Tutorial Mudah Membuat Hiasan Gantung Unik dari Serat Alam

4212
bola serat alam 2

Hiasan atau benda-benda dekorasi sememangnya memang tak memiliki fungsi seperti mebel. Tapi keberadaannya bisa membuat suasana dalam ruangan makin menarik. Jadi pada kesempatan ini, lemkertas.com akan mengajak pembaca sekalian untuk membuat hiasan gantung unik dari serat alam. Tapi sebelumnya, alangkah lebih baik bila kita membahas mengenai apa dan bagaimana serat alam itu sendiri.

Apa itu Serat Alam?

Serat alam atau natural fiber pada dasarnya adalah bahan organik yang mengandung selulosa tetapi tak memiliki rigiditas seperti kayu. Karena pengertiannya yang begitu luas, bahan ini mencakup berbagai material alami yang banyak ditemukan di alam. Misalnya saja serat sutra yang dihasilkan ulat sutra hingga serat kapas yang dihasilkan dari tamanan kapas.

Sudah sejak dulu kita memanfaatkan bahan-bahan yang tergolong sebagai natural fiber. Sampai hari ini pun serat alam banyak dipakai untuk membuat berbagai produk. Misalnya saja untuk membuat furniture dan kerajinan.

Apa Saja Jenis-jenis Serat Alam

Ada banyak sekali jenis serat alam. Hanya saja, tiap jenis serat alam bisa dikelompokkan menurut fungsinya masing-masing. Khusus untuk artikel ini, serat alam yang kami bahas adalah serat alam untuk kerajinan. Beberapa jenis natural fiber yang banyak digunakan untuk membuat handicraft antara lain:

1. Rotan. Rotan merupakan bahan untuk pembuatan berbagai jenis kerajinan serat alam. Selain itu, rotan atau rattan juga banyak digunakan untuk membuat furniture. Mulai dari meja hingga kursi, rotan sering dipakai untuk membuat aneka produk tersebut.
2. Bambu. Bambu juga bisa diklasifikasi atau dikelompokkan sebagai sumber serat alam. Tentu maksudnya bukan bambu batangan, melainkan bambu yang sudah dipotong tipis sehingga bisa dipakai untuk membuat anyaman.
3. Eceng gondok. Substrat eceng gondok mengandung serat yang sangat tinggi. Karenanya, tamanan ini banyak dipakai untuk membuat berbagai produk serat alam mulai dari tas hingga dompet.
4. Pelepah pisang. Pelepah pisang juga bisa dipakai untuk membuat aneka kerajinan natural fiber yang menarik.
5. Pandan. Berbagai produk handicraft telah berhasil diciptakan dari daun pandan. Misalnya saja ikat pinggang, dompet, tas, hingga keranjang.

Membuat Hiasan Gantung Unik dari Serat Alam

Salah satu kelebihan bahan serat alam sebagai material kerajinan adalah fleksibilitasnya untuk digunakan. Anda yang belum punya keahlian apapun untuk membuat produk craft pun bisa dengan mudah menghasilkan berbagai kerajinan yang menarik. Misalnya saja untuk membuat hiasan atau dekorasi dari bahan ini.

Salah satu hiasan menarik dan simpel yang bisa dibuat dari natural fiber adalah hiasan gantung bola-bola. Bila Anda tertarik mencobanya, silahkan aplikasikan langkah di bawah ini.

Alat dan Bahan

Siapkan berbagai alat dan bahan pada daftar di bawah ini.

1. Serat alam atau natural fiber. Anda bisa menggunakan berbagai jenis serat alam mulai dari serat bambu, tali temali alam, dan lain sebagainya.
2. Balon kecil.
3. Lem Ultra Phaethon. Pada pembuatan hiasan gantung ini, lem tak berfungsi sebagai perekat, melainkan untuk memperkuat natural fiber.
4. Kuas untuk mengaplikasikan lem
5. Wadah untuk lem
6. Cat sesuai selera Anda
7. Gunting atau cutter untuk memotong serat alam
8. Jarum pentul atau jarum jahit

