Uniknya Meja Sekolah yang Dihias dengan Decoupage Ini!

562
meja sekolah decoupage

Kata siapa tampilan meja sekolah harus “biasa” dan membosankan? Dengan cara yang mudah dan bisa dilakukan siswa sebagai salah satu kegiatan kreatif mereka, para guru bisa mengubah atmosfer kelas jadi lebih menyenangkan!

Meja untuk siswa, guru, dan segala meja yang ada di sekolah memiliki tampilan yang seringkali seragam: dicat warna coklat dengan tingkat kilau sedang. Apakah harus selalu seperti ini? Bagi siswa apalagi yang masih anak-anak, sebetulnya menciptakan atmosfer belajar yang ceria penting diuapayakan. Salah satunya dengan menyeediakan fasilitas yang membuatnya tertarik dan bersemangat. Meja untuk para siswa tentu termasuk dalam salah satu fasilitas yang harus membuat siswa bersemangat.

Kebutuhan itu, ironisnya ditangkap dengan baik oleh industri mebel, bahkan meski tak sengaja. Kebanyakan industri mebel membuat furniture anak dengan warna dan gambar yang menarik. Meja belajar anak baik yang biasa sampai yang meja lipat pun sering hadir dengan warna-warni cerah sampai gambar idola si kecil. Yang ada di pikiran pengusaha mebel sederhana, mereka ingin anak-anak yang menjadi target pasarnya tertarik. Tapi sebetulnya, keindahan meja belajar yang menarik tersebut sekaligus juga bisa dipakai orangtua supaya anak mereka lebih bersemangat untuk belajar.

Sayangnya, hal sesederhana ini kerap diabaikan pihak sekolah. Suasana kelas terlihat sangat formal, bahkan cenderung monoton. Para siswa terutama yang masih kanak-kanak pun menjadi berpikiran kurang baik ketika disuruh harus belajar di sekolah. Bagi mereka, kegiatan belajar adalah kegiatan yang kurang menyenangkan.

Lantas apa yang bisa dilakukan? Selain menciptakan proses belajar yang asyik, atmosfer belajar juga harus diubah. Meja sekolah yang monoton, misalnya, bisa dipercantik dengan cara tertentu. Kegiatan mempercantik meja ini juga bisa dikerjakan sembari melatih anak untuk lebih kreatif. Misalnya saja dengan aplikasi decoupage.

Apa itu Decoupage?

Teknik kerajinan decoupage adalah teknik kerajinan mengagumkan yang mampu menyulap sebuah produk seperti baru dilukis. Teknik kerajinan ini sebetulnya sangat sederhana. Caranya, kita hanya perlu menempelkan gambar dari napkin decoupage, lalu melapisinya dengan cat bening supaya gambar terlihat seolah-olah bukan sekedar tempelan, melainkan dilukis di media. Mudah bukan?

decoupage pada meja

Teknik kerajinan ini mudah dikuasai dan bisa dilakukan banyak kalangan, termasuk mereka yang masih anak-anak. Kita pun bisa mengajak para siswa mengubah atmosfer belajar mereka menjadi lebih asyik.
Langsung saja. Untuk melakukan decoupage, simak tutorial dan panduannya di bawah ini.

Cara Aplikasi Decoupage pada Meja Sekolah

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

1. Meja yang akan dihias
2. Napkin decoupage atau gambar pada bahan kertas/kain yang tak mudah luntur terkena air maupun solvent
3. Lem kerajinan decoupage Ultra Phaethon
4. Cat bening atau clear varnish decoupage. Pilih produk yang water based sehingga tidak membahayakan anak (baca tips di bawah untuk keterangan lebih lanjut). Kecuali cat meja lama berasal dari jenis solvent based.
5. Kuas untuk aplikasi cat (ukuran sedang) dan kuas kecil untuk aplikasi lem
6. Gunting serta alat tulis
7. Amplas
8. Kain lap untuk membersihkan meja

