Mudah! Ini Tips Membuat Kursi Meja Makan Agar Lebih Menawan

691

Bukan hanya mejanya, kursi meja makan juga harus didesain dengan menarik. Jadi selera makan kita akan meningkat. Nah, di bawah ini kami punya tips khusus untuk membuat kursi makan yang menarik untuk Anda!

Biasanya, set dining mebel untuk acara makan sudah meliputi kursi dan mejanya. Kedua jenis furniture ini harus didesain dengan gaya yang sinkron satu sama lain agar hasilnya bagus. Pada artikel sebelumnya, kami sudah merekomendasikan banyak sekali tips untuk membuat meja makan yang menarik. Ada berbagai trik yang bisa diterapkan dengan hasil yang berbeda satu sama lain. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan bagikan tips khusus untuk menghias kursinya. Ada setidaknya dua cara yang bisa Anda simak. Cara pertama bisa Anda terapkan untuk kursi yang sudah jadi. Sedangkan cara kedua untuk Anda yang baru berencana membuat kursi tersebut.

Make Over Kursi yang Sudah Ada

Memberikan Efek pada Finishing

Tips pertama ini bisa dilakukan asalkan kursi Anda tidak difinish dengan finishing bercoating glossy. Atau bila Anda menerapkan coating tersebut, Anda perlu menghapusnya terlebih dahulu.

Efek finishing yang akan diberikan sendiri beragam. Misalnya efek charcoal sampai efek rustic. Misalnya, setelah Anda selesai menghapus bagian atas coating, Anda bisa menerapkan cat Glaze warna hitam. Sebelum cat benar-benar kering, hapuslah sebagian besar cat tersebut dengan lap sehingga menyisakan sedikit kesan hitam. Hasilnya? Hasilnya adalah warna produk yang terkesan tua dan lebih vintage. Bagi Anda yang suka tampilan tua, cara ini recommended untuk diaplikasikan.

Mengaplikasikan Decoupage

Cara kedua yang bisa diterapkan adalah aplikasi decoupage. Teknik kerajinan decoupage dilakukan dengan cara menempelkan gambar khusus berupa napkin decoupage. Gambar-gambar napkin decoupage sendiri sangat beragam, ada yang berbentuk bunga, pita, love, dan lain sebagainya. Lemlah gambar tersebut pada kursi meja makan dengan Ultra Phaethon. Selanjutnya, biarkan lem hingga benar-benar kering. Untuk sentuhan terakhir, aplikasikan varnish atau cat bening decoupage. Fungsi aplikasi cat bening ini adalah agar membuat gambar seperti benar-benar dilukis dan menyatu pada mebel.

kursi decoupage

Menggunakan Tali

Anda juga bisa memberikan kesan yang baru pada kursi meja makan dengan memakai tali. Cara ini mungkin dianggap aneh bagi sebagian orang. Bagaimana bisa tali dipakai untuk membuat kursi makan lebih bagus? Tapi kenyataannya, kita memang bisa menghadirkan suasana yang lain daripada yang lain hanya dengan memanfaatkan tali. Apalagi untuk kursi yang memiliki kaki tunggal. Tali-tali tinggal dililitkan saja di beberapa bagian kursi, misalnya saja di bagian kaki kursi. Gunakanlah lem Ultra Phaethon untuk merekatkan tali tersebut. Voila Anda pun memiliki kursi yang tampak benar-benar baru. Jangan lupa, hiasi juga bagian mejanya menggunakan tali-tali tersebut.

kursi dengan tali

Membuat Kursi Meja Makan Sejak Awal

Menggunakan Burl

Selain bisa digunakan untuk membuat meja, burl atau bisul pohon juga bisa dipakai untuk membuat kursi. Burl sendiri adalah bagian pohon yang membesar di batang. Biasanya burl berbentuk membulat atau kadang malah tidak beraturan sama sekali. Burl-burl seperti ini dulu banyak dibuang karena dianggap tak mulus dan rata seperti kayu batang pohon. Namun beberapa waktu belakangan, burl justru dianggap sebagai bahan mebel yang sangat potensial. Utamanya untuk membuat meja. Tapi sebagaimana telah disebut di atas, burl juga bisa dipakai untuk membuat dining chair. Hasilnya pun tak kalah menarik. Anda bisa mengkombinasikan kursi burl ini dengan sesama meja burl atau meja kayu solid biasa.

