Ayo, Gunakan Selalu Lem Aman untuk Mainan Anak Bebas VOCs

484
anak sakit
Tak ada yang menginginkan buah hatinya sakit karena lem mengandung VOCs!

Tahukah Anda senyawa-senyawa yang tergolong VOCs bisa menyebabkan banyak sekali efek berbahaya? Oleh sebab itu, industri mainan anak (termasuk mainan kayu) wajib menggunakan lem aman untuk mainan anak bebas VOCs.

VOCs

vocsVOCs atau Volatile Organic Compounds merupakan gas yang teremisi dari bahan padat atau cairan. VOCs merupakan golongan senyawa yang terdiri dari banyak jenis dengan efeknya pada kesehatan yang buruk. Bahan ini bisa menyebabkan dampak mengkhawatirkan untuk paparan jangka pendek maupun jangka panjang. Contoh senyawa VOCs adalah BTEX atau Benzena, Toulena, Ethylbenzena, dan Xylena. Zat-zat tersebut bisa menyebabkan gangguan ringan seperti sesak nafas hingga yang paling parah adalah kanker. Contoh lainnya ialah formalin yang bisa menyebabkan berbagai penyakit dalam tubuh.

Industri Mainan Anak Harus Bebas VOCs!

lem mengandung vocsVOCs merupakan kelompok senyawa yang sangat banyak terkandung dalam solvent organik. Secara alamiah, senyawa ini terdapat pada minyak bumi maupun gas alam. VOCs juga merupakan senyawa yang wajar terdapat pada gas gunung meletus. Namun demikian, jumlah VOCs di udara kini sudah menjadi sebuah ancaman tersendiri bagi kehidupan manusia. Ini disebabkan berbagai aktivitas manusia itu sendiri yang sangat tergantung pada bahan-bahan seperti minyak bumi dan gas alam. Industri kimia pun sangat sering menghasilkan polusi ini karena produknya memerlukan pelarut dari golongan solvent organik seperti thinner dan spiritus.

Bila berbagai produk tersebut hanya digunakan untuk keperluan yang tak dekat dengan aktivitas manusia tentu tak mengapa. Nyatanya, banyak produk kimia mengandung VOCs yang bahkan terdapat pada produk seperti mainan anak. Sangat mengerikan bukan?

Kandungan VOCs pada mainan anak salah satunya disebabkan karena penggunaan lem yang berkualitas buruk. Lem-lem seperti ini jelas harus dihindari oleh industri mainan anak manapun.

Menggunakan Lem Aman untuk Mainan Anak Bebas VOCs

anak sakit
Tak ada yang menginginkan buah hatinya sakit karena lem mengandung VOCs!

Sebagaimana disebutkan di atas, VOCs merupakan senyawa yang bisa menyebabkan beragam jenis penyakit. Keberadaannya pada mainan anak tentu sangat mengkhawatirkan. Apalagi mengingat pola perilaku anak yang masih ceroboh dan sistem imunnya yang kurang baik. Oleh sebab itulah diperlukan standar yang tinggi untuk produksi mainan anak, salah satunya ialah dengan pemanfaatan lem dengan kualitas keamanan tinggi.

Industri mainan anak harus diwajibkan menggunakan lem aman untuk mainan anak bebas VOCs. Tuntutan ini bagaimanapun juga sebenarnya justru menguntungkan bagi industri terkait. Sebab dengan penggunaan lem aman yang tak mengandung VOCs, sudah jelas para orangtua akan lebih mempercayakan kebutuhan mainanannya pada industri tersebut. Tidakkah ini merupakan win-win solution?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here