Tak Selalu Digunakan di Bar, Ini Lho Penjelasan Lengkap Mengenai Meja Bar

617

Digunakan di dapur hingga untuk berbagai usaha, meja bar hadir dalam berbagai bentuk dan varian. Seperti apa sebetulnya meja ini? Apa gunanya? Dan bagaimana tips membuat meja yang harganya lebih murah? Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Meja Bar

Apa itu meja bar? Secara sederhana produk ini bisa diartikan sebagai meja yang didesain khusus dengan bentuk muka dan belakang. Bagian belakang digunakan bagi mereka yang berperan sebagai penyaji (makanan atau minuman). Sedangkan bagian muka bagi mereka yang ingin menikmati sajian tersebut.

Perlu diingat, meski memakai nama “bar”, bar table tak selalu bermakna meja yang digunakan di bar atau tempat hiburan malam. Produk ini juga sering dipakai di dapur, khususnya dapur gaya minimalis yang memadukan konsep kitchen langsung dengan dining room. Keberadaannya acap kali dipakai sebagai pembatas ruangan sekaligus.

Tipe atau Macam Meja Bar

Terdapat beberapa jenis bar table.

1. Dari ukurannya, ada yang merupakan mini bar dan ada yang standar.
2. Berdasarkan bentuknya, ada yang merupakan meja sudut dan biasa.
3. Sedangkan dari pemakaiannya, ada yang khusus untuk dapur, berjualan, hingga untuk digunakan di tempat hiburan.

Mau Beli Meja Bar? Perhatikan Ini Dulu

Dengan manfaat yang begitu beragam, tak mengherankan bila produk ini menjadi salah satu jenis furniture yang banyak dicari orang. Tapi ingat, sebagaimkana saat membeli aneka produk lainnya, Anda pun harus cermat ketika membeli produk ini. Setidaknya, perhatikanlah aspek-aspek ini tatkala hendak membeli bar desk.

1. Jenis material atau bahan yang dipakai.
2. Ukuran meja tersebut (apakah mini atau konvensional)
3. Tinggi produk
4. Desainnya. Kira-kira apakah desainnya sesuai dengan desain interior bangunan Anda
5. Keindahannya
6. Keawetannya. Keawetan produk tergantung dengan daya tahannya pada faktor perusak. Jadi misal, Anda hendak membeli bar desk dan bar stool untuk dapur, maka belilah yang tak mudah rusak terkena air dan minyak.

Mengenai Ketinggian dan Bagian Bar Table

Salah satu poin penting yang harus diperhatikan saat membeli meja bar, sebagai mana disebut di atas adalah memperhatikan ketinggiannya. Mengapa hal ini penting?
Pertama, persoalan ketinggian bar table terkait dengan kenyamanan kita saat memakai produk tersebut. Ketinggian juga perlu disesuaikan sebab ada kalanya produk yang dijual di sini tidak sesuai dengan tinggi rerata orang Indonesia. Apalagi ketika yang Anda beli ialah produk impor.

Selain itu, Anda juga harus betul-betul memperhatikan komponen atau bagian dari meja tersebut. Secara umum, meja ini bisa hadir dengan sangat sederhana tanpa komponen hingga memiliki beberapa bagian yang lebih lengkap. Yang sederhana biasanya hanya didesain seperti desk dengan bagian depan dan belakang. Sedangkan yang lebih lengkap, tak jarang memiliki tempat atau compartment untuk menaruh makanan dan minuman. Mana yang sebaiknya dipilih? Jawabannya sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.

Apa Saja Merk Meja Bar?

Ada banyak merk table bar. Produk ini pun tak jarang hadir tanpa merk. Khususnya ketika Anda membelinya dari toko mebel kecil samping jalan atau memesannya langsung pada tukang mebel langganan. Di pasaran sendiri, beberapa nama merk atau brand ini cukup populer, antara lain:

1. Table bar Donati
2. Table bar Fantoni
3. Table bar Savello
4. Table bar Indachi
5. Table bar Informa

Berapa Harga Meja Bar?

