Ingin Buka Usaha Decoupage? Baca Dulu Tutorial Decoupage Indonesia Ini

1070
kaleng decoupage vas bunga

Trend pembuatan craft seperti decoupage kian hari kian menjanjikan. Apalagi dengan trend belanja online belakangan ini. Siapapun bisa membuat dan memasarkannya. Nah, kalau Anda salah satu dari orang yang ingin membuka usaha kerajinan ini, informasi di bawah akan sangat penting Anda simak. Kami merangkum tutorial decoupage Indonesia ini langsung dari mereka yang sudah senior membuat kerajinan tersebut.

Alat dan Bahan

kaleng decoupage vas bunga

Sebelum menuliskan daftar alat dan bahan yang dibutuhkan, harus dimengerti dulu apa yang dimaksud dengan decoupage. Secara umum, kerajinan ini adalah kerajinan “menempelkan lembaran (baik kertas atau kain) pada sebuah media, lalu difinishing dengan coating. Coating yang digunakan biasanya bening (pernis) dengan tingkat kilau beragam. Setelah jadi, kita bisa menghiasnya dengan berbagai macam aksesori mulai dari renda-renda, pita, dan berbagai aksesori menarik lainnya. Selengkapnya, berikut alat dan bahan yang dibutuhkan:

1. Napkin decoupage atau bahan lain sejenis baik dari kertas atau kain biasa.

2. Lem. Kami sarankan menggunakan lem yang memang cocok untuk kerajinan ini seperti Ultra Phaeton.

3. Coating clear varnish.

4. Cat warna (opsional) bila Anda ingin mengecat dasaran medianya dulu.

5. Amplas (untuk decoupage pada kayu).

6. Pembersih media, misalnya cuka untuk media kaca.

7. Kuas berbagai ukuran.

8. Alat tulis

9. Gunting atau cutter.

Langkah-langkah Tutorial Decoupage Indonesia

Setelah semua alat dan bahan tersedia, Anda bisa mulai mengerjakan kerajinan yang Anda inginkan. Tapi sekali lagi, metode yang digunakan sebenarnya sangat beragam meski secara umum prinsipnya sama saja.

Pembersihan dan Pengeringan Media

Sebelum didecoupage, pastikan dulu media sudah bersih dan kering. Misal, bila media Anda kayu, lakukan pengamplasan dulu. Sedangkan bila medianya berupa gelas, Anda bisa menggunakan cuka kemudian dikering anginkan.

Penempelan Kain atau Kertas Bermotif

Tempelkan napkin decoupage atau bahan serupa lainnya pada media. Gunakan lem yang memang didesain untuk kebutuhan ini seperti lem Ultra Phaeton.

Aplikasi Coating

Aplikasikan pernis bening setelah lem mengering. Setelah itu, amplas hingga permukaannya rata. Ulangi langkah ini hingga mendapat kilau dan kehalusan yang diinginkan.

Tips: Beli clear varnish Bio Industries yang dilarutkan dengan air sehingga tak berbau. Clear varnish ini juga memiliki kejernihan sangat bagus dan sangat tahan lama.

Pemberian Aksesori (Opsional)

Agar terlihat lebih menarik, beri tambahan bunga, pita, atau renda pada decoupage Anda. Misalnya pada toples, Anda bisa mengikatkan pita berenda yang cantik. Atau pada vas bunga, Anda bisa menambahkan tempelan kain flannel berbentuk love atau cinta.

decoupage bagus

Setelah langkah pemberian aksesori di atas, bisa dibilang Anda selesai membuat produk decoupage. Dari sini, nantinya Anda bisa mengaplikasikan langkah-langkah di atas pada toples kaca, toples kaleng, furniture, dan berbagai benda lainnya.Mudah bukan? Semoga bermanfaat ya tutorial decoupage Indonesia ini!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here