Tutorial Cara Membuat Kolase dari Biji-bijian

811
kolase biji

Bagaimana cara membuat kolase dari biji-bijian? Ternyata mudah, lho. Yuk, simak tutorialnya di bawah ini.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk berkreasi. Beragam bahan bisa digunakan termasuk biji-bijian yang dianggap hanya sebagai pakan burung saja. Misalnya saja jagung. Dari benda-benda mungil itu, kita bisa membuat aneka kreasi menarik. Salah satunya adalah kolase dari biji-bijian.

Kolase? Anda mungkin pernah disuruh untuk membuat produk tersebut di sekolah. Tak jarang, guru menyuruh muridnya untuk membuat prakarya dari jenis kerajinan ini. Hasilnya bisa begitu menarik, apalagi bila digarap dengan serius.

CS LemKertas

Namun demikian, tahukah Anda bahwa kolase pun sebetulnya bisa menjadi sumber keuntungan? Anda bisa menghasilkan beragam kerajinan menarik dengan cara ini lalu menjualnya. Toh, saat ini telah terdapat banyak online shop yang bisa Anda andalkan untuk penjualan tersebut.

Nah, kali ini, lemkertas.com akan membagikan cara untuk membuat kolase dari biji. Tidak sulit, lho. Anda yang belum pernah membuat kolase pun tak akan mendapatkan kesulitan besar. Tapi tentu saja, supaya hasilnya menarik, diperlukan usaha lebih. Cari inspirasi produk kolase menarik yang sekiranya bisa dijual. Untuk langkah dasarnya, Anda tinggal mengikuti cara di bawah ini saja.

Tutorial Cara Membuat Kolase dari Biji-bijian

Siapkan dulu alat dan bahan yang disebutkan di bawah ini.

  1. Sketsa untuk membuat “lukisan” kolase dari biji-bijian
  2. Jenis biji yang dibutuhkan termasuk dengan jumlah yang diperlukan
  3. Alat tulis dan media, termasuk juga penggaris
  4. Lem untuk kolase, Ultra Phaethon
  5. Kuas untuk aplikasi lem
  6. Cat bila dirasa diperlukan
  7. Tambahan bahan lain sesuai dengan desain kolase yang ingin Anda buat
  8. Berbagai perlengkapan lainnya seperti figura, pita, dan lainnya

Setelah semua alat dan bahan di atas siap, kumpulkanlah di area di mana Anda akan membuat kolase.

Lem untuk Membuat Kolase Biji-bijian

Langkah-langkah Membuat Kolase dari Biji-bijian

  1. Tentukan dulu seperti apa kolase dari biji yang ingin Anda buat.
  2. Buat sketsanya di media di mana Anda akan menempelkan biji-bijian
  3. Siapkan semua biji dan bahan tambahan lainnya yang diperlukan. Ingat, biji harus dalam kondisi yang kering dan bersih. Dan apabila perlu dilakukan pewarnaan, maka lakukan pewarnaan tersebut terlebih dahulu dengan warna cat yang Anda suka.
  4. Setelah semua biji siap, Anda tinggal menempelkannya pada sketsa yang sudah dibuat terlebih dahulu.
  5. Bagaimana cara menempelkannya? Mudah. Untuk biji yang besar dan tak begitu banyak, Anda tinggal mengkuaskannya dengan lem Ultra Phaethon. Kuaskan juga di area kanvas di mana biji itu akan ditempelkan. Setelah itu rekakan. Namun bila Anda menggunakan biji yang kecil-kecil dan dalam jumlah banyak, Anda oleskan saja lemnya di media. Lalu taburkan secara hati-hati biji-biji kecil tersebut.
  6. Pada tahapan ini, baiknya media diposisikan horizontal. Jangan ubah-ubah posisinya sebelum lem benar-benar kering.
  7. Selesaikan sampai semua biji sudah terlekatkan.
  8. Biarkan sampai lem benar-benar kering.
  9. Apabila dirasa sudah stabil, Anda bisa mengubah posisinya dan mulai menghias kolase tersebut secara keseluruhan. Misalnya memasangkannya pada frame atau figura.
  10. Selesai!

