Dua Cara Mudah Membuat Jepit Rambut dengan Eva Phaethon!

511
membuat jepit (2)
Image source: littlemissmomma.com

Salah satu produk craft yang mudah dibuat dengan hasil memuaskan adalah jepit rambut atau biasa disebut dengan istilah hairpin. Kali ini, lemkertas.com akan membagikan dua tutorial cara membuat jepit rambut dengan mudah dan berbiaya murah. Yang perlu Anda beli hanya glitter, Eva Phaethon (lem untuk jepit rambut) dan bobby pin yang sangat murah. Yuk langsung saja simak langkah-langkahnya sebagai berikut.

Tutorial Cara Membuat Jepit Rambut yang Murah dan Cantik

Panduan I: Jepit Berglitter

Untuk panduan pertama, produk yang akan dibuat adalah hairpin berbentuk love yang berwarna keemasan dengan taburan glitter. Alat dan bahan yang diperlukan ialah sebagai berikut.

Peralatan

1. Kain dasar untuk menjahit pola love.
2. Kapas atau kain perca yang tak lagi digunakan
3. Bobby pin (jepit rambut hitam, jangan beli di toko. Beli langsung pada penjual grosir bobby pin supaya harganya lebih murah).
4. Glitter dengan warna sesuai selera Anda
5. Lem Eva Phaethon
6. Kuas kecil atau alat apapun untuk mengoleskan adhesive
7. Jarum dan benang jahit. Usahakan warna benangnya sesuai warna kain dasar untuk menjahit pola love.
8. Gunting
9. Alat tulis dan penggaris
10. Wadah untuk glitter

Langkah-langkah Membuat Jepit Rambut Bentuk Hati dengan Glitter

1. Siapkan kain untuk membuat bentuk love.
2. Potong kain tersebut menjadi bentuk love, dan buat tiruannya dengan ukuran sama persis. Untuk ukurannya sendiri, sesuaikan saja dengan selera Anda. Anda juga bisa membuat lebih dari 1 bentuk love (hati) atau malah menggunakan bentuk lainnya.
3. Jahit dua kain yang sudah dipotong dengan pola yang sama tersebut. Tapi sebelum selesai, masukkan kapas ke dalamnya. Dengan cara ini, hairpin akan terlihat lebih cantik karena lebih menggembung dan tebal.
4. Siapkan glitter. Pilih glitter sesuai dengan warna Anda, baik itu emas, perak, pink, dan lainnya.
5. Anda juga bisa mencampurkan beberapa glitter dengan warna yang berbeda. Kembangkan saja kreativitas Anda dengan bebas.
6. Siapkan satu wadah khusus. Masukkan glitter pada wadah tersebut. masukkan secukupnya.
7. Olesi kain berbentuk love dengan Eva Phaethon, tapi tipis-tipis saja.
8. Masukkan kain berbentuk love yang sudah diolesi Eva Phaethon ke dalam wadah berisi glitter. Pastikan agar glitter tertempel merata pada kain tersebut. Setelah merata, ambil lalu biarkan dulu supaya glitter menempel dengan baik dan stabil.
9. Siapkan bobby pin.
10. Sekali lagi gunakan Eva Phaethon. Oleskan Eva Phaethon pada bobby pin. Setelah itu ambil bantalan bentuk hati berglitter yang sudah Anda buat. Tempelkan dengan hati-hati, lalu tekan pelan-pelan. Biarkan dulu, supaya lem mengering.
11. Selesai! Kini Anda sudah memiliki jepit rambut bentuk hati dengan glitter yang mewah dan menawan!

membuat jepit rambut membuat jepit rambut (3)

Panduan 2: Membuat Jepit Rambut Bunga Sederhana

Hairpin kedua yang dibuat adalah jepit rambut sederhana dengan bentuk bunga. Kali ini ada dua opsi menarik yang bisa Anda pilih. Yang pertama adalah memakai bekas sarung tangan bayi yang tak terpakai, dan yang kedua adalah memakai kain perca atau baru. Silahkan pilih sesuai bahan yang Anda punya.

