Info Lengkap Jenis, Harga, Model, dan Tips Membeli Meja!

494
meja makan nautical

Mau beli meja? Atau malah ingin membuat meja? Simak lengkap ulasan tim lemkertas.com mengenai furniture tersebut di artikel ini.

Pengertian Meja

Merupakan salah satu jenis furniture dengan fungsi utama untuk meletakkan barang dan ciri utama memiliki bagian permukaan yang lebih luas di bagian atas. Produk ini biasa dipasangkan dengan kursi tapi beberapa juga hadir dalam set tersendiri. Pemakaiannya telah dilakukan sejak dulu kala dan karenanya pada berbagai kebudayaan kita bisa mendapati tipe yang berbeda-beda sesuai budaya masyarakat tersebut.

Fungsi

Sebagai tempat untuk meletakkan barang, kini meja dan (sebetulnya) berbagai furniture lainnya memiliki fungsi tambahan untuk memperindah ruangan. Produk ini banyak dibeli karena bentuknya yang bagus, warnanya yang menarik, sampai kecocokannya dengan desain interior ruangan yang diterapkan. Sebagai peletak barang sendiri, produk ini bisa dipakai untuk:

1. Meletakkan makanan, minuman, dan berbagai sajian lainnya
2. Meletakkan hiasan atau dekorasi seperti vas bunga dan bingkai foto
3. Mengerjakan berbagai pekerjaan seperti untuk belajar, memotong makanan, hingga untuk mengerjakan teknis seperti untuk menjahit

meja

Bagian

Secara umum, produk ini memiliki bagian yang standard an bagian tambahan. Bagian standar meja terdiri atas bagian atas yang lebar, apron, dan kaki meja. Apron adalah bagian meja di mana kaki dan bagian atas disatukan. Namun saat ini, banyak meja yang kerap dibuat tanpa apron dengan modifikasi tertentu.
Selain bagian-bagian standar tersebut, furniture ini juga memiliki bagian spesifik yang biasanya menunjang fungsi khusus sesuai tujuan pembuatan produk itu sendiri. Contohnya:

1. Pada computer desk, selain ada kaki dan bagian atas, juga seringkali ditemukan tempat untuk keyboard dan CPU.
2. Pada study desk, sering ditemukan tempat untuk meletakkan buku hingga tas sekolah
3. Pada tv stand atau meja TV sering ditemukan bagian untuk meletakkan aneka CD hingga tempat remote.

Jenis Meja

Berdasarkan Fungsinya

Ada banyak sekali jenis furniture ini bila kita bedakan dari fungsinya. Ada meja untuk makan, ruang tamu, komputer, untuk belajar, dan masih banyak lagi yang tak bisa disebutkan satu-per satu.

Berdasarkan Bentuknya

Berdasarkan bentuknya, produk ini bisa dibedakan menjadi bentuk-bentuk yang biasa seperti kotak, bundar, hingga persegi. Namun ada juga produk yang memiliki bentuk abstrak, misalnya meja yang dibuat dengan desain postmodern.

Berdasarkan Bahannya

Berdasarkan bahannya, kita bisa membedakan meja yang terbuat dari:

1. Kayu solid, misalnya kayu jati, mahoni, hingga pinus
2. Kayu olahan seperti MDF dan HDF
3. Gelas dan kaca
4. Marmer
5. Fosil kayu
6. Berbagai jenis logam, misalnya stainless steel
7. Plastik dan bahan sejenisnya
8. Kombinasi dua atau lebih dari berbagai bahan di atas.

Berdasarkan Letaknya

meja komputer sudut
meja komputer sudut

Berdasarkan peletakannya ada setidaknya 3 jenis table yang bisa dibedakan. Yang pertama adalah produk yang diletakkan di pinggir. Dalam bahasa Inggris produk seperti ini biasa disebut corner table. Berikutnya ada yang diletakkan seperti teater, misalnya TV stand. Terakhir ada pula yang diletakkan di tengah ruangan, misalnya saja dining room table.

Aneka Contoh Model Meja

Trend pembuatan meja telah hadir bersama dengan style desain yang sangat beragam. Beberapa contohnya antara lain:

1. Style minimalisme
2. Modern
3. Post modern
4. Kontemporer
5. Eropa klasik seperti renaissance
6. Beach dan nautical
7. Farmhouse
8. Shabby chic
9. Oriental (baik Jepang atau Tiongkok)
10. Tradisional Indonesia
11. Kolonial
12. Art Moderne
13. Art Nouveau
14. Arabian
15. Bohemian

meja makan decoupage pallet

Selain kelima belas style desain di atas, masih banyak lagi model yang tak bisa disebut satu per satu. Tiap produk biasanya punya ciri khas tersendiri yang membuatnya menarik karena hadir dengan tema yang kuat dan jelas.