Kolase Anda sudah siap dibuat. Mudah bukan cara membuat kolase dari biji-bijian ini? Selain mudah Anda juga bisa membuatnya untuk mendapatkan banyak keuntungan. Anda bisa menjualnya sebagai hiasan dinding dan dekorasi serupa lainnya. Jangan lupa, kemas dengan cara menarik supaya produk Anda lebih laku di pasaran.

kolase biji (3)

Tips Membuat Kolase dari Biji-bijian

Cara membuat kolase dari biji-bijian secara umum memang mudah, namun pastikan Anda mengikuti tips ini supaya hasilnya makin bagus.

  1. Tentukan dulu wujud atau rupa yang ingin Anda buat dari kolase ini. Setelahnya, baru kumpulkan jenis biji dan jumlah biji yang diinginkan.
  2. Agar rapi, selalu gambar sketsa pada media.
  3. Perbanyak pengetahuan Anda mengenai beragam jenis biji yang bisa digunakan. Jadi, karya Anda akan lebih semarak dan menarik dengan biji-bijian tersebut.
  4. Bila perlu, beri pewarna dulu sebelum biji ditempelkan
  5. Usahakan kondisi biji baik dan tidak berhama
  6. Jangan pernah gunakan biji yang masih basah
  7. Kombinasikan dengan bahan lainnya agar hasil kolase makin terlihat menawan
  8. Gunakan berbagai referensi agar hasil karya Anda lebih kreatif dan beda dari yang lain.
  9. Gunakan selalu lem yang tepat, Ultra Phaethon

Mengapa Ultra Phaethon?

kolase biji (3)

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa kami begitu menyarankan penggunaan Ultra Phaethon. Lem ini disarankan tak lain karena kualitasnya yang memang diperlukan untuk kebutuhan ini. Ultra Phaethon adalah PVAc water based glue dengan banyak manfaat. Lem ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan kerajinan mulai dari kerajinan serat alam, kertas, kayu, decoupage, dan masih banyak lagi. Sebagai lem kerajinan, adhesive ini menawarkan feature yang memang diperlukan untuk kebutuhan tersebut seperti:

  1. Daya Rekat Kuat untuk Kerajinan. Lem ini memiliki daya rekat yang ideal. Perekatannya kuat, tak seperti beberapa lem craft yang cenderung kurang kuat dan tidak stabil.
  2. Ikatan lem tak mudah rusak meski terkena air, minyak, hingga panas. Sehingga biji tetap bisa menempel dalam waktu sangat lama dan keindahan kolase bisa dipertahankan.
  3. Mudah digunakan. Lem ini sangat mudah digunakan dan tidak membutuhkan perlengkapan khusus. Cara membuat kolase dari biji-bijian akan makin mudah dengan adhesive ini.
  4. Aman dan ramah lingkungan
  5. Tidak menyebabkan glue line. Beberapa lem cenderung menghitam atau menyebabkan warna setelah kering. Masalah ini tak akan Anda alami dengan aplikasi Ultra Phaethon.
  6. Hemat dan harganya terjangkau. Lem ini bisa Anda peroleh dengan harga yang jauh lebih hemat dan dengan kemasan yang lebih banyak.
  7. Solid content tinggi dan cover area luas
  8. Kecepatan kering lem yang sangat ideal sehingga pengerjaan menjadi lebih efisien dari segi waktu

Makanya Segera Pesan Ultra Phaethon

Yuk, segera gunakan Ultra Phaethon. Seperti diterangkan di atas, cara membuat kolase dari biji-bijian akan makin mudah dengan adhesive ini. Anda bisa membeli lem ini tanpa harus repot-repot keluar tenaga ke toko kerajinan atau alat tulis lho. Pesan sekarang juga Ultra Phaethon di toko daring (online) atau langsung via lemkertas.com. Untuk pemesanan di online shop, sudah pasti prosedurnya sesuai dengan ketentuan tiap marketplace tersebut. Sedangkan untuk pemesanan di sini, Anda hanya perlu menghubungi CS kami. Customer Service kami akan segera memandu Anda untuk mendapatkan lem ini dengan cepat dan mudah.

Nah, demikianlah informasi yang bisa kami bagikan mengenai cara membuat kolase dari biji-bijian. Semoga bermanfaat ya! Gunakan selalu Ultra Phaethon untuk membuat kolase yang berkualitas.

CS LemKertas
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here