Apa Untungnya Memilih Merk Lem untuk Decopage Water Based?

710
tetes air

Mengapa memilih merk lem untuk decoupage water based seperti Ultra Phaethon? Tentu saja ada alasan yang harus dipertimbangkan. Ingin tahu apa saja alasan-alasan tersebut? Yuk, simak informasinya di bawah ini.

Merk lem untuk decoupage secara umum bisa kita bedakan menjadi dua berdasarkan pelarut yang digunakan. Keduanya adalah:

1. Lem water based atau lem berbasis air. Lem jenis ini menggunakan air dalam proses pembuatan maupun dalam pelarutannya.
2. Lem water based atau lem berbasis minyak. Lem jejnis ini menggunakan bahan solvent dalam proses pembuatan maupun dalam pelarutannya.

Berbagai adhesive di pasaran, yang jumlahnya tak bisa kita hitung satu per satu tersebut secara umum bisa kita kelompokkan dalam dua kategori di atas saja. Memang ada beberapa adhesive pengecualian, misalnya ada lem water based yang sedikit banyak menggunakan komponen solvent based. Namun secara umum, pembagiannya bisa memanfaatkan klasifikasi di atas saja. Lalu manakah jenis lem yang baik untuk decoupage? Apakah yang berbasis air? Ataukah yang berbasis solvent? Atau dua-duanya memiliki kelebihan sekaligus kekurangan masing-masing? Bagi kami, lem yang kami sarankan masihlah lem water based, yakni Ultra Phaethon.

Lem Water Based Masih Lebih Baik

Bagaiamanapun juga, lem berbasis air atau water based glue masih lebih baik dibanding lem berbasis solvent. Lem berbasis air secara umum jelas memiliki tingkat keamanan yang lebih bagus, baik untuk manusia maupun untuk lingkungan. Adhesive ini tak mengandung senyawa-senyawa organik mudah menguap atau Volatile Organic Compounds (VOC) sebagaimana yang terdapat pada lem berbasis solvent.

centong decoupage

Seperti yang telah kita tahu, produk berbasis solvent hampir selalu bermasalah karena kandungan VOC di dalamnya. Pernah membuka kaleng produk berbasis solvent (misalnya cat solvent) dan menemukan bau pedas menyengat? Bila iya, produk tersebut kemungkinannya adalah produk berbasis solvent. VOC pun bukan lagi sekedar bisa menyebabkan produk lebih bau, namun juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Paparan VOC bisa menimbulkan gangguan kesehatan ringan, sedang hingga serius. Misalnya saja mengalami pusing-pusing dan mual setelah lama menghirup gas dari produk VOC. Namun bila paparannya sangat banyak, dan substansi VOC benar-benar masuk ke dalam tubuh secara simultan, efek yang lebih buruk bisa terjadi. Misalnya saja, tumbuhnya kanker, tumor, gangguan organ dalam, hingga kerusakan fungsi reproduksi. Adapun, contoh-contoh senyawa organik mudah menguap antara lain adalah formalin, benzena, toulena, hingga xylena.

Bisa dikatakan, efek lem solvent based sebetulnya mengkhawatirkan. Meski efeknya tak terlihat langsung, namun pemakaian produk seperti ini tetaplah sebaiknya dihindari. Oleh karena itu, lem water based menjadi solusi satu-satunya. Tapi ingat, tak semua lem water based punya kualitas yang sama. Khusus untuk pembuatan decoupage, sebaiknya digunakan merk lem untuk decoupage water based, Ultra Phaethon.

Ultra Phaethon disarankan karena memiliki kualitas yang baik sekaligus harga yang terjangkau. Lem ini pun mampu menciptakan ikatan yang sangat kuat dan tahan lama. Ultra Phaethon juga tidak menyebabkan glue line dan lapisan film lem tebal. Hasilnya, produk decoupage Anda pasti akan lebih berkualitas.

