Membuat Meja Belajar Anak Ramah Lingkungan? Yuk Gunakan Limbah Kayu!

565
meja belajar bagus

Bagaimana cara membuat meja belajar anak ramah lingkungan? Tidak susah sebetulnya membuat meja belajar dengan kriteria tersebut. Anda hanya perlu melakukan beberapa tips sederhana di bawah ini. Selain mudah, cara-cara berikut ini pun terbilang menguntungkan untuk kelangsungan usaha Anda.

Meja Belajar: Kid Furniture Terbanyak

Bila Anda ditanya, “apa mebel anak paling khas dan populer di masyarakat?” Apa jawaban Anda atas pertanyaan tersebut? Beberapa dari Anda mungkin akan menjawab ranjang atau tempat tidur untuk anak, tapi kebanyakan pasti akan menjawab meja belajar.

Meja belajar dan anak adalah dua istilah yang asosiasinya kuat. Pasalnya, masa anak-anak adalah masa saat kita masih belajar. Karenanya, yang membutuhkan meja belajar kebanyakan masyarakat dari segmen usia tersebut. Hampir semua orang pun memiliki learning desk-nya (meja belajar) ketika masih anak-anak. Bukan saat sudah agak besar apalagi saat dewasa.
Tak percaya? Coba saja perhatikan berbagai furniture yang ada di tiap rumah. Ingat, ada berapa jenis mebel yang secara khusus adalah untuk anak. Almari kadang hadir sebagai almari khusus anak. Tapi tak jarang pula hadir sebagai lemari untuk semua segmen usia. Begitu pula tempat tidur. Sedangkan kebanyakan belajar didesain sedemikian rupa untuk si kecil. Dari tampilannya yang sering hadir dengan warna ceria sampai tinggi mebel yang tak begitu cocok untuk orang dewasa memang dibuat sedemikian rupa untuk si kecil.

Seperti Apa Meja Belajar Anak yang Bagus?

Bagi anak, meja belajar adalah sebuah furniture multifungsi. Meja ini bisa dipakai untuk belajar, untuk menyimpan buku dan tas, dan meletakkan berbagai pernak-pernik lainnya. Fungsi tersebut hampir hanya bisa dipenuhi meja belajar yang memiliki komponen lengkap.

Bagaimana meja belajar menurut pelaku usaha? Jelas ada perbedaan dari sekedar pemanfaatan produk tersebut. Meja bagi pelaku usaha mebel adalah produk yang bisa dijual-belikan. Meja belajar atau student desk pun adalah item paling populer dengan kompetisi ketat antara perusahaan mebel yang satu dengan yang lain.

meja belajar anak ramah lingkungan

Tips Membuat Meja Belajar

Nah, bagi Anda yang masih baru dalam industri mebel tapi ingin mencoba membuat mebel ini, Anda bisa memperhatikan beberapa kriteria penting berikut.

1. Karena target pasarnya anak-anak, pastikanlah untuk membat meja semenarik mungkin dengan warna cerah atau gambar yang bagus.
2. Buat meja belajar dengan desain yang baik.
3. Perhatikan bagian atau elemen meja. Dari kelengkapan elemennya, ada meja belajar yang hanya berupa meja segiempat saja hingga meja dengan laci dan rak. Mana yang sebaiknya dibuat? Jawabannya harus sesuai dengan kebutuhan serta keinginan targer pasar.

Tatkala Harus Membuat Meja Belajar Anak Ramah Lingkungan

Selain ketiga tips di atas, ada tips lain yang tak kalah pentingnya. Tips ini terkait dengan efek produk pada lingkungan. Ya! Yang dimaksud adalah aspek keamanan produk. Sebuah produk akan dinilai aman bila tidak mengandung zat membahayakan menurut ambang batas yang ditentukan. Dampak keamanannya sendiri bisa dilihat pada dua hal. Yang pertama pada pengguna mebel tersebut. Sedangkan yang kedua pada alam atau lingkungan sekitar.

meja belajar decoupage

Meja belajar jelas harus aman untuk anak. Meja tak boleh mengandung zat berbahaya yang bisa merusak kesehatannya. Tapi di luar itu, meja juga harus eco friendly. Meja belajar anak ramah lingkungan sendiri bisa diusahakan dengan bebarapa cara di bawah ini:

