Aneka Jenis Furniture Kantor: dari Harga sampai Prospeknya

589
front office meja

Dari berbagai jenis mebel di pasaran, kelompok office furniture atau furniture kantor pastilah ada di deretan utama mebel yang paling banyak dicari. Mebel ini memiliki kekhasan karena digunakan di kantor. Desainnya juga dibuat menyesuaikan untuk kebutuhan kerja para karyawannya. Karena itu, jenis-jenis office furniture pun sangat beragam. Yuk kenali di bawah ini berbagai jenis mebel kantor, serta berbagai informasi lainnya yang terkait.

Salah satu industri nasional yang menjadi harapan sekaligus prioritas pemerintah Indonesia adalah industri mebel. Industri ini memiliki berbagai kelebihan mulai dari serapan tenaga kerja yang tinggi hingga daya saing yang sudah begitu mengglobal. Beberapa alasan yang membuat industri mebel Indonesia begitu kuat antara lain adalah jenis kualitas kayu yang beragam, corak lokal yang unik dan bernilai jual tinggi, serta SDM yang memiliki keterampilan membuat mebel-mebel high quality. Tak mengherankan, ketika berbagai produk di pasaran merupakan produk import, tidak demikian dengan produk mebel. Pasar mebel Indonesia masih didominasi perusahaan lokal. Bahkan, bisa dibilang orientasi perusahaan mebel Indonesia sudah di level ekspor.

Meskipun sangat kuat, tetapi industri mebel juga memiliki tantangan. Dan akhir-akhir ini, tantangan yang dihadapi oleh industri ini makin besar. Diberlakukannya MEA, misalnya. MEA membuka persaingan yang lebih bebas antara perusahaan se-ASEAN dengan batas negara yang diminimalisir.

Untuk itulah, tidak bisa tidak, pelaku usaha di industri ini hanya berpangku tangan. Tentu saja berbagai kiat perlu dan harus dilakukan. Salah satunya adalah menyediakan produk mebel yang lebih beragam dengan harga kompetitif. Misalnya dengan menghadirkan office furniture atau mebel kantor. Selama ini, mayoritas mebel Indonesia adalah mebel rumah tangga. Sedangkan produk office furniture masih banyak yang mengekspor. Padahal, harga mebel-mebel ekspor ini termasuk tinggi.

Berapa Harga Furniture Kantor?

Mebel kantor atau office furniture memiliki harga rerata mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Harga berbagai mebel kantor ini secara umum memang lebih tinggi dibanding harga mebel rumah tangga. Misalnya saja kursi kantor. Satu kursi kantor bisa dibanderol dengan harga ratusan sampai jutaan ribu rupiah. Hal ini disebabkan karena status produk yang masih import, produk lokal tetapi bahan bakunya import, hingga harga material yang memang tidak murah.

Kondisi ini sejatinya bisa menjadi peluang usaha tersendiri bagi pelaku usaha mebel. Dengan tingginya persaingan produk furniture rumah tangga, Anda bisa mencoba menarget pasar office furniture yang sedang berkembang.

Prospektifnya Furniture Kantor

Industri mebel kantor sendiri diprediksi sangat prospekrtif ke depannya. Sebab, pasar yang membutuhkan mebel seperti ini banyak. Perusaah swasta, lembaga milik negara, lembaga akademik, dan berbagai institusi lainnya kerap membutuhkan mebel kantor dalam kegiatannya.

Tertarik membuat mebel seperti ini? Sebelum membahas secara rinci mengenai cara membuat mebel kantor, silahkan simak terlebih dahulu aneka macam atau tipe office furniture di bawah ini.

Berbagai Jenis Furniture Kantor

Kursi Kantor

Jenis mebel pertama yang mudah kita kenali adalah kursi kantor. Dalam Bahasa Inggris kursi kantor biasa disebut sebagai office chair. Di Indonesia sendiri, kursi ini kerap disamakan dengan manager chair sampai kursi direktur.
Kursi ini memiliki ciri tersendiri. Biasanya kursi didesain dengan roda sehingga memudahkan mebel tersebut untuk dipindahkan. Kursi juga didesain secara khusus dengan sandaran dan alas duduk yang nyaman. Tujuannya tentu agar pekerja nyaman dengan furniture kantor tersebut. Apalagi banyak staff yang bekerja hampir seharian di kantor. Utamanya para akuntan, administrasi, sampai content writer.

kursi kantor

Kursi Direktur

Kursi direktur dalam Bahasa Inggris disebut sebagai executive chair. Kursi ini agak berbeda dibanding kursi kantor untuk karyawan, dalam hal kualitasnya. Secara umum, kualitas kursi direktur lebih baik dibanding kualitas kursi karyawan.

