Baca Ini Dulu Sebelum Beli Meja Portable!

543
meja portable (3)

Tak seperti yang disangka orang bahwa portable desk hanya meja belajar untuk anak-anak, sebetulnya banyak ragam produk serupa. Misalnya saja untuk digunakan berjualan sampai untuk mengisi taman. Nah, bagi Anda yang hendak membeli produk ini, atau Anda justru produsen perabot terkait, yuk simak dulu beberapa informasi super penting di bawah ini.

Apa itu Meja Portable?

Singkatnya portable desk atau table adalah meja yang didesain sedemikian rupa sehingga bentuknya bisa ditata lebih ringkas. Salah satu produk dari jenis ini yang paling terkenal adalah meja belajar lipat untuk anak-anak atau mahasiswa. Meja-meja seperti ini umumnya didesain khusus sehingga kakinya bisa dilipat. Setelah itu, meja akan tampak seperti papan yang diberi cantelan sehingga bisa dibawa ke mana-mana. Desainnya sendiri dibuat menarik. Misalnya saja memanfaatkan gambar kartun karena pangsanya memang anak kecil.

Tapi apakah semua meja portable hanya berupa meja belajar anak? Jawabannya tidak. Selain meja lipat, kesemua meja yang dapat diringkas atau dilipat sehingga memudahkan di bawa ke mana-mana termasuk dalam kategori perabot ini. Contohnya portable furniture untuk berjualan, untuk garden furniture, hingga untuk kebutuhan mereka yang harus sering berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Bisa dikatakan, kalau meja minimalis dan klasik dibedakan atas desain dan gayanya, meja seperti ini dibedakan berdasarkan fungsinya. Ia secara khusus dibuat dengan menambahkan additional feature agar memudahkan dipindah antar tempat.

Untuk Apa Gunanya?

Sebagaimana disebut di atas, meja seperti ini dibuat secara khusus agar mudah digunakan. Fungsi spesifiknya sendiri tergantung pada tiap produk itu sendiri. Contohnya:

Furniture Garden

Diletakkan di kondisi eksterior, baik itu di taman yang lembab atau area kering yang gersang adalah “ancaman” untuk keawetan aneka produk mebel. Karena itu, banyak pengguna yang rajin memindahkan perabotnya terutama saat terjadi kondisi ekstrim. Misalnya hujan yang terus menerus mengguyur sampai terik mentari yang terlalu panas. Ada pula yang kadang memanfaatkan pelindung khusus untuk mebel kebun.
Tapi memindah-mindahkan mebel taman bukan sebuah perkara mudah. Secara umum, ukuran garden furniture lebih besar dibanding mebel indoor. Tenaga dan waktu juga akan terbuang sia-sia bila kita harus selalu memindahkan mebel seperti ini.

Adanya meja portable serta furniture garden portable lainnya akan mempermudah pekerjaan Anda. Mebel seperti ini memang didesain mudah dijinjing dan dibawa kemana-mana.

meja 1

 

Untuk Piknik

Bertamasya pasti akan makin asyik dengan meja lipat kecil dan alas bersih serta bekal makanan yang banyak. Meja lipat untuk piknik sendiri tergolong sebagai salah satu portable furniture. Ia akan membuat acara outdoor Anda di taman kota atau tempat piknik menjadi makin mudah dan menyenangkan.

meja portable (2)

Meja Lipat untuk Belajar

Meja lipat untuk belajar adalah salah satu portable desk paling banyak dikenal orang. Furniture ini pun harganya terjangkau dan senantiasa hadir dengan berbagai warna serta gambar sangat menarik.

meja lipat

Meja Lipat untuk Berjualan

Food truck dan berbagai cara berjualan sekarang ini makin menjadi trend. Untuk kebutuhan berjualan seperti ini, meja portable sangat dibutuhkan. Apalagi bila Anda memang sering berpindah tepat. Tentu akan lebih enak bukan bila punya meja serta kursi sendiri yang bisa dipakai untuk melayani tamu tapi tetap bisa dibawa kemana-mana?

 

Meja Lipat untuk yang Sering Pindah

Beberapa di antara kita sering harus berpindah tempat. Nah, bagi Anda yang berada dalam situasi ini, keberadaan meja lipat jelas akan memudahkan kondisi Anda tersebut.

Mana Meja Portable yang Harus Dipilih?

