sekali.
Penjualan meja ini juga mengalami perkembangan yang baik dari waktu ke waktu. Tempat jual meja dan furniture di dunia maya pun berlomba-lomba menawarkan produknya. Harganya sendiri beragam tergantung kayu yang dipakai sampai estetika produk tersebut. Tapi lebih dari itu, meja ini juga banyak dipakai karena memang memiliki fungsi beragam. Penasaran apa saja fungsi atau guna meja ini? Berikut kami jabarkan di bawah.

Guna atau Fungsi Meja Oshin

Bicara mengenai fungsi atau manfaat oshing table jelas jawabannya sangat banyak banyak. Karena kekhasan bentuknya, kini, meja tersebut banyak digunakan untuk beberapa hal. Tiga di antaranya dijelaskan di bawah ini.

Untuk Warung Lesehan

Ingin warung lesehan Anda terlihat beda dari yang lain? Gunakan saja meja oshin ini. Secara umum, dibanding meja lesehan, oshin table terlihat lebih bagus. Apalagi bila Anda membeli dari penjual meja tersebut yang tak sekedar “mengejar” bentuknya yang pendek saja, namun juga memberikan beberapa kesan gaya Jepang. Misalnya dengan mengaplikasikan ornamen tertentu atau bentuk yang lebih khusus.

Restauran hingga Kafe Gaya Jepang

Yang namanya meja oshin sudah sewajarnya hadir dengan gaya Jepang yang sangat khas. Dan meja ini sudah pasti bisa Anda andalkan untuk restoran ataupun kafe Anda yang mengangkat tema dari negeri sakura tersebut. Tapi ingat, agar kesan yang didapat benar-benar Jepang, Anda juga harus menerapkan desain interior yang kejepang-jepangan. Mulai dari dinding, lantai, hingga bantalan duduk untuk meja tersebut harus Anda perhatikan baik-baik. Jadi tema jepang betul-betul mengena dan terangkat.

Untuk Kebutuhan Sendiri

Bosankah Anda dengan gaya ruangan yang itu-itu saja? Bila jawaban Anda iya, coba saja bawa style Jepang ke rumah Anda. Ya, bagi yang tak punya kafe atau restauran, meja ini juga bisa dipakai untuk kebutuhan sendiri. Bayangkan saja asyiknya, makan bersama secara lesehan dengan meja ini. Pasti akan asyik bukan? Meja tersebut juga bisa diletakkan di ruang TV sehingga acara makan menjadi lebih meriah.

Untuk Meja Belajar

Karena bentuknya yang pendek, meja ini cocok dipakai sebagai meja belajar. Beberapa sekolah hingga universitas pun banyak yang memakai meja-meja rendah seperti ini di ruangan lobby sebagai tempat para pelajar untuk belajar mandiri kala tidak ada kegiatan belajar di kelas.

Dibanding pemakaian meja belajar yang bukan lesehan, meja ini akan lebih enak digunakan. Sebab posisi duduk lebih beragam dan kaki pun juga bisa ditekuk hingga dijajarkan lurus.

Aneka Model Oshin Table

Bila dilihat hanya dari bentuknya, oshin table bisa dibagi menjadi dua, yakni meja yang berbentuk bundar dan yang berbentuk kotak atau persegi panjang. Keduanya jelas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Misalnya, untuk kesan formal Anda bisa memanfaatkan meja yang bersudut (kotak dan persegi panjang). Namun bila Anda ingin meja dengan kesan yang lebih santai, Anda bisa memanfaatkan yang bentuknya bundar atau lingkaran.

Dilihat dari style desainnya sendiri, saat ini pasar telah menyediakan beragam jenis model oshin table. Berikut ini 3 dari berbagai model meja yang paling populer.

Meja Oshin Minimalis

Style minimalis ternyata juga bisa diterapkan pada jenis meja ini. Hasilnya pun unik karena memadukan meja dengan gaya rendah pada desain yang menekankan pada efektivitas dan efisienitas.

 

meja oshin

Meja Oshin dengan Sentuhan Ukiran Jepara

Oshin table dengan gaya Jepara saat ini sudah begitu populer. Tak bisa dipungkiri, kombinasi konsep meja rendah dengan ukiran jepara memang sangat menawan. Apalagi bila dilakukan oleh pengrajin yang benar-benar berkualitas dan menggunakan kayu-kayu unggulan, seperti jati ataupun mahoni. Meski, harga produknya memang biasanya akan lebih mahal dari oshin table yang biasa.

Oshin Table yang Sangat Jepang

Yang terakhir ini, “uniknya” tidak bisa ditemukan secara default. Oshin table Jepang biasanya mengacu pada desain dan model yang benar-benar mengikuti gaya jepang. Misalnya, dari bentuknya, warna kayu yang dipilih identik dengan warna kayu yang biasa dipakai di Jepang, hingga ukiran yang diterapkan pada meja tersebut.

Membuat Meja Oshin Murah dengan Eva Phaethon

Tips khusus bagi pembeli atau pembuat meja jenis ini kami sarankan dengan pemakaian kayu olahan untuk menurunkan harga produk tersebut. Terutama untuk produksi oshin table dalam jumlah besar dan memang diperuntukkan untuk harga yang murah.

Meja bisa dibuat dari bahan-bahan kayu olahan seperti:

1. Fiberboard, yang terdiri atas medium density fiberboard (MDF) dan high density fiberboard (HDF).
2. Particle board
3. Kayu lapis

Selama ini, untuk menekan harga, banyak yang memakai kayu solid namun bukan berasal dari kayu kelas pertama. Namun supply kayu-kayu tersebut seringkali sulit didapat. Padahal, ada banyak kayu olahan yang bisa digunakan. Untuk finishingnya sendiri, dapat diaplikasikan finishing tempel.

Ayo, Kenali Merk Jenis Lem untuk HPL

Finishing tempel adalah finishing yang memanfaatkan pelapis berupa lembaran yang punya warna dan corak tertentu. Misalnya saja HPL atau High Pressure Laminate, PVC, dan berbagai jenis lainnya termasuk veneer.

Aplikasi laminate dapat dilakukan dengan mengelem pelapis tersebut pada engineered wood. Untuk melakukan ini, Anda perlu menggunakan lem khusus yang memang didesain untuk merekatkan kayu olahan dengan sheet laminate. Misalnya saja Eva Phaethon. Lem dengan formulasi ethylene vinyl acetate tersebut memiliki elemen yang tepat untuk menghasilkan meja oshin murah yang terbuat dari kayu solid dan pelapis.
Nah, demikianlah pembahasan mengenai meja oshin. Semoga bermanfaat ya. Terus update artikel terbaru kami mengenai industri furniture dan kerajinan di lemkertas.com.

Semoga bermanfaat!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here