Agar Sapu Menarik, Jangan Lupa Lem untuk Gagang Sapu yang Bagus!

649
gagang sapu

Siapa yang tak membutuhkan sapu? Hampir semua orang membutuhkannya. Dari sisi usaha, fakta ini jelas bisa dimanfaatkan. Kita bisa membuat sapu-sapu yang baik agar mendapatkan keuntungan besar. Tapi ingat, agar sapu yang dihasilkan punya kualitas yang baik sekaligus murah, sudah pasti ada trik khusus yang harus dilakukan. Satu di antaranya adalah dengan menggunakan lem untuk gagang sapu yang bagus.

Sapu. Siapa yang tak tahu benda ini? Alat ini digunakan sebagai salah satu alat pembersih yang sudah pasti diketahui semua orang. Kelihatannya ia memang sangat sepele. Tapi hampir semua rumah, bangunan pemerintahan, sampai gedung-gedung usaha memilikinya. Tengok saja perabot yang ada di tiap rumah, universitas, sekolah, sampai perabot yang dimiliki mall-mall besar. Sapu pasti berada di antara berbagai perabot yang terdapat di berbagai gedung tersebut. Tapi uniknya, produk ini seperti tak terlihat alias invisible ketika kita bicara prospek bisnis.

Bisnis Membuat Sapu sebagai Usaha yang Prospektif

Ketika kita bicara mengenai peluang usaha, seringkali kita mencari produk yang paling banyak dibutuhkan. Orang pun mengajukan ide usaha makanan, usaha laundry, pembuatan souvenir, dan sejenisnya. Sapu, sebagai produk yang jumlahnya banyak, entah kenapa seperti “tak terlihat”. Ia invisible. Padahal, dengan fakta bahwa perabot ini dibutuhkan hampir tiap orang dan tiap kalangan, sebetulnya, usaha pembuatan sapu bisa dibilang prospektif. Apalagi bila kita lihat dari material untuk membuatnya pun, sejatinya tidak sulit dan mahal untuk didapatkan. Mulai dari gagang sapu sampai sabutnya, bisa didapatkan dengan mudah. Varian materialnya pun juga beragam, ada yang organik seperti sabut kelapa sampai yang non organik seperti sabut sapu dari plastik.

sapu unik bagus

Bagaimana Membuat Sapu yang Baik?

Mengingat fakta bahwa pasar sapu demikian besar, usaha di bidang ini bisa dibilang prospektif. Akan tetapi, kita tetap harus mencermati kompetisi di pasaran sendiri. Sudah barang tentu bukan Anda satu-satunya pihak yang memproduksi perabot ini. Banyak kalangan atau pihak lai yang sudah terlebih dahulu terjun sebagai produsen sapu.

Jadi, mau tak mau tentunya kita harus menyediakan produk yang disukai pasar. Caranya? Formula atau prinsipnyasebetulnya sangat sederhana. Pasar secara umum menyukai produk yang punya keunggulan. Keunggulan tersebut akan makin diapresiasi positif bila tidak dibarengi dengan harga yang tinggi. Artinya, produk Anda harus lebih berkualitas tapi harganya tetap terjangkau.

Perhatikan Gagangnya untuk Daya Tarik Sapu

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat sapu berkualitas. Misalnya dengan membuat sapu lebih awet atau kuat. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan salah satu faktor yang mungkin sering diabaikan orang. Faktor tersebut adalah keindahan atau estetika. Tapi faktor estetika juga harus hadir dengan harga yang tetap atau bahkan lebih terjangkau. Bayangkan saja bila Anda bisa membuat sapu yang lebih cantik tapi dengan harga yang sama. Pasti pembeli sapu-sapu Anda lebih banyak. Dan untuk membuat sapu lebih bagus sebetulnya bukan perkara yang sulit. Salah satu kiat yang bisa dilakukan adalah membuat gagangnya lebih unik.