Contoh di atas hanya beberapa dari berbagai contoh portable table. Mana yang harus dipilih dan dibeli? Jawabannya tergantung pada kebutuhan Anda. Pilihlah yang sesuai untuk kebutuhan. Misalnya, untuk garden furniture, pilih yang didesain untuk outdoor. Sedangkan untuk berjualan, pilih yang pola, warna, dan desainnya cocok dengan pangsa pasar Anda. Untuk pangsar pasar anak muda, gunakan warna anak muda. Demikian pula bila pangsa pasar Anda keluarga, pilihlah yang sekiranya memberikan kesan hangat untuk keluarga.

Meja Portable dengan Aneka Desain Menarik

Desk atau portable table telah hadir dengan berbagai desain menarik. Jadi bagi Anda yang hendak membeli produk tersebut, selain memperhatikan fungsinya, perhatikan juga desain, warna, dan gambar yang diaplikasikan.

Jangan salah. Ada banyak sekali desain dan gaya yang tersendia. Misalnya saja desain vintage, shabby chic, futuristic, simpel, hingga natural. Selama ini, memang kebanyakan produk yang beredar kurang variatif. Tapi kalau Anda mau memilih lebih cermat lagi, Anda bisa menemukan produk dengan tampilan yang paling tepat.
Bagi produsen sendiri, aplikasi desain dan warna yang menarik juga perlu diupayakan. Toh bagaimanapun juga, salah satu aspek yang diperhatikan pembeli pastilah mengenai keindahan meja yang Anda jual.

meja lipat vintage

Tips untuk Produsen Meja Portable: Gunakan Adhesive yang Tepat!

Selain menerapkan warna yang bagus, perhatikan juga berat produk yang dijual. Secara umum portable desk idealnya ringan sebab fungsi yang ditonjolkan adalah kemudahannya dipindah ke berbagai tempat. Kalau produk tersebut berat, jelas jadi susah dipindah bukan?
Untuk membuat meja yang tidak berat, kayu-kayu yang dipakai haruslah ringan. Misalnya saja kayu-kayu olahan. Pemakaian kayu olahan juga sangat murah dan karenanya dapat memangkas biaya produksi. Apalagi pangsa pasar meja seperti ini pun pasti membeli produk tersebut dari aspek harga. Misalnya meja lipat untuk anak-anak. Banyak yang membeli produk tersebut karena harganya yang terjangkau.

meja lipat hpl

Akan tetapi, pemakaian kayu olahan membawa konsekuensi baru: finishing dengan cat akan sulit dilakukan. Engineered wood karena terbuat dari serpih sampai partikel kayu memang tak lagi seperti kayu solid. Secara umum daya serap terhadap cairannya sangat tinggi. Akibatnya, penggunaan cat yang cair akan begitu boros sekaligus kurang bagus. Warna harus diterapkan berkali-kali, itupun hasilnya tak akan maksimal. Pemakaian dempul bisa mengatasi masalah ini, tapi dempulnya pun harus diaplikasikan banyak. Itupun, warna yang bisa dipilih terbatas pada warna solid color.

Agar tidak mendapat berbagai kerumitan di atas, pengrajin dapat memanfaatkan pelapis seperti High Pressure Laminate, PVC, dan aneka coating lainnya. Pelapis seperti ini berbentuk lembaran tipis yang didesain dengan aneka pola mulai dari pola kayu, granit dan bebatuan, warna pastel, hingga gambar bunga-bungaan. HPL akan menjadi pelapis terbaik untuk berbagai meja portable dari kayu olahan.

Untuk menerapkan HPL, dibutuhkan suatu lem khusus. Lemkertas.com merekomendasikan pemakaian Eva Phaethon untuk kebutuhan tersebut. Lem ini sangat aman digunakan, mudah dipakai, kuat, dan sangat tahan lama. Eva Phaethon juga dibuat khusus untuk perekatan beda karakter. Bagi pengrajin, pemakaian Eva Phaethon juga akan menghemat ongkos produksi karena harganya yang sangat terjangkau.

Nah, itulah sekiranya pembahasan kali ini mengenai meja portable. Intinya, belilah produk sesuai kebutuhan Anda dengan desain yang menarik. Bagi produsen, pertimbangkan untuk aplikasi finishing tempel menggunakan HPL serta lem Eva Phaethon!

Semoga bermanfaat.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here