Kursi Kantor, Temukan Segala Informasinya di Sini!

578
kursi kantor

Apa itu kursi kantor? Apa saja jenisnya, dan berapa harga mebel ini? Yuk, simak sejelas-jelasnya mengenai office chair di lemkertas.com.

Pengertian Kursi Kantor

Bila Anda ditanya, apa itu office chair atau kursi untuk kantor, apakah produk yang seketika ada di bayangan Anda? Apakah Anda membayangkan kursi yang bisa diputar dengan sandaran tinggi dan berwarna hitam? Atau Anda membayangkan jenis kursi lainnya? Kebanyakan orang, saat mendengar istilah office chair akan langsung membayangkan kursi bersandaran panjang, warna hitam, dan bisa diputar.

Dari pengertiannya sendiri, sebenarnya kursi seperti ini bisa diartikan sebagai segala jenis mebel berjenis kursi yang digunakan untuk menunjang kegiatan kantor. Kursi tersebut, sudah sejak awal dibuat untuk kebutuhan kantor. Jadi, ia bukan sembarang kursi yang tiba-tiba dibawa ke kantor lalu digunakan oleh karyawan. Ada beberapa ciri khusus yang membuat kursi ini lain daripada kursi yang kita kenal. Apalagi, pada dasarnya proses pembuatan mebel memang selalu memiliki tujuan khusus. Dan dari tujuan inilah, mebel dibuat dengan ciri-ciri tersendiri.

Kursi kantor sendiri memiliki ciri khas:

  1. Sejak awal dibuat untuk kebutuhan kantor
  2. Biasanya, merupakan kursi portable dengan roda di bawahnya
  3. Kursi dibuat dengan sandaran tinggi dan dudukan yang nyaman untuk mendukung kerja karyawan
  4. Tinggi kursi disesuaikan dengan tinggi meja kantor dan kebutuhan khusus. Misal, untuk meja komputer, jelas tinggi kursinya harus disesuaikan agar tingginya cocok untuk aktivitas menggunakan komputer
  5. Kadangkala hadir dalam satu set bersama dengan office table (meja kantor)

Task-Chair

Fungsi Kursi Kantor

Sebagaimana disebut di atas, mebel seperti ini memiliki tujuan untuk mendukung kegiatan kantor. Kursi bisa dipakai oleh karyawan saat melakukan pekerjaannya, beristirahat, rapat, dan melakukan berbagai hal lain yang terkait dengan aktivitas kantor. Tak jarang, kursi juga digunakan untuk menerima tamu kantor yang bertandang. Namun, tipe kursi ini umumnya bukan kursi staff, melainkan sofa biasa yang diletakkan untuk menjamu para tamu.

Harga Office Chair

Harga kursi ini sangat beragam di pasaran. Namun secara umum, harga kursi kantor tergolong mahal. Oleh sebab itulah, banyak di antara kita yang kemudian mencari alternatif dengan cara membeli kursi office bekas. Harga kursi yang bekas memang lebih murah. Tetapi tentu saja, estetika dan kekokohan kursi second tersebut tak sebaik kursi yang baru.

Mahalnya harga kursi seperti ini sendiri dipengaruhi beberapa faktor, antara lain:

  1. Produk yang masih import sehingga menjadi mahal karena ongkos kirim sampai pajak yang diberlakukan
  2. Biaya produksi kursi yang mahal. Misalnya, karena komponen dan material pembuat kursi masih harus diimport
  3. Bahan atau material yang dipakai mahal
  4. Struktur yang memang rumit dan kompleks yang menyebabkan proses pembuatan tidak mudah dilakukan

Hal-hal seperti itulah yang menyebabkan harga office chair menjadi tinggi. Namun sejatinya, kursi tetap bisa dibuat dengan harga lebih terjankau. Harus ada beberapa kiat yang dilakukan. Misalnya saja menerapkan desain dan model kursi yang sederhana. Kursi tetap dibuat nyaman tetapi modelnya tidak dibuat sekompleks kursi office yang biasa. Kedua, penggunaan material yang lebih murah. Misalnya, di beberapa elemen kursi non struktural, kayu olahan bisa digunakan. Harga kayu olahan yang murah pasti akan membuat mebel Anda lebih terjangkau.

Jenis-jenis Kursi Kantor

Didesain sebagai kursi untuk menunjang kegiatan di kantor, terdapat beberapa jenis atau varian dari mebel ini. Tiap varian tentu memiliki fungsi spesifik sendiri-sendiri yang tak bisa disamakan. Berikut ini beerapa contoh office chair atau kursi untuk kantor.

