Decoupage pada Kayu agar Usaha Furniture Anda Lebih Disuka

566
decoupage kayu

Ingin membuat usaha furniture Anda lebih inovatif dan kreatif? Mudah sekali lho caranya. Anda bisa menerapkan decoupage pada kayu supaya berbagai mebel Anda terlihat lebih menarik. 

decoupage kayuTeknik kerajinan seperti decoupage bisa diterapkan pada berbagai furniture hingga craft dengan tujuan membuat berbagai produk tersebut terlihat lebih menarik. Cara ini juga bisa menjadi solusi bagi pembuat mebel yang ingin menghasilkan produk dengan tampilan berbeda. Apalagi dengan maraknya usaha mebel yang saat ini terus bertambah. Tanpa ada inovasi pada produk yang kita buat, apa yang bisa kita andalkan di mata pelanggan?

Aplikasi decoupage juga menawarkan cara yang lebih mudah dengan hasil memuaskan. Pada teknik ini, Anda tak perlu memiliki keahlian mengukir yang harus dilakukan dengan telaten dalam waktu lama. Teknik decoupage yang pada dasarnya adalah teknik penempelan akan membuat furniture terlihat sangat cantik dengan cara sangat mudah, yakni:

1. Persiapan furniture yang ingin didecoupage

2. Pengeleman kertas decoupage khusus atau kertas koran maupun majalah dengan gambar menarik

3. Penggunaan top coat atau clear varnish di atas kertas yang sudah ditempelkan

Sangat sederhana bukan? Tapi agar produk Anda terlihat semakin menarik, simak tips-tips di bawah ini.

Tips Decoupage pada Kayu Supaya Lebih Menarik

Pastikan Kayu sudah Kering dan Bersih

Usahakan kayu benar-benar kering dan bersih sebelum ditempeli kain maupun kertas decoupage. Bila perlu gunakan pembersih khusus, kemudian keringkan dalam waktu lama. Pasalnya, bila kayu masih basah, bisa-bisa kelembaban yang tersimpan dalam kayu akan naik ke permukaan dan menyebabkan lem kurang kuat.

Gunakan Lem Ultra Phaethon

Jangan sembarangan menggunakan lem untuk kerajinan decoupage pada kayu! Tidak semua lem cukup kuat untuk perekatan decoupage. Selain itu, ada kalanya lem menimbulkan warna ketika bercampur dengan clear varnish. Jadi, pilihlah lem yang kuat, tahan lama, serta warnanya tidak merusak produk. Produk yang kami sarankan sendiri ialah Ultra Phaethon. Dibanding adhesive lainnya yang bisa digunakan untuk decoupage, Ultra Phaethon secara umum lebih kuat, tahan lama, dan warnanya tidak merusak. Harga lem ini juga sangat kompetitif.

Gunakan Clear Varnish yang Tidak Yellowing

Terdapat berbagai jenis dan merk clear varnish di pasaran. Produk ini juga sering disebut sebagai top coat karena biasanya diaplikasikan pada tahap akhir finishing. Untuk decoupage sendiri, pilihlah top coat atau clear varnish yang:

1. Water based atau berbasis air sehingga tak berbau

2. Tidak yellowing dan benar-benar bening

3. Tingkat kilau sesuai tema4. Tahan lama dan kuat

Pilih Gambar yang Bagus sesuai Pasar Target

Gambar yang Anda tempelkan akan sangat berpengaruh pada keindahan akhir produk. Saran kami, gunakanlah gambar yang sesuai target pasar Anda. Misal, bila Anda menjual rak maupun meja belajar untuk mahasiswa perempuan, pilih gambar dengan tema floral atau bebungaan klasik. Sedangkan bila target pasar Anda adalah anak-anak, andalkanlah gambar-gambar kartun!

decoupage pada kayu

Demikian tips dari kami untuk decoupage pada kayu yang lebih indah. Semoga bermanfaat untuk usaha furniture Anda. Nantikan terus informasi seputar decoupage di lemkertas.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here