Alat dan Bahan

1. Bekas sarung tangan bayi atau kain perca.
2. Kancing baju (akan lebih bagus bila kain bajunya memiliki warna sesuai dengan kain yang akan digunakan
3. Bobby pin (jepit rambut hitam, jangan beli di toko. Beli langsung pada penjual grosir bobby pin supaya harganya lebih murah).
4. Lem Eva Phaethon
5. Kuas kecil atau alat apapun untuk mengoleskan adhesive
6. Jarum dan benang jahit. Usahakan warna benangnya sesuai warna kain dasar untuk menjahit pola love. Namun Anda tak memerlukan ini bila Anda menggunakan bekas sarung tangan bayi.
7. Gunting
8. Alat tulis dan penggaris

Ayo, Kenali Merk Jenis Lem untuk HPL

Langkah-langkah Membuat Jepit Rambut Bunga Sederhana

1. Buat potongan kain berbentuk kotak dengan ukuran 10 x 10 cm. Selanjutnya, jahit secara mengerucut tiap ujung kain tersebut sehingga berbentuk seperti kantong berukuran kecil.
2. Lewati langkah pertama bila Anda menggunakan bekas sarung tangan bayi. Bila Anda menggunakan bekas sarung tangan bayi, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan bekas sarung tangan tersebut.
3. Siapkan kancing baju.
4. Jahitlah kancing baju di tengah bekas sarung tangan bayi atau di potongan kain yang sudah dibentuk menyerupai kantong kecil. Jahitlah dengan teliti supaya hasilnya lebih rapi dan bagus. Bila langkah ini selesai dilakukan, Anda pasti sudah memiliki bunga-bunga kain cantik dengan inti kancing baju.
5. Siapkan bobby pin dan lem Eva Phaethon
6. Rekatkan bunga buatan pada bobby pin menggunakan lem Eva Phaethon. Tempelkan secara hati-hati agar hasilnya lebih rapi.
7. Diamkan, biarkan lem mengering.
8. Selesai! Anda kini memiliki jepit bunga cantik yang siap dijual atau dipakai sendiri.

Image source: littlemissmomma.com
membuat jepit (3)
Image source: littlemissmomma.com
membuat jepit rambut (2)
Image source: littlemissmomma.com

Tips untuk Membuat Jepit Rambut Supaya Lebih Menarik

Anda mungkin sudah selesai mengikuti cara membuat jepit rambut di atas. Tapi agar produk yang Anda hasilkan lebih menarik, jangan lupa untuk mempertimbangkan beberapa tips penting berikut ini.

1. Ada sangat banyak desain jepit rambut yang dapat dipilih. Jadi, jangan hanya “berhenti” pada dua desain di atas saja. Ada banyak desain lainnya yang sama menariknya dan mungkin lebih disukai pasar. Misalnya, jepit rambut dengan bentuk pita hingga bentuk kartun yang sedang disukai anak-anak.
2. Desain apa yang sebaiknya dipilih? Jawabannya sesuai target pasar Anda. Bila jepit bunga tersebut hanya untuk sendiri, jelas desainnya sesuai selera Anda. Kalau jepit tersebut akan dipasarkan ke anak-anak, pilihlah pola yang ceria dan menarik. Demikian juga bila pasarnya adalah remaja. Pilih desain yang lebih girly dan kurangi aksen yang terlalu ceria dan kekanak-kanakan.
3. Bila Anda memakai bahan kain, pertimbangkan menggunakan kain tradisional seperti kain batik agar produk jepit Anda terlihat lebih unik dan menarik.
4. Untuk lemnya, hindari menggunakan lem sembarangan. Apalagi bila Anda hanya menggunakan lem kertas saja. Gunakan lem khusus yang memang didesain untuk handicraft seperti Eva Phaethon. Lem ini sangat tahan lama sehingga hairpin tak mudah lepas.
5. Kemas produk Anda dengan menarik supaya pelanggan juga lebih tertarik.
6. Selain desain, perhatikan juga komposisi warna jepit rambut. Aplikasikan warna yang padu padannya bagus supaya berhasil menciptakan kesan cantik.
7. Jangan lupa aplikasikan desain yang sedang trendy.

jepit rambut

Nah, itulah tips sekaligus cara membuat jepit rambut sederhana. Dari langkah-langkah dasar di atas, Anda juga bisa mengembangkan pola lainnya yang tak kalah bagus seperti pola pita, mawar, hingga bentuk kartun. Semoga bermanfaat ya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here