jual lem untuk wallpaper

Langkah-langkah Membuat Hiasan Gantung Unik dari Serat Alam

1. Siapkan semua alat dan bahan yang telah disebutkan di atas. Kumpulkan semuanya pada satu ruangan atau meja yang akan Anda pakai untuk mengerjakan langkah-langkah ini.
2. Tiup balon, tak perlu begitu luas. Cukup satu kepal tangan Anda saja.
3. Sediakan beberapa balon yang telah ditiup, bila memungkinkan ukuran volume kesemuanya tak jauh berbeda.
4. Siapkan serat alam yang sudah Anda siapkan. Pastikan dulu kondisi natural fiber kering dan bersih sebelum diolah lebih lanjut untuk membuat hiasan gantung unik dari natural fiber ini.
5. Secara random atau acak, lilitkan serat alam mengelilingi balon. Lakukan hingga hampir semua permukaan balon tertutupi oleh natural fiber.
6. Setelah semua balon tertutupi, siapkan lem Ultra Phaeton. Tuangkan lem di wadah lalu siapkan kuasnya juga.
7. Secara merata, aplikasikan lem pada natural fiber yang sudah dililitkan pada balon. Seperti diterangkan sebelumnya, fungsi lem adalah untuk menguatkan serat alam supaya bentuknya kokoh.
8. Biarkan lem mengering.
9. Setelah lem Ultra Phaethon mengering, pecahkan balon di dalam lilitan natural fiber. Gunakan benang jahit atau jarum pentul. Berikutnya, ambil secara hati-hati bekas pecahan balon tersebut.
10. Selesai! Kini Anda memiliki bulatan cukup kuat yang terbuat dari serat alam.

Finishing Hiasan Gantung dari Natural Fiber

Anda telah berhasil membuat hiasan gantung unik dari serat alam mengikuti langkah-langkah di atas. Tapi apakah produk tersebut lantas bisa digunakan? Jelas belum. Agar lebih menarik, tentu kita perlu mengaplikasikan finishing terlebih dahulu.

Proses finishing atau pengecatan juga memiliki manfaat perlindungan. Produk pun tak hanya makin menarik, tapi juga bisa dibuat lebih tahan lama. Untuk finishingnya, sebenarnya tergantung selera Anda ingin membuatnya bagaimana. Pilihan-pilihan yang tersedia antara lain:

1. Finishing warna solid. Misalnya menerapkan warna merah, ungu, biru, hingga hijau.
2. Finishing warna metalik seperti emas, tembaga, dan perak
3. Finishing natural untuk memperlihatkan keindahan alami serat alam

Pilih saja warna finishing yang Anda sukai. Tapi yang jelas, usahakan menggunakan produk cat water based. Selain tak berbau, pada langkah-langkah membuat hiasan gantung unik dari serat alam di atas, Anda telah menggunakan lem dari jenis water based (Ultra Phaethon). Sehingga, produk cat yang disarankan pun dari jenis water based. Beberapa merk yang bisa Anda pakai dari jenis cat water based adalah:

1. BioVarnish untuk cat warna natural transparan
2. Orchid solid color untuk cat warna pastel
3. Orchid metallic color untuk cat warna perak, emas, dan tembaga
4. Orchid warna hitam dan putih
5. Beeswax untuk finishing non cat (dengan lilin lebah)

Sekali lagi, pilih warna finishing sesuai selera Anda, tapi pastikan produk cat yang Anda pakai adalah cat water based sebagaimana lemnya. Nah setelah Anda berhasil memfinishnya, kini tinggal lakukan sentuhan terakhir, yakni membuat hiasan bola-bola ini dalam wujud hiasan gantung.

bola serat alam 1

Untuk itu, Anda tinggal menggunakan tali (sebaiknya warnanya serupa) dan pangkal kayu sebagai gantungannya. Pada bagian pangkal gantungan ini, Anda bisa menghiasinya dengan aplikasi finishing yang warnanya menarik. Atau bila Anda cukup mahir mengukir kayu, lakukan saja pengukiran yang bagus.

Nah, setelah proses ini dilakukan, selesailah langkah membuat hiasan gantung unik dari natural fiber. Anda bisa memanfaatkan hiasan tersebut untuk kebutuhan sendiri ataupun untuk dijual. Pilih opsi yang menurut Anda menarik untuk diambil. Semoga bermanfaat!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here