Pengertian Kolase dari Biji-bijian, Fungsi, dan Contohnya

454
biji

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan kolase dari biji-bijian? Kebanyakan dari Anda yang mengenal istilah ini, pasti akan terbayang dengan peristiwa di sekolah ketika diminta guru membuat prakarya. Tapi tahukah Anda bahwa kolase biji tak sekedar tugas remeh temeh belaka? Nah, di artikel ini, lemkertas.com akan mengupas tuntas apa yang dimaksud dengan istilah tersebut.

Pengertian Kolase Biji-bijian

Pertama-tama tentu kita perlu mengetahui dulu pengertian dari istilah itu. Kolase secara umum mengacu pada pembuatan benda seni di mana komponen pembuatannya masih memiliki ciri awal. Hal ini berkebalikan dengan seni lukis. Pada seni lukis, kanvas putih dan baluran cat telah berpadu menjadi satu kesatuan yang tak bisa dilihat ciri awalnya lagi. Sedangkan istilah biji, sebagaimana yang kita tahu adalah organ penting bagi tumbuhan terkait fungsi reproduksinya. Kolase biji-bijian secara singkat bisa diartikan sebagai seni kolase yang mengandalkan biji tanaman.

Beberapa dari Anda yang mendapatkan tugas dari guru untuk membuat kolase ini, mungkin ingat bagaimana sebuah lukisan dibuat dengan menempelkan banyak biji. Biji-biji tersebut diatur sedemikian rupa sehingga memberikan gambaran dan pola yang sangat menarik, mulai dari kupu-kupu, bunga, sampai potret seseorang. Ciri kolase, yakni masih nampaknya ciri dari komponen biji, begitu terlihat. Anda akan menemukan bagaimana satuan biji-biji tersebut sekaligus medianya masih memperlihatkan ciri awal sebagai satu unit tersendiri.

Sulitkah Membuat Kolase dari Biji-bijian?

CS LemKertas

Pembuatan kolase dari biji sebetulnya sangat sederhana. Tidak dibutuhkan teknik yang rumit bila kita hanya ingin membuatnya saja. Namun memang harus diakui, bahwa tidak mudah supaya produk tersebut terlihat benar-benar artistik. Sama seperti seni menggambar pada dasarnya. Menggambar adalah hal yang mudah dilakukan. Tapi agar hasil gambaran bisa terlihat bagus? Tak semua orang bisa melakukannya. Selain sekedar perlu kecermatan memilih dan menempelkan biji, juga dibutuhkan kreativitas untuk menentukan “lukisan” kolase yang ingin dibuat.

Jenis Kolase dari Biji-bijian

Kita bisa membedakan seni kolase menjadi beberapa kelompok tergantung faktor pembedanya. Misalnya, dari bahan yang dipakai, ada yang memakai biji-bijian hingga kertas foto. Sedangkan dari segi wujudnya, ada kolase 2 dimensi namun ada juga kolase 3 dimensi. Kolase biji-bijian sendiri termasuk dalam kelompok kolase 2 dimensi bila dibuat menyerupai lukisan. Namun sebetulnya, ada juga yang bisa diolah menjadi kolase 3 dimensi.

Bagaimana Cara Membuat Kolase dari Biji?

Mudah saja membuat kolase dari biji. Berikut ini gambaran langkah dasarnya:

  1. Siapkan dulu rancagan kolase biji yang hendak Anda buat. Anda harus tahu dulu gambar yang ingin dibuat, jenis biji yang akan dipakai, jumlah bijinya, dan juga medianya. Media bisa menggunakan kanvas ataupun papan kayu.
  2. Setelah Anda tahu apa saja bahan yang diperlukan, buat dulu sketsa pada media. Sketsa akan membantu Anda memastikan jenis biji tertempel dengan benar dan rapi.
  3. Siapkan dan bersihkan biji. Pastikan juga biji sudah kering semua. Setelah itu, mulailah menempel biji-biji itu sesuai rencana.
  4. Lakukan penempelan sampai semua area tertempeli sesuai rencana.
  5. Selesai!