Berapa Harga Meja?

Harga produk ini sangat bervariasi. Rentang harga produk paling murah dengan harga produk paling mahal juga bisa sangat jauh. Ada produk yang bisa didapat dengan harga belasan ribu saja hingga ada juga yang dihargai puluhan bahkan mungkin ratusan juta rupiah. Contoh yang murah adalah meja lipat anak untuk belajar. Sedangkan produk yang mahal umumnya dikarenakan faktor jenis material yang dipakai sampai keantikan produk tersebut. Makin antik suatu barang secara umum harganya pun akan semakin meningkat.
Apa yang Perlu Dipertimbangkan Saat Membeli Meja?
Ingin membeli produk ini? Bila iya, pertimbangkanlah beberapa hal krusial di bawah ini:

1. Perhatikan fungsi produk tersebut. Bukan cuma jenis produk, tapi sesuaikan dengan komponen yang ada. Misalnya, Anda hendak membeli study desk, perhatikan bagian untuk menempatkan buku dan lainnya. Pertimbangkan kira-kira Anda membutuhkan bagian tersebut atau tidak.
2. Kebanyakan produk dari jenis furniture ini dibuat dari kayu. Finishingnya pun sering finishing solid atau natural transparent. Padahal ada banyak jenis finishing menarik yang bisa diterapkan. Jadi, kala Anda membeli jangan terpaku pada yang itu-itu saja. Contoh finishing menarik yang tak biasa adalah rustic, patina, whitewash, hingga shabby chic.
3. Perhatikan material pembuatnya, sesuaikan dengan harga dan tingkat kualitas yang Anda butuhkan.
4. Perhatikan ukuran dan bentuk meja, lalu sesuaikan dengan ruangan di mana produk tersebut akan ditempatkan.
5. Perhatikan keberadaan kursi. Apakah tersedia kursi atau Anda harus membeli produk kursi itu sendiri? Tak selamanya Anda membutuhkan kursi. Kalau misalnya kursi di rumah masih bagus, kenapa harus membelinya lagi?

Apa yang Perlu Dipertimbangkan saat Membuat Meja?

Tips di atas, kami tujukan bagi pembaca yang ingin membeli furniture ini. Lantas bagaimana dengan yang ingin membuat produk tersebut sendiri, entah untuk kebutuhan pribadi atau untuk dijual? Nah, secara khusus kami sajikan tips-tips di bawah ini yang tak kalah bermanfaatnya dengan aneka tips di atas.

1. Kalau Anda masih awam dalam membuat meja, buat dulu produk dengan bentuk standar berupa bagian atas, apron, dan kaki.
2. Pelajari wood joint yang dibutuhkan untuk membuat produk ini.
3. Jangan cuma memaku. Pemakuan kurang stabil dan membutuhkan dukungan lem pada sambungan yang diterapkan. Untuk lemnya sendiri, pilih lem kayu dan furniture yang kuat.
4. Setelah Anda mahir, bereksperimenlah dengan bentuk produk yang tak biasa sampai pemakaian material yang jarang digunakan seperti bonggol ataupun kayu pallet (kayu peti kemas). Anda juga perlu mencoba membuatnya dari kayu olahan seperti MDF dan HDF. Kedua bahan ini bisa membuat mebel jauh lebih murah.
5. Pelajari berbagai jenis finishing yang menarik. Situs rekomendasi kami untuk belajar aneka tipe finishing adalah catkayu.com.
6. Khusus untuk finishing kayu olahan, pelajari cara finishing tempel dan pastikan untuk memakai lem yang baik seperti Eva Phaethon.
7. Pelajari berbagai teknik untuk membuat produk lebih menarik mulai dari mengukirnya, melukisnya, sampai menerapkan decoupage.

lem eva phaethon

Nah, demikianlah pembahasan kali ini mengenai meja. Berikutnya, kami akan mengulas tuntas produk serupa lainnya dengan berbagai tips bermanfaat untuk pembaca. Semoga bermanfaat ya. Nantikan terus artikel kami selanjutnya di lemkertas.com.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here