Cara Aplikasi Merk Lem untuk Decoupage Water Based

1. Siapkan media atau benda yang akan ditempeli dengan napkin. Pastikan media tersebut bersih, rata, dan kering.
2. Siapkan dan potong gambar atau napkin decoupage.
3. Setelah media kering, gunakan Ultra Phaethon dan tempelkan napkin pada posisi yang Anda inginkan.
4. Biarkan lem mengering.
5. Setelah lem benar-benar kering, siapkan clear varnish (pernis bening) atau top coat. Pilih top coat water based seagaimana Ultra Phaethon yang merupakan lem berbasis air.
6. Tunggu supaya lapisan coating benar-benar kering.
7. Amplas lapisan coating setelah kering. Pastikan permukaannya halus dan rata.
8. Ulangi lagi aplikasinya bila perlu (misal karena kurang tebal)
9. Tambahkan hiasan tambahan bila perlu
10. Selesai! Voila, Anda pun sudah siap menghasilkan aneka karya menarik lainnya.

kotak makanan decoupage

Keunggulan Memakai Merk Lem untuk Decoupage Water Based

Selain berbagai kualitas yang disebutkan di atas, penggunaan Ultra Phaethon juga akan memberikan banyak keuntungan lainnya. Khusus sebagai lem decoupage, Ultra Phaethon unggul disebabkan oleh:

Sesuai untuk Finishing Berbasis Air

Seyogyanya, kita menggunakan lem water based bila kita menggunakan finishing water based. Sebab bila kita menggunakan lem solvent, hasilnya akan kurang bagus bila nantinya produk difinish dengan pernis water based. Noda solvent yang tertinggal bisa menyebabkan kegagalan finishing.

Lem yang Tingkat Keamanannya Baik

Lem ini diformulasikan dengan standar keamanan sangat baik untuk alam maupun untuk manusia. Air memang bukan zat yang bisa menyebabkan masalah seperti solvent. Selain itu, Ultra Phaethon pun tak menggunakan zat-zat membahayakan. Lem ini 100% menggunakan substansi non toxic. Adhesive ini pun menjadi andalan bagi Anda yang ingin menghasilkan berbagai produk eco friendly.

Tidak Menimbulkan Bau

Di antara berbagai kelebihan produk water based, tidak adanya bau yang menguar adalah salah satu di antaranya. Sebaliknya, bila Anda menggunakan lem solvent, maka hasilnya pun tak akan begitu baik. Bau menyengat pedas biasanya langsung bisa kita cium.
Untuk produk seperti decoupage, timbulnya bau sangat berpengaruh pada nilai jual. Sebab, produk seperti decoupage pastinya dilihat dari aspek estetika termasuk dari baunya. Oleh sebab itulah dibutuhkan merk lem untuk decoupage water based yang bagus seperti Ultra Phaethon. Karena merupakan water based glue, lem ini tak akan menyebabkan persoalan khas solvent based glue yang sering mengeluarkan bau tak enak.

Lem yang Sangat Kuat dan Tahan Lama

Tidak semua adhesive berbasis air memiliki kualitas yang sama. Antara satu merek dengan yang lainnya pun pasti kualitasnya berbeda. Dalam hal ini, hanya merk lem untuk decoupage water based Ultra Phaethon yang kami sarankan. Lem ini selain sangat kuat juga memiliki ketahanan sangat bagus pada air, panas, dan solvent. Lem ini dilengkapi dengan inner cross linker modifier dan akan meresap tanpa menyebabkan lapisan film ganda.

jual lem untuk wallpaper

Lebih Mudah Diaplikasikan

Penggunaan bahan dengan basis solvent akan menyebabkan meningkatnya resiko kecelakaan. Seperti telah kita ketahui, solvent atau bahan berbasis minyak, memiliki sifat yang begitu mudah terbakar. Oleh karena itulah, kita harus super hati-hati ketika menggunakan produk apapun yang berbasis solvent. Beberapa hal bisa kita lakukan misalnya mempersiapkan ruangan yang ideal (misalnya tidak boleh yang tertutup) dan alat pengalaman untuk para pekerja. Penggunaan adhesive water based memang tak serta merta akan menghapus resiko kecelakaan kerja, akan tetapi water based glue mampu meminimalisir resiko-resiko tersebut.

Nah, demikianlah mengapa merk lem untuk decoupage water based seperti Ultra Phaethon sangat menguntungkan. Ingin buat decoupage? Ultra Phaethon harus disediakan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here