Krusialnya Fungsi Lem Kayu untuk Finger Joint

651
papan kayu laminasi

Sudah diaplikasikan sejak 50 tahun lalu, finger joint hingga kini masih menjadi unggulan banyak woodworker. Namun tentu saja dalam aplikasi sambungan ini, diperlukan lem kayu untuk finger joint yang sesuai.

Mengenal Finger Joint dan KegunaannyaLem Kayu Untuk Finger Joint

Finger joint merupakan salah satu sambungan yang paling banyak diterapkan di masyarakat. Tipe sambungan ini memiliki keunggulan berupa:

  1. Kekuatan yang ditawarkan
  2. Lebih sedikitnya kayu yang terbuang percuma
  3. Bagi beberapa orang sambungan ini terlihat indah (meski bagi yang lain justru sebaliknya).

Finger joint bisa diaplikasikan pada pembuatan meja, kursi, ranjang, atap rumah, dan berbagai benda serupa lainnya. Penampakannya akan menyerupai jari kita yang diposisikan selang-seling satu sama lain. Dan dari tampilannya itulah nama finger joint berasal.

Peran Penting dari Lem Kayu untuk Finger Joint

Dalam proses pengaplikasikan finger joint, terdapat satu bahan yang sangat wajib digunakan. Bahan tersebut berperan mendukung kestabilan posisi jari finger joint agar lebih kuat dan tidak menimbulkan suara akibat ruang renggang. Bahan tersebut adalah lem.

Lem kayu untuk finger joint berperan dalam berbagai aspek sambungan finger joint. Selain mendukung kekuatan sambungan, lem juga akan memberikan efek pada:Lem Untuk Kayu

  1. Keamanan lem. Sebab tidak semua bahan lem mengandung zat yang sama. Beberapa ada yang sangat aman sedangkan yang lainnya tidak aman.
  2. Contoh lem kayu untuk sambungan ini yang murah adalah Crossbond X3. Dengan biaya Rp. 45.000,- saja, Anda sudah bisa menggunakan bahan ini. Penggunaannya pun sangat hemat karena performanya yang bagus.
  3. Aspek ini terkait sifat lem saat terpapar air, panas, hingga solvent.
  4. Aplikasi metode pengeleman yang paling mudah dilakukan.

Menyadari peran penting lem sebagaimana disebut di atas, tentu menjadi penting juga untuk melakukan pembelian adhesive dengan hati-hati. Pilihlah dengan cermat agar mendapat bahan perekat yang sesuai kebutuhan. Adhesive yang masih kami sarakan sendiri adalah Crossbond X3. Lem polyvinyl acetate termodifikasi tersebut akan menjadi lem kayu untuk finger joint terbaik Anda!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here