Jelang Puasa dan Lebaran? Yuk, Berkreasi dengan Decoupage!

707
kursi decoupage

Bulan puasa dan lebaran memang masih lama. Tapi ada banyak hal yang bisa kita persiapkan menjelang bulan suci dan hari kemenangan tersebut. Misalnya saja, berkreasi dengan decoupage untuk kebutuhan sendiri maupun untuk mengumpulkan pundi-pundi profit. Tertarik mencoba kerajinan ini? Yuk, simak dulu gambarannya di bawah ini.

Decoupage

Decoupage adalah sebuah teknik kerajinan yang sangat spesifik. Dengan metode ini, kita bisa menghasilkan aneka produk yang menarik dengan langkah lebih mudah. Ingin membuat meja Anda penuh gambar bunga? Atau ingin memiliki toples makanan unik jelang untuk disajikan di ruang tamu? Decoupage bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda.

Decoupage dilakukan dengan cara menempelkan gambar pada media yang ingin kita hias. Setelah gambar ditempel, agar lebih menyatu, digunakan clear varnish atau pernis bening. Clear varnish akan menciptakan lapisan bening di atas gambar sehingga seolah-olah gambar benar-benar menyatu pada media yang ingin kita perindah tersebut. Hasilnya produk akan tampak seperti dilukis. Padahal, yang kita lakukan hanyalah menempelkan sebuah gambar saja. Menarik kan?

Yang lebih menarik, teknik ini dapat kita terapkan pada hampir semua benda yang kita kenal. Misalnya saja pada bahan kayu, meja, bahkan sampai kain dan kerajinan serat alam. Di pasaran pun saat ini sudah banyak pengrajin yang mencoba menerapkan teknik ini pada produk-produk mereka.

Berkreasi dengan Decoupage untuk Sambut Lebaran

Menjelang bulan puasa dan lebaran, decoupage bisa kita andalkan untuk membuat kedua momen tersebut semakin meriah. Kita bisa menghias berbagai benda di rumah dengan decoupage. Selain bisa kita nikmati sendiri, kita pun bisa menjual berbagai benda khas puasa dan lebaran tersebut bila memungkinkan dan haslnya bagus. Tertarik mencobanya? Yuk, intip dulu kira-kira apa saja yang bisa dipercantik dengan teknik ini.

Toples Makanan dan Wadah Penganan lainnya

Lebaran pasti identik dengan aneka jenis penganan. Toples-toples cantik pun perlu kita siapkan agar sajian penganan tersebut terlihat lebih menggiurkan. Tapi jangan khawatir. Anda tak perlu harus selalu membeli toples baru tiap kali idul fitri datang. Daripada membeli toples baru, kita bisa berkreasi dengan decoupage pada toples yang sudah lama. Kita tinggal memilih gambar yang cocok, dan voila toples lebaran ala decoupage pun jadi. Untuk langkah-langkahnya, simak pada bagian akhir artikel ini ya.

toples decoupage

Kotak Tissue

Selain toples, sajian makanan jelas perlu ditemani dengan tissue beserta dengan tempatnya. Kotak-kotak tissue ini pun bisa kita percantik juga menggunakan teknik decoupage. Pasti hasilnya akan sangat menakjubkan.

kotak tissue

Berbagai Furniture Kayu dan Perabot Rumah Lainnya
Berbagai furniture kayu hingga aneka perabot rumah lainnya juga bisa diperindah dengan decoupage. Misalnya saja meja dan kap lampu.

Taplak

Selain bisa diterapkan pada berbagai benda keras, decoupage juga bisa diterapkan pada bahan kain. Kita bisa mengaplikasikan teknik ini pada taplak meja, dan berbagai bahan serupa yang lain seperti tas suvenir hingga hiasan dinding dari bahan kain. Sajadah hingga tas mukenah pun bisa dipercantik dengan teknik ini.

Komponen Rumah

Selain mengecat, ternyata kita juga bisa mempercantik rumah menjelang lebaran dengan cara menerapkan decoupage pada beberapa komponennya. Bagian rumah yang bisa kita percantik antara lain pintu, jendela, hingga tiang-tiang rumah yang terbuat dari kayu.

pintu decoupage

Sepatu

Lebaran baru sepatu baru? Tak harus! Sama seperti toples lebaran, kita pun tak perlu membeli yang baru. Percantik saja sepatu Anda yang lama dan hias dengan teknik kerajinan ini. Selain hasilnya menarik, pasti sepatu Anda terlihat lebih original dibanding sepatu yang lainnya.