Table bar hadir dengan harga yang cukup variatif. Harga relatif mulai dari yang hanya ratusan ribu saja sampai yang taksirannya mencapai jutaan rupiah. Yang perlu diketahui adalah “alasan” di balik pematokan harga tersebut. Jadi kita tak merasa kecolongan atau justru merasa membeli produk dengan spek yang berlebihan. Harga meja ini sendiri dipengaruhi oleh beberapa hal di bawah ini.

1. Bahan atau material yang digunakan untuk membuat table bar.
2. Desain yang dipakai. Desain akan berpengaruh pada estetika dan “update” tidaknya produk dengan trend desain furniture terbaru. Ada juga desain khusus untuk segmen pasar tertentu, seperti untuk penyuka vintage.
3. Brand atau merk. Tak dapat dipungkiri, nama merk memang biasanya menjadi faktor yang berpengaruh pada harga produk.
4. Resistensi produk terhadap faktor perusak yang implikasinya pada ketahanan produk. Contoh, terkait ketahanan produk pada air dan solvent.
5. Tempat di mana Anda membeli. Ada banyak tempat jual meja bar. Ada kalanya, satu penjual mematok harga lebih tinggi dibanding yang lain. Jadi berburulah meja ini dengan lebih telaten untuk mendapat harga terbaik dengan kualitas produk yang bagus.

Membuat Meja Bar Lebih Mudah Bersama Eva Phaethon

Keberadaan table bar dengan beragam fungsinya baik untuk kebutuhan sendiri ataupun untuk kebutuhan usaha merupakan sebuah peluang yang bisa dimanfaatkan pengrajin mebel. Nah, kali ini kami akan bagikan sedikit tips bagi Anda yang ingin membuat meja ini dengan harga lebih murah.

Mengapa pertimbangan harga begitu penting? Tak bisa dipungkiri, pengusaha furniture Indonesia lewat tangan para pengrajin mebelnya telah mampu menciptakan produk dengan kualitas sangat baik. Produk mebel Indonesia begitu terkenal akan keindahan hingga kekuatannya.

Sayangnya, aspek itu saja tidak cukup. Dengan masuknya produk furniture impor yang biasa unggul dari aspek harga, bisnis furniture lokal harus cepat tanggap.
Untuk menekan harga produk meja bar sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara. Namun cara paling signifikan adalah dengan mengganti pemakaian kayu solid pada kayu olahan. Kayu olahan atau engineered wood adalah semua kayu yang terwujud dari proses lanjutan kayu solid. Kayu seperti ini bisa berupa MDF, HDF, kayu lapis, particle board, hingga blockboard. Kayu olahan secara signifikan jauh lebih murah bila kita bandingkan dengan kayu solid. Jadi, harga produk Anda pun pasti bisa ditekan jauh.

Eva Phaethon

Ayo, Kenali Merk Jenis Lem untuk HPL

Meskipun demikian, untuk memakai kayu olahan, Anda perlu menggunakan pelapisnya. Kita tak bisa memakai cat, sebab aplikasi cat pada kayu olahan cenderung sulit dilakukan. Kalaupun bisa, akan cenderung boros dan menghabiskan anggaran. Pemakaian pelapis berupa lembaran yang sudah diwarnai dan punya pola juga menguntungkan sebab bisa melindungi meja bar Anda dari eksposi pada air, solvent, hingga panas dengan lebih baik.

Nah, sebagai perekatnya, Anda dapat memakai perekat khusus untuk kebutuhan pelapisan beda karakter ini, yakni Eva Phaethon. Karena Eva Phaethon merupakan lem khusus dengan formulasi ethylene vinyl acetate, secara umum, adhesive tersebut memiliki:

1. Daya rekat yang sangat kuat kuat
2. Mudah digunakan
3. Tidak tebal
4. Heat resistance atau tahan panas
5. Tahan air atau water resistance
6. Cover area luas sehingga hemat dipakai
7. Tahan solvent
8. Cepat kering

Eva Phaethon juga murah, sehingga akan betul-betul membantu Anda menciptakan meja bar yang lebih terjangkau.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here