Coba perhatikan, gagang sapu seringkali dilapisi oleh semacam pelapis plastik. Bila Anda kelupas, di dalamnya adalah kayu yang kualitasnya sebetulnya buruk. Berkat pelapis tersebut, kayu jelek gagang sapu tertutup sekaligus terlindungi sehingga tidak mudah rusak. Jadi, kunci keindahan gagang terletak pada pelapisnya. Kabar baiknya, ada banyak jenis pelapis yang tersedia di pasaran. Jadi, pelapis-pelapis tersebut tak mesti hadir dengan warna-warna solid monoton seperti putih, hijau, kuning, merah, dan lain sebagainya. Cari saja pelapis yang bagus dan harganya terjangkau. Dari situ, Anda akan bisa membuat aneka sapu yang tampilannya lebih menarik. Pelapis-pelapis itu, sekali lagi tak perlu mahal. Tapi perlu punya tampilan yang menarik agar sapu Anda pun terlihat lebih menonjol dibanding produk sapu dari produsen lainnya.

sapu unik

Butuh Lem untuk Gagang Sapu yang Bagus

Yang jadi persoalan, untuk menempelkan pelapis di gagang sapu yang terbuat dari kayu memang tak semudah kelihatannya. Perekatan kayu dengan kayu bisa dilakukan dengan lem kayu. Tapi bagaimana bila yang dilakukan adalah perekatan kayu dengan pelapis sintetis seperti yang diaplikasikan pada gagang sapu? Jelas harus ada lem yang khusus untuk digunakan. Lem tersebut harus mampu merekatkan media atau bahan yang sifatnya berbeda bahkan berlawanan satu sama lain. Selain itu, lem untuk gagang sapu yang bagus juga harus:

  1. Punya daya rekat yang kuat
  2. Tidak mudah lepas atau rusak
  3. Mudah digunakan
  4. Cepat kering, sehingga proses pengeleman menjadi lebih cepat
  5. Harganya terjangkau
  6. Cover area luas, hemat digunakan dengan solid content yang tinggi
  7. Merupakan lem yang eco friendly sehingga lebih aman dan ramah lingkungan

Eva Phaethon, Lem untuk Gagang Sapu yang Bagus

lem eva phaethon

Kriteria lem di atas sangat krusial untuk mendapatkan produk yang bagus. Di pasaran sendiri, lem yang punya kriteria yang disebutkan di atas adalah lem Eva Phaethon. Pertama, lem ini merupakan lem ethylene vinyl acetate atau EVA. Tipe lem EVA bisa dipakai untuk merekatkan bahan dengan karakter yang berbeda. Jadi, ia bisa digunakan untuk mengelem kayu gagang sapu dengan pelapis yang sifatnya sintetis.

Kedua, sebagaimana disebut di atas, lem ini memiliki banyak kriteria ideal mulai dari daya rekat, ketahanan, sampai harganya yang sangat terjangkau. Eva Phaethon juga telah lama digunakan untuk merekatkan HPL serta berbagai laminate pada kayu olahan. Sehingga pemakaiannya untuk kebutuhan serupa sudah teruji di lapangan. Lem untuk gagang sapu ini juga punya kecepatan kering sangat ideal yang akan membuat proses produksi menjadi semakin lancar.

Kesimpulan

Apa itu sapu? Hampir semua orang bisa menunjuk benda bernama sapu. Dan hampir tiap bangunan punya perabot ini. Tapi berapa jumlah orang yang terpikir untuk melakukan usaha pembuatan sapu? Jawabannya tidak banyak. Padahal, sebetulnya dengan pangsa pasar yang begitu besar, usaha ini bisa disebut sebagai usaha yang prospektif. Apalagi bila Anda mampu menghasilkan sapu yang berkualitas baik, menarik, dan harganya lebih terjangkau. Masalah daya tarik, misalnya, adalah faktor yang sangat krusial. Sebab, ada banyak sapu di pasaran. Bila Anda bisa menghadirkan sapu yang tampilannya lebih bagus, sudah pasti sapu-sapu Anda akan lebih menonjol dan karenanya lebih banyak dibeli. Apalagi bila harganya terjangkau. Salah satu cara agar daya tarik sapu bisa lebih baik adalah dengan memastikan gagangnya hadir dengan tampilan yang unik. Namun, untuk melakukan ini jelas dibutuhkan lem untuk gagang sapu yang bagus. Berbagai kriteria harus digunakan untuk memilih perekat yang tepat. Di pasaran, lem terbaik untuk kebutuhan ini adalah Eva Phaethon. Dengan perekat tersebut, Anda bisa menempelkan berbagai jenis pelapis yang menarik untuk membuat sapu yang lebih menawan.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here