Ini Cara Menghias dan Menjaga Meja Dispenser agar Lebih Berkualitas

679
dispenser stand

Digunakan untuk menopang benda berat, tentu kita harus punya kiat tersendiri untuk menjaga meja dispenser. Hal apa saja yang bisa kita lakukan pada meja ini? Simak penjelasannya sebagai berikut.

Apa itu Meja Dispenser?

Dari berbagai aspek yang bisa digunakan untuk mengategorikan meja, aspek fungsi adalah aspek yang paling pokok. Berdasarkan fungsinya, kita mengenal meja dengan berbagai rupa dan bentuk. Misalnya saja meja untuk tempat dispenser. Meja seperti ini, sebagaimana namanya, merupakan meja untuk meletakkan dispenser. Meja dibuat secara khusus agar pas dengan bentuk alat minum tersebut. Kehadiran meja ini dulunya memang tak begitu diperhatikan. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu di mana masyarakat hampir selalu menggunakan dispenser demi kepraktisan, maka mejanya pun ikut populer digunakan di rumah-rumah Indonesia.

Prospektifkah Menjual Meja Dispenser?

Bagi pelaku usaha mebel sendiri, sejatinya fenomena ini merupakan sebuah peluang tersendiri. Apalagi, proses pembuatan meja juga tak memakan waktu lama. Demikian juga biayanya. Jadi, proses penjualanmeja ini juga tidak akan menyulitkan Anda.

Dari sudut pandang konsumen pun, produksi meja dispenser yang meningkat jelas merupakan sebuah kabar gembira. Dengan semakin banyaknya produk sejenis yang dijual di pasaran, harga produk biasanya akan turun. Karena itu, jangan segan untuk membeli meja ini. Namun ingat, belalilah dengan hati-hati. Harus ada kiat-kiat tersendiri yang Anda gunakan tatkala hendak membeli meja untuk dispenser. Berikut ini beberapa di antaranya.

Bagi Calon Pembeli: Tips untuk Mendapatkan Meja Dispenser

  1. Pastikan meja benar-benar kuat. Sebab, meja tersebut nantinya akan digunakan untuk menopang beban berat setiap harinya.
    Pastikan bahan meja tidak mudah rusak terkena air.
  2. Tentukan jenis meja untuk dispenser yang sesuai, apakah meja yang tinggi atau meja dengan ukuran mini. Pastikan meja mampu meningkatkan kenyamanan saat kita menggunakan dispenser untuk mengambil minum.
  3. Perhatikan model meja tersebut. Belilah produk meja yang didesain dengan gaya yang sesuai dengan desain di rumah Anda.
    Perhatikan harga produk. Idealnya, harga yang dipasang sebanding dengan kualitas yang dijual.

Agar Meja Dispenser Lebih Baik

Membeli meja untuk dispenser adalah suatu kegiatan tersendiri. Nah, bagi Anda yang sudah memiliki meja ini, rawatlah dengan baik. Berikut ini kami punya tips khusus untuk Anda yang ingin membuat meja selalu dalam kondisi terbaiknya.

Gunakan Kaos Kaki di Meja Dispenser

Dispenser table adalah mebel yang menopang beban berat. Meja ini kadang kala berupa meja tinggi yang diletakkan di lantai. Namun, kadang juga berupa meja mini yang diletakkan di meja yang lebih besar. Karena menahan beban berat, kaki meja sebenarnya harus diatasi dengan khusus. Apalagi ketika meja diletakkan di atas furniture lainnya. Misalnya saja dengan menggunakan kaos kaki furniture. Kaos kaki furniture biasanya berupa kain tebal dengan bentuk seperti kaos kaki yang dipakaikan di kaki meja. Gunanya adalah untuk mencegah gesekan yang bisa menyebabkan kerusakan. Bagi Anda yang memiliki rumah dengan lantai kayu, ada baiknya meja dipasangi dengan kaos kaki seperti ini. Jadi, mebel yang diletakkan di atas lantai kayu, seperti meja wadah dispenser, tidak akan menyebabkan baret di parket atau decking.