Meja Karyawan

ipe furniture yang kedua adalah meja karyawan. Meja ini bisa hadir secara tunggal ataupun sendiri-sendiri. Di ruangan kantor, meja untuk karyawan juga umumnya memiliki pembatas. Hal ini karena karyawan bekerja dalam ruang yang sama untuk beberapa orang sekaligus. Sehingga dibutuhkan pembatas untuk memberikan privacy bagi mereka. Selain itu, meja tersebut juga sering hadir dalam bentuk blok segi empat.

meja kantor

Meja Direktur

Meja kantor berikutnya adalah director table atau meja direktur. Meja ini dibedakan dari meja karyawan karena selalu hadir dalam bentu tunggal. Meja ini tak punya pembatas dengan meja yang lain, dan tak pernah dibuat dalam sebuah blok. Hal ini disebabkan karena meja ini biasanya diletakkan tersendiri dalam sebuah ruangan. Sehingga tak membutuhkan pembatas maupun blok khusus yang dipakai bersama.

Kursi dan Meja Meeting

Meja meeting atau conference table menjadi salah satu meja terpanas di perusahaan manapun. Meja rapat atau meja meeting adalah meja di mana jalannya perusahaan dibahas. Meja ini biasanya dibuat khusus dengan permukaan yang jauh lebih luas dibanding meja biasa. Perlengkapan lain yang biasa hadir bersama meja ini antara lain adalah proyektor untuk kebutuhan presentasi. Sedangkan untuk pasangannya, tersedia kursi meeting. Beda dengan kursi kantor lainnya, seringkali conference meeting tidak didesain dengan karakter portable (tanpa roda), meski ada juga yang didesain dengan roda.

meja konferensi dan rapat kantor

Meja Resepsionis

Kalau Anda bertandang ke sebuah perusahaan, hotel, atau sebuah institusi, pasti akan nampak sebuah meja di bagian lobby. Di meja ini, Anda bisa bertanya pada pihak resepsionis mengenai berbagai hal tentang perusahaan tersebut. Anda bisa menanyakan informasi, menitipkan file, sampai meminta bertemu dengan salah seorang pekerja. Meja ini adalah meja resepsionis. Selain memiliki berbagai fungsi tersebut, furniture kantor ini juga merepresentasikan perusahaan. Karenanya, meja biasanya dibuat semenarik mungkin.

Aneka Meja serta Kursi Dapur dan Kafetaria

Di kantor juga terdapat berbagai meja dapur, baik kabinet dapur sampai meja dispenser. Kegunaannya jelas untuk mendukung karyawan saat sedang bekerja. Toh, mereka pastinya juga butuh konsumsi bukan? Kantor-kantor menengah atas biasanya memiliki dapur khusus untuk karyawannya yang ditata secara profesional (bukan lagi milik pribadi bos).

Selain itu, juga terdapat kursi dan meja kafetaria. Meja kafetaria secara umum sama dengan meja makan di warung atau tempat makan. Sedangkan kursinya dibuat sebagaimana kursi makan. Sehingga desainnya berbeda dengan kursi kantor lainnya yang biasanya memiliki roda.

Guest and Table Chair

Jenis furniture kantor berikutnya adalah kursi dan meja tamu kantor. Desainnya sangat khas dan memang disediakan khusus bagi tamu yang hadir di kantor.

kursi tamu

Meja Jualan

Tak semua kantor puny mebel ini. Hanya beberapa saja yang berjualan di kantornya secara langsung. Kadang, meja jualan juga hanya hadir sebagai meja display untuk menunjukkan contoh produk di hadapan customer.

Nah, itulah contoh-contoh pembagian furniture kantor. Sangat menarik bukan? Tiap mebel punya fungsi sendiri-sendiri. Namun yang jelas, semuanya berguna untuk kegiatan di kantor dengan kebermanfaatannya masing-masing.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here