Kursi Rapat

kursi rapat hpl
kursi rapat hpl

Kursi rapat adalah kursi yang didesain secara spesifik untuk kegiatan rapat. Seperti yang kita tahu, saat rapat, kita diharapkan untuk berkonsentrasi mendengarkan dan mengikuti kegiatan tersebut. Karenanya, kursi ini harus benar-benar nyaman digunakan. Kursi seringkali juga tidak dibuat dengan roda atau non portable. Sebab, pada kegiatan seperti rapat, jelas mobilitas peserta secara fisik tidak begitu diharapkan.

Kursi Ergonomik

kursi ergonomik

Jenis kursi kantor berikutnya adalah kursi ergonomik. Kursi ini bisa dipakai oleh pekerja, namun biasanya digunakan pada pekerja yang memiliki ruang tersendiri (jabatan tinggi). Akan tetapi, bisa juga beberapa karyawan biasa diberi kursi ini untuk menunjang aktivitasnya. Sebab ergonomic chair memang dibuat khusus agar nyaman dipakai. Malah kursi ini didesain agar cocok dipakai penderita sakit punggung dan sejenisnya.

Kursi Stacking

kursi stacking

Stacking chair atau kursi staking adalah tipe kursi yang banyak digunakan di kantin kantor. Kursi dibuat secara konvensional tanpa roda, dan biasanya hadir dengan warna yang menarik.

Kursi Eksekutif

kursi direkturExecutive chair memiliki desain yang sangat elegan dibanding kursi kantor yang lain. Kursi ini sifatnya portable, bisa dinaik-turunkan, dan memiliki sandaran ataupun bantalan duduk yang sangat empuk. Bahannya pun merupakan bahan yang kualitasnya sangat baik. Umumnya, kursi ini memang ditujukan untuk para atasan. Dan dari situlah nama executive chair lahir.

Kursi Tamu

kursi tamu

Di kantor, biasanya tersedia ruangan untuk menjamu tamu yang datang. Kursi-kursi pun disediakan untuk para tamu ini. Wujud kursinya sendiri biasanya non portable alias tidak ada roda pada kursi tersebut. Akan tetapi, kursi tetap nyaman untuk digunakan.

Kursi Jala

kursi jala

Kursi kantor berikutnya adalah kursi jala. Sebagaimana namanya, kursi ini dibuat dari bahan seperti jala dengan sifat yang portable. Bahan jala pada kursi itu sendiri mampu memberikan beberapa kelebihan. Salah satunya adalah sirkulasi udara yang lebih lancar, sehingga bagian punggung tidak pengap. Kursi kasa ini cocok dipakai pada karyawan yang bekerja di area yang panas dan lembab.

Kursi Task

kursi task hpl
kursi task hpl

Task chair adalah salah satu jenis kursi kantor berikutnya. Task chair bisa dibilang adalah jenis kursi yang paling umum untuk karyawan. Biasanya, kursi berbentuk seperti kursi jala, namun bahannya tidak berjala-jala.

Tips Penting Membuat Kursi Kantor

lem eva phaethonBagi Anda yang tertarik membuat kursi jenis ini, mulailah untuk memikirkan cara agar produk Anda laku di pasaran. Beberapa tips di bawah ini, barangkali bisa membantu Anda memproduksi office chair yang tepat.

  1. Aplikasikan desain yang disukai oleh pasar office furniture. Misalnya saja desain minimalis, modern, dan kontemporer. Hindari menggunakan desain yang tak populer untuk urusan mebel kantor, kecuali Anda mendapat pesanan khusus.
  2. Agar lebih terjangkau, gantilah beberapa elemen kursi yang mahal dengan kayu olahan atau material yang lebih murah. Penurunan harga sangat penting, karena banyak pihak yang mengeluh akan mahalnya kursi kantor.
  3. Untuk finishingnya sendiri, Anda bisa mengaplikasikan pelapis seperti HPL dengan lem khusus, Eva Phaethon.
  4. Terapkan desain yang sederhana untuk memberikan alternatif kursi yang lebih terjangkau, khususnya untuk staff.

Nah, demikianlah pembahasan kali ini mengenai kursi kantor. Semoga bermanfaat! Terus update informasi dan tips terbaru di lemkertas.com seputar dunia furniture, kerajinan, lem, dan serat alam!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here