kursi burl

Menggunakan Pallet

Sebagaimana burl yang tak hanya bisa dipakai untuk membuat meja, demikian juga pallet. Kursi kayu meja makan juga bisa dibuat dengan kayu peti kemas ini. Kombinasi kursi dan meja peti kemas sendiri jelas akan memberikan kesan yang “intense”. Tetapi bisa Anda seimbangkan dengan beberapa kiat. Misalnya degan menambahkan bantalan pada kursi yang membuatnya terlihat lebih kalem. Atau membuat desain kursi yang anggun. Jadi ada kombinasi yang saling menetralkan antara kayu peti kemas dengan desain kursi yang lebih elegan.

meja pallet decoupage

Menggunakan Ranting

Kursi meja makan juga bisa dihias dengan menggunakan ranting atau cabang pohon. Pemakaian ranting dan cabang bisa dilakukan dengan beberapa cara. Cara pertama, adalah menggunakan bahan tersebut sebagai material pokok untuk membuat kursi. Artinya, kita tidak menggunakan bahan lain seperti kayu solid. Jadi keseluruhan kursi secara pokok terbuat dari bahan tersebut saja. Sedangkan cara kedua adalah dengan menerapkan cabang dan ranting sebagai dekorasi saja. Misalnya, Anda membuat dulu kursi dari kayu solid. Barulah setelah itu, Anda menambahkan dekorasi di sana-sini menggunakan cabang serta ranting. Mana cara yang sebaiknya dipilih? Tentu saja jawabannya sesuai selera dan kebutuhan Anda. Kondisi kekuatan cabang dan ranting juga harus diperhatikan. Bila bahan tersebut dinilai tidak kuat, jangan dipaksakan sebagai bahan pokok untuk membuat kursi makan.

Kursi Meja Makan

Menggunakan Pelapis dengan Motif Unik

Cara terakhir ini bisa diterapkan bagi Anda yang ingin membuat kursi meja makan dari bahan kayu olahan. Agar kursi tersebut terlihat lebih bagus, dan bukan hanya murah, Anda bisa menerapkan pelapis dengan motif yang beda dari yang lain. Misalnya saja memanfaatkan HPL yang motifnya bagus. HPL atau High Pressure Laminate adalah pelapis sintetis yang bisa diterapkan pada berbagai kayu olahan mulai dari MDF, HDF, sampai plywood. Mencari HPL dengan motif yang bagus memang tricky dan tak bisa dilakukan dengan mudah. Sebab banyak produk HPL yang didesain dengan warna solid atau natural kayu. Tapi bila Anda cermat mencarinya bukan tak mungkin Anda bisa mendapatkannya. Kursi Anda pun akan terlihat unik dan harga jualnya juga lebih terjangkau.

Kursi Meja Makan dengan pelapis HPL motif bunga

Ultra Phaethon dan Eva Phaethon agar Kursi Meja Makan Anda Terjangkau

Di atas, kami telah merekomendasikan dua tips agar kursi makan Anda lebih menarik. Tapi tentu saja tampilan visual bukanlah segalanya. Selain masalah estetika, Anda juga perlu memperhatikan faktor harga kursi. Aspek ini sangat penting karena sangat berpengaruh pada keputusan pembeli terhdap produk Anda. Karena itu, secara khusus kami merekomendasikan Eva Phaethon dan Ultra Phaethon untuk Anda.

lem eva phaethon

Sebagaimana dijelaskan di atas, agar kursi terlihat menawan, Anda bisa mengaplikasikan beberapa cara yang di antaranya melibatkan pemakaian lem Phaethon. Selain bisa digunakan dengan kualitas yang baik, sejatinya kedua adhesive tersebut kami rekomendasikan karena harganya yang terjangkau. Jadi, produk Anda pasti akan makin disukai oleh pembeli.

Cara Memesan Lem Phaethon

Untuk mendapatkan Eva Phatehon maupun Ultra Phaethon, caranya sangat mudah. Yang Anda perlukan hanya memesan via kontak CS kami yang sudah tertera dengan jelas pada website ini. Kami akan segera memproses pesanan Anda setelah pembayaran dilakukan. Mudah bukan?

Yuk, gunakan lem Phaethon untuk membaut kursi meja makan makini menawan!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here