Tips Membuat Kolase Biji-bijian

  1. Rencanakan dulu gambar dan jenis biji yang hendak dipakai. Jangan pernah melewatkan langkah ini.
  2. Selalu gunakan sketsa untuk hasil yang lebih rapi dan sesuai rencana.
  3. Jangan menggunakan biji yang mudah busuk.
  4. Biji harus benar-benar kering sebelum ditempelkan.
  5. Di mana lem dioleskan? Di biji atau medianya? Jawabannya tergantung. Untuk biji besar yang direkatkan di area dengan space luas, baiknya oleskan di biji dan satu titik pada media di mana biji itu hendak ditempelkan. Tapi, untuk penempelan biji kecil dalam jumlah banyak, maka oleskan langsung lem di medianya.
  6. Hindari menggunakan lem yang bisa menyebabkan glue line.
  7. Agar makin cantik, jangan segan untuk mewarnai biji-biji yang hendak digunakan.
  8. Jangan ragu juga untuk menempelkan bahan tambahan yang tidak terbuat dari biji.
  9. Pastikan lem yang dipakai benar-benar kuat, bukan lem kertas biasa.

Selain Kolase dari Biji, Ada Kolase dari Apa Lagi?
Ada beragam jenis kolase berdasarkan bahan yang digunakan. Misalnya saja yang memanfaatkan tutup botol air mineral, pecahan gelas, sampai potongan foto.

Siapa Seniman Kolase Biji-bijian yang Terkenal?

Ada beberapa nama yang bisa disebutkan. Untuk seni kolase secara umum, salah satunya adalah Henri Matisse, Matisse mulanya adalah seorang pelukis biasa. Namun ia kemudian menekuni tipe kerajinan ini setelah tangannya terserang arthritis yang membuatnya tak lagi bisa melukis dengan baik.

Meraup Keuntungan dengan Kolase dari Biji-bijian?

Kenapa tidak? Sebagaimana seni lukis, produk yang dihasilkan dari kerajinan ini juga bisa begitu menarik. Jelas standarnya harus lebih tinggi dari standar prakarya tatkala kita masih sekolah. Jadi, pasar pun akan tertarik untuk membelinya.

Produk yang dihasilkan juga beragam. Yang paling umum tentu saja hiasan dinding kolase. Wujudnya seperti lukisan namun teknik yang digunakan berlainan.

Apa Lem untuk Membuat Kolase dari Biji-bijian yang Bagus?

Lem yang digunakan dalam pembuatan kerajinan ini akan sangat mempengaruhi kualitas akhirnya. Lem idealnya hadir dengan kriteria ideal seperti memiliki daya rekat yang kuat, tidak mudah rusak, dan yang tak kalah penting, tidak glue line. Banyak lem di pasaran yang sering menyebabkan masalah yang terakhir disebut. Selain lem-lem tersebut tidak kuat dan mudah lepas, lem juga menyebabkan noda kehitaman setelah kering.

Paling baik, lem yang bisa Anda gunakan adalah Ultra Phaethon. Lem ini adalah lem yang didesain khusus untuk kerajinan. Mulai dari daya rekatnya, ketahanannya, sampai efeknya pada estetika sudah diperhatikan baik-baik untuk kebutuhan tersebut. Selain itu, lem ini juga tergolong lem yang hemat dengan harga lebih murah dan pemakaian yang tidak boros dibandingkan adhesive kerajinan yang lain.

Kami Sedia Ultra Phaethon

Lem untuk Membuat Kolase Biji-bijian

Kami juga menyediakan lem Ultra Phaethon bagi Anda yang membutuhkan kebutuhan ini. Anda bisa membeli lem ini di berbagai online shop ataupun di Bio Service Point. Saat ini, Bio Service Point berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan Cirebon. Sedangkan untuk pembelian di online shop, Anda bisa langsung mencari adhesive kami di kotak pencarian marketplace langganan Anda.

Ingin membeli langsung di lemkertas.com? Tentu saja bisa. Dapatkan adhesive ini langsung di lemkertas. Caranya sangat mudah dan secara umum tak berbeda dengan prosedur pemesanan online kebanyakan. Anda hanya perlu memesan lem ini saja via CS kami dan Anda akan dipandu melewati tahapan pemesanan selanjutnya.

Nah, sekiranya, demikianlah informasi yang bisa kami bagikan mengenai kolase dari biji-bijian. Pada akhirnya, kerajinan ini memang sangat menarik dan bisa kita andalkan untuk mendapatkan pemasukan tambahan.

Semoga bermanfaat. Nantikan terus informasi menarik lainnya di lemkertas.com.

CS LemKertas
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here