1. Menggunakan bahan non toksik atau tidak mengandung zat-zat membahayakan kesehatan
2. Mengolahnya dalam proses yang baik di mana limbah yang dihasilkan tidak lantas dibuang mencemari alam melainkan diolah lebih lanjut
Sebagaimana disebut di atas, salah satu cara membuat meja belajar anak yang eco friendly adalah menggunakan bahan non toksik. Nah, yang dimaksud “bahan” pada kalimat itu sebetulnya banyak. Ada bahan kayu atau material yang dipakai, bahan finishing atau catnya, sampai bahan perekat atau lem. Kesemuanya harus aman dan tidak mengandung substansi yang tidak diinginkan tubuh maupun lingkungan sekitar.

Gunakan Kayu Olahan untuk Wujudkan Meja Belajar Anak Ramah Lingkungan

Agar produk makin dikenal sebagai produk eco friendly, Anda juga bisa memanfaatkan bahan kayu olahan atau engineered wood. Kayu olahan adalah kayu yang diolah dari kayu solid. Kayu seperti ini telah kehilangan banyak ciri kayunya meski terbuat dari kayu. Beberapa kayu olahan bahkan terbuat dari limbah kayu solid seperti serpihan kayu tak terpakai. Memanfaatkannya berarti berkontribusi dengan pengurangan penebangan pohon untuk mendapatkan kayu solid.

meja belajar anak

Hanya saja, untuk membuat meja belajar anak ramah lingkungan dari kayu olahan, finishing yang diaplikasikan harus disesuaikan. Tak lagi memakai cat, Anda bisa menggunakan pelapis HPL dan sheet laminate lainnya dengan lem khusus Eva Phaethon.

Andalkan Selalu Eva Phaethon

Eva Phaethon merupakan lem ethylene vinyl acetate. Lem ini didesain secara khusus untuk merekatkan media dengan karakter lain jenis. Sebagai lem untuk finishing pada kayu olahan, adhesive ini memiliki banyak keunggulan mulai dari daya rekatnya yang sangat baik, tahan panas, tahan air, tahan solvent, mudah digunakan, dan cepat kering. Adhesive ini juga sangat hemat karena solid content-nya tinggi dan cover area-nya luas. Harga 4 kg Eva Phaethon adalah Rp. 148.000,-. Murah sekali bukan? Yang pasti, lem ini juga akan membantu Anda mewujudkan produk meja belajar anak ramah lingkungan yang eco friendly.

Yuk, Dapatkan Segera Lem Eva Phaethon

lem eva phaethonSegera dapatkan lem Eva Phaethon dan nikmati berbagai keunggulan adhesive ini! Eva Phaethon akan membuat Anda mendapatkan berbagai keuntungan dengan harganya yang terjangkau dan kualitasnya yang mumpuni. Lem yang bisa dipakai untuk finishing tempel kayu olahan ini pun akan mampu mengubah MDF dan berbagai kayu olahan lainnya menjadi produk berharga yang disukai pasar.

Bagaimana cara melakukan pemesanan Eva Phaethon? Mudah kok. Anda bisa melakukan pembelian via online shop seperti Bukalapak dan Tokopedia. Ingin langsung membeli di lemkertas.com? Bisa. Anda hanya perlu menekan fitur Pesan Sekarang dan akan segera terhubung dengan CS kami baik via telepon maupun secara online.

Pembelian langsung juga kami layani lho di kantor Bio Industries dan di agen-agen kami yang telah tersebar di berbagai kota. Kami pun selalu terbuka dengan berbagai informasi yang bisa Anda perolah sebelum dan sesudah melakukan pembelian. CS kami akan dibantu teknisi untuk mendukung Anda menghasilkan produk furniture terbaik dengan adhesive andalan ini.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kami informasikan mengenai meja belajar anak ramah lingkungan. Singkat kata, untuk membuat produk seperti ini, berbagai aspek harus diperhatikan mulai dari bahan utamanya sampai bahan finishingnya. Untuk bahan finishing kayu olahan, andalkan selalu lem Eva Phaethon untuk kualitas terbaiknya.

Semoga bermanfaat!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here