Berkreasi dengan Decoupage Menggunakan Ultra Phaethon

Kita sudah membahas mengenai berbagai ide atau kreasi decoupage di atas. Tapi bagaimanakah cara membuatnya? Eits, pembaca lemkertas.com, jangan tergesa-gesa dulu ya. Sebelum membahas mengenai cara membuat decoupage, kita perlu memastikan dulu apa alat dan bahan yang harus dipersiapkan.

Perlengkapan untuk Membuat Decoupage

Alat-alat yang harus disediakan sebenarnya tak begitu banyak. Kita hanya harus mempersiapkan:
1. Benda yang akan dihias
2. Pembersih benda yang akan dihias. Misalnya sabun untuk toples dan lap kering.
3. Gambar yang akan ditempel. Anda bisa membeli napkin khusus atau menggunakan gambar sendiri. Yang jelas, pastikan gambar tidak luntur ketika terkena pernis.
4. Clear varnish atau pernis (kadang disebut top coat), yakni bahan finishing serupa cat namun warnanya bening. Clear varnish hadir dengan berbagai tingkat kilau dari yang matte hingga glossy.
5. Lem untuk menempelkan gambar.
6. Alat tulis
7. Penggaris
8. Gunting atau cutter
9. Amplas
10. Hiasan tambahan lainnya
11. Cat bila dirasa perlu

Lemkertas.com secara spesifik menyarankan penggunaan Ultra Phaethon untuk aneka kreasi yang akan Anda buat pada teknik kerajinan ini. Mengapa Ultra Phaethon? Pertama-tama, tak semua lem bisa digunakan untuk kebutuhan ini. Selain itu, agar hasilnya bagus dan proyek Anda tak sia-sia, maka kualitas harus diutamakan. Meski, harga produk juga tak boleh terlalu mahal.

Ultra Phaethon menjadi lem yang ideal karena kualitasnya bagus, mudah digunakan, dan harganya pun sangat murah. Lem ini juga tahan lama, ramah lingkungan, dan tak menyebabkan cacat warna. Nah, langkah-langkah membuat decoupage di bawah ini adalah contoh pengerjaan dengan memanfaatkan Ultra Phaethon.

Contoh Cara Membuat Decoupage dengan Ultra Phaethon

jual lem untuk wallpaper

Setelah semua alat dan bahan terkumpul dan lem Ultra Phaethon siap digunakan, ikutilah langkah-langkah di bawah ini.

1. Siapkan benda yang akan dipercantik.
2. Bersihkan benda tersebut dan biarkanlah mengering.
3. Pastikan juga permukaannya sudah halus dan tidak memiliki noda solvent.
4. Aplikasikan cat bila dirasa perlu. Tunggu kering, amplas, lalu ulangi lagi pengecatan bila diinginkan.
5. Gunting dengan rapi gambar yang Anda siapkan.
6. Bila perlu, beri tanda di mana Anda akan menempelkan gambar tersebut pada benda yang akan ditempeli.
7. Gunakan Ultra Phaethon, rekatkan gambar pada medianya.
8. Tunggu hingga mengering.
9. Siapkan clear varnish. Encerkan sesuai rekomendasi pemakaian. Kami sarankan untuk menggunakan clear varnish water based (pelarut air seperti produk BioColours).
10. Aplikasikan clear varnish secara perlahan. Ratakan, biarkan hingga kering.
11. Amplas bila lapisan clear varnish sudah kering.
12. Ulangi bila perlu.
13. Percantik dengan hiasan tambahan. Misalnya hiasan seperti pita, gantungan kunci, maupun bunga-bunga buatan.

Mudah bukan cara aplikasi decoupage? Selain mudah berkreasi dengan decoupage juga sangat menyenangkan. Bukan itu saja, bila produk Anda memang bagus, Anda pun bisa menjualnya dan meraup banyak untung. Toh, sekarang, Anda sudah bisa mengiklankan produk Anda dengan cara yang lebih mudah, yakni dengan cara menjualnya secara online. Menarik bukan? Siapa tahu, ada berkah iseng-iseng berkreasi dengan decoupage menggunakan Ultra Phaethon ini.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here