Tips Memilih Bahan untuk Aplikasi Decoupage

1. Pilih cat bening atau pernis water based. Water based menandakan produk tersebut diencerkan dengan air. Jadi tak membahayakan anak. Hindari memakai cat atau pernis solvent based (memakai minyak atau plitur) karena mudah terbakar.
2. Gunakan lem khusus yang memang bisa dipakai untuk kerajinan ini seperti Ultra Phaethon.
3. Untuk napkin-nya, pilih yang bagus atau malah disesuaikan tema ruang kelas. Misal, meja yang akan dihias adalah meja di kelas sejarah, maka kita bisa menerapkan gambar peta di meja yang menarik. Atau bila meja yang akan dihias adalah meja di ruang biologi, kita bisa memakai gambar pemandangan alam, berbagai jenis hewan, bunga-bunga, hingga penemu-penemu biologi yang terkenal.
4. Gunakan amplas yang hanya untuk menghaluskan lapisan finishing saja.

jual lem untuk wallpaper

Langkah-langkah Kegiatan Kreatif Siswa Mengaplikasikan Decoupage pada Meja Sekolah

1. Bersihkan dulu meja siswa yang akan dihias. Pastikan meja sudah bebas dari noda-noda yang menganggu seperti coretan atau bekas tipeks. Bila meja sudah terlalu kotor, bersihkan menggunakan amplas atau pembersih lainnya. Setelah itu keringkan meja. Jangan menghias meja dengan decoupage sampai meja sudah benar-benar kering.
2. Siapkan napkin decoupage dengan gambar yang menarik. Pilih yang gambarnya sesuai keinginan siswa atau tentukan berdasarkan tema tiap mata pelajaran yang diajarkan di kelas tersebut. Potong gambar pada napkin dengan rapi dan pas. Tingkat kerapian pemotongan akan berpengaruh besar pada hasil akhir proses decoupage.
3. Tentukan dulu di mana napkin akan ditempelkan. Biarkan siswa berkreasi dan mendesain mejanya dengan baik. Anda hanya perlu memberikan arahan serta saran untuk mereka.
4. Setelah itu rancangannya selesai, tempelkan napkin di pada meja sekolah pada area yang sudah ditentukan menggunakan lem Ultra Phaethon.
5. Biarkan lem Ultra Phaethon mengering dengan baik sehingga ikatan yang diciptakan benar-benar kuat.
6. Siapkan cat bening BioVarnish. Encerkan sesuai petunjuk pengencerannya, jangan memakai patokan angka sendiri.
7. Aplikasikan cat bening atau clear varnish BioVarnish secara merata. Lakukan dengan hati-hati dan pastikan hasilnya rapi. Agar tak mengotori lantai, tempatkan koran bekas di sekitar lantai. Jadi noda cat tidak jatuh ke lantai melainkan ke koran bekas tersebut.
8. Setelah itu, biarkan lapisan clear varnish benar-benar kering.
9. Setelah lapisan finishing clear varnish tersebut mengering, siapkan amplas lalu amplaslah untuk membuat permukaan meja menjadirata dan halus.
10. Selesai! Setelah langkah kesembilan di atas, Anda pun sudah bisa menikmati hasil karya decoupage di meja sekolah. Sangat mudah bukan?

meja anak decoupage

Tips Aplikasi Decoupage

1. Pastikan meja sudah bersih dan bebas noda. Jadi produk akan terlihat menarik setelah proses aplikasi decoupage selesai.
2. Sebelum menempelkan napkin, suruh siswa untuk membuat desain meja yang bagus. Buat siswa menjadi beberapa kelompok untuk menghias satu meja saja. Dengan begitu, meja lain bisa dihias oleh kelompok siswa yang lain. Anak pun bisa belajar untuk bekerja sama.
3. Saat mengamplas, lakukan pelan-pelan. Pengamplasan hanya dilakukan untuk membuat lapisan finishing lebih merata dan halus.
4. Pakai lem Ultra Phaethon seperlunya saja. Jangan terlalu banyak sebab bisa meluber ke area non pengeleman.

meja decoupage peta

Nah demikianlah cara aplikasi decoupage pada meja sekolah yang bisa dijadikan proyek atau kegiatan kreatif anak. Menarik sekali bukan? Dengan cara ini, bukan hanya atmosfer kelas yang berubah, siswa pun bsia mempelajari satu teknik kerajinan baru yang mengasyikkan.

Semoga bermanfaat. Nantikan terus berbagai tutorial menarik seputar dunia kerajinan dan perekatan di lemkertas.com. Kami akan selalu mengupdate tutorial kerajinan dengan lem craft andalan kami, Ultra Phaethon.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here