kaus kaki meja
kaus kaki meja

Siapkan Taplak dan Kain Lap Selalu

Tips kedua ini untuk menjaga agar meja dispenser tidak mudah rusak. Caranya sangat sederhana tapi kerap diabaikan orang, yakni dengan menyiapkan kain lap atau bahkan taplak. Hal ini penting, terutama bila di rumah terdapat anak-anak yang masih kurang hati-hati saat menggunakan dispenser. Paparan air dari dispenser bisa mengenai meja dan merusaknya secara perlahan-lahan. Bila meja tersebut terbuat dari kayu, meja lama-lama bisa membusuk. Warna catnya juga bisa memudar dan tidak menarik lagi. Sedangkan bila meja tersebut terbuat dari logam, paparan air dikhawatirkan bisa menyebabkan oksidasi atau pengkaratan. Karena itulah, untuk menjaga supaya meja ini tidak mudah rusak akibat eksposi air, diperlukan antisipasi sejak dini. Misalnya segera mengelap meja apabila basah terkena air. Kain lap bisa diletakkan di sekitar meja agar orang yang menggunakan dispenser dan tak sengaja menumpahkan air bsa membersihkannya.

tempat tissue
Siapkan tissue untuk mengelap

Hias dengan Tali atau Decoupage

Bagi Anda yang ingin membuat meja dispenser lebih menawan, Anda bisa menghiasnya dengan teknik decoupage. Decoupage adalah metode khusus menghias produk dengan menempelkan gambar yang dirasa menarik menggunakan lem Ultra Phaethon. Selanjutnya, agar gambar terlihat menyatu dengan produk, diaplikasikan cat bening atau clear coat. Pemakaian cat bening ini sekaligus juga untuk melindungi gambar supaya tidak mudah lepas.

Teknik ini dapat Anda lakukan sendiri, atau Anda lakukan untuk usaha penjualan meja dispenser. Kualitas akhirnya, ditentukan oleh cara kerja Anda. Kecermatan dan ketelatenan dalam aplikasi decoupage pasti akan membuat meja semakin menawan. Selain itu, pilih juga gambar dari napkin decoupage yang bagus. Anda bisa memilih beragam gambar mulai dari gambar bunga, kupu-kupu, pemandangan, gambar potret orang dan masih banyak lagi.

Selain decopage, meja dispenser juga bisa dihias dengan tali. Caranya sangat sederhana. Anda tinggal melilitkan saja tali di sekeliling kaki meja tersebut. Gunakan Ultra Phaethon agar lilitan tersebut stabil. Agar terlihat semarak, Anda bisa memilih menggunakan tali dengan warna yang berbeda.

meja decoupage

Mudah, bukan? Kedua cara ini juga tidak membutuhkan biaya besar sama sekali. Jadi selain menawan, Anda juga tak perlu menghabiskan banyak dana.

Gunakan Lem Kuat yang Tahan Air

Tips terakhir ini khusus untuk Anda yang bekerja memproduksi meja dispenser, yakni mengenai pemakaian lem yang kuat. Mengapa demikian? Tentu saja dikarenakan fungsi meja ini yang dipakai untuk menopang beban yang berat. Ingat, pemakaian kayu saja tidak akan cukup. Kekokohan furniture ditentukan oleh berbagai aspek. Selain kayunya, area sambungan juga memainkan peran penting. Area sambungan adalah area di mana berbagai komponen meja bertemu dan mendukung fungsi utama meja. Adanya kelemahan pada area sambungan bisa menyebabkan meja menjadi tidak kokoh.

Kekuatan area sambungan sendiri dipengaruhi setidaknya oleh dua hal. Pertama, tipe sambungan yang diterapkan. Kedua, penyambung yang digunakan. Khusus untuk penyambung jenis lem, kami punya tips tersendiri untuk Anda. Lem yang bagus untuk membuat tipe meja dengan beban berat seperti ini haruslah:

Memiliki daya rekat yang sangat baik
Ikatan lem yang stabil dan tidak mudah lepas
Ikatan lem tidak mudah rusak ketika terpapar air, kelembaban, ataupun solvent
Selain itu, lem hendaknya juga dipilih berdasarkan aspek kualitas lem secara umum. Misalnya saja, kecepatan kering lem, kemudahan pemakaiannya, hingga tingkat keamanannya. Terkait tingkat keamanan ini, Anda harus memperhatikannya dengan cermat, sebab produk meja dispenser ini nantinya dipakai untuk meletakkan dispenser yang mana merupakan alat untuk konsumsi air.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here