Cara Jilid Hardcover Mudah dengan Ultra Phaethon

640
cara jilid buku hardcover

Ada setidaknya dua jenis cara jilid buku. Salah satu di antaranya adalah jilid hardcover. Pada artikel ini, lemkertas.com akan membagikan tips serta cara jilid buku hardcover yang mudah dengan lem andalan kami, Ultra Phaethon.

Jilid Buku Hardcover

Kertas menjadi salah satu kebutuhan yang begitu diperlukan oleh manusia. Akan tetapi, lembaran kertas tak bisa digunakan begitu saja. Oleh sebab itulah muncul inovasi baru berupa buku. Buku adalah inovasi lanjutan dari kertas, di mana lembaran kertas yang terpisah satu sama lain, kini disatukan atau dijilid sehingga membentuk laman-laman yang lebih praktis digunakan.

Dulu, proses penjilidan dilakukan dengan cara yang sangat sederhana. Ada yang hanya menggunakan tali, namun ada juga yang sudah menggunakan getah-getah alam yang lengket. Saat ini, tema mengenai penjilidan juga makin berkembang. Apalagi, kebutuhan akan buku justru tak surut sering dunia yang makin modern. Misalnya saja kebutuhan penjilidan buku untuk keperluan akademik seperti pembuatan skripsi, laporan penelitian, dan lain sebagainya. Berbagai tempat fotokopian pun merangkap menjadi tempat penjilidan buku yang banyak terdapat di sekitar area kampus.

Bisa dibilang, bisnis penjilidan saat ini memang menggiurkan. Tertarik untuk mencobanya? Ada beberapa tipe penjilidan yang paling marak dibutuhkan. Salah satunya adalah tipe jilid hardcover. Biasanya yang seperti ini dibutuhkan untuk pembuatan buku bersampul tebal, termasuk untuk pembuatan skripsi, tesis, hingga disertasi. Penasaran ingin tahu bagaimana cara jilid buku hardcover? Di artikel ini, kami akan membagikan tutorialnya. Tapi, sebelum membahas langkah-langkah caranya, Anda perlu memperhatikan lem yang dipakai. Lem begitu krusial untuk hasil jilid buku yang bagus. Dan lem yang kami rekomendasikan untuk kebutuhan ini adalah lem Ultra Phaethon.

Mengapa Menggunakan Ultra Phaethon?

Untuk kebutuhan jilid buku berbagai jenis, lem yang kami rekomendasikan sama. Lem tersebut adalah Ultra Phaethon. Ultra Phaethon merupakan lem yang dibuat dengan bahan dasar PVAc. Bila Anda mencari informasi di berbagai sumber mengenai lem yang bagus untuk jilid buku, kebanyakan pasti akan merekomendasikan lem PVA atau PVAc.
Secara umum, tidak bisa dipungkiri bahwa formulasi PVAc memang begitu cocok untuk kebutuhan perekatan seperti ini. Namun tentu saja kita tidak boleh sembarangan membeli lem polyvinyl acetate yang sering disebut sebagai lem putih ini. Agar cara jilid buku hardcover yang diterapkan berhasil, dibutuhkan spesifitas dari adhesive yang digunakan. Dalam hal inilah, yang kami rekomendasikan adalah lem Ultra Phaethon.

ultra phaethon

Lem Ultra Phaethon memang secara spesifik didesain untuk perekatan kertas dan kerajinan. Hal ini berbeda dengan jenis lem PVAc lainnya seperti Crossbond yang didesain untuk perekatan pada kayu. Ultra Phaethon telah dibuat sedemikian rupa sehingga:

  1. Memiliki daya rekat yang cocok untuk perekatan jilid buku
  2. Tahan lama. Lem ini mampu menciptakan ikatan yang kuat dan tidak mudah rusak meski terkena air, solvent atau minyak, hingga terpapar panas
  3. Cepat kering
  4. Tidak berwarna
  5. Tidak tebal
  6. Cover area luas dan solid content tinggi yang membuatnya sangat hemat digunakan
  7. Lebih aman dan ramah lingkungan. Pekerja yang bertugas menjilid buku pun akan lebih aman kesehatannya dengan lem ini dibandingkan dengan lem yang lain
  8. Harga terjangkau. Ultra Phaethon bisa Anda beli dengan harga hanya Rp. 48.000 saja untuk berkali-kali penggunaan, lebih banyak dibanding adhesive yang lain. Sebab, secara khusus lem ini memang didesain untuk kebutuhan usaha, baik itu usaha kerajinan ataupun usaha fotokopian. Jadi, lem ini berbeda dengan lem kertas untuk kebutuhan pribadi yang secara umum harganya jauh lebih mahal.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, tak mengherankan bahwa sampai saat ini, banyak tempat penjilidan buku di berbagai kota di Indonesia mengandalkan adhesive ini. Penasaran bagaimana cara aplikasinya? Berikut ini akan kami terangkan.

Ini Dia Cara Jilid Buku Hardcover dengan Ultra Phaethon

Alat dan Bahan

  1. Bahan yang akan dijilid
  2. Papan
  3. Sampul buku, bisa menggunakan bahan kain ataupun kertas
  4. Lem PVAc yang bagus untuk jilid buku, Ultra Phaethon
  5. Pensil, penggaris, dan berbagai alat tulis lainnya
  6. Gunting dan cutter
  7. Hardcover
  8. Beban atau benda yang punya berat khusus
  9. Penekan buku
  10. Penggaris segitiga
  11. Steples besar atau alat jahitan
  12. Pembatas buku
  13. Kertas sampul awal yang lebih tebal
  14. Bookpress atau penekan buku

Langkah-langkah Jilid Buku Hardcover

  1. Siapkan dulu lembaran kertas yang hendak dijilid. Atur berdasarkan nomor halamannya dan lakukan pengecekan untuk memastikan ukurannya sudah benar.
  2. Ada dua macam untuk menyatukan lembaran kertas tersebut. Yang pertama dengan steples besar biasa. Dan yang kedua, dengan menggunakan metode penjahitan. Untuk metode jahitan, akan kami jelaskan pada artikel lainnya. Secara umum, di tempat fotokopian, biasanya kertas-kertas hanya disteples dengan steples yang berukuran besar.
  3. Jepit lembaran kertas dengan bookpress. Setelah itu, aplikasikan lem di ujungnya agar terjadi ikatan antar lembaran kertas tersebut. Tipis-tipis saja. Gunakan lem yang kami sarankan di atas, Ultra Phaethon.
  4. Siapkan pembatas buku berupa tali. Rekatkan dengan Ultra Phaethon di bagian atas sisi buku yang dilem. Lihat gambar agar lebih jelas.
  5. Siapkan kertas yang lebih tebal (bisa menggunakan sejenis kertas manila). Potong menjadi dua selebar lembaran kertas. Rekatkan dengan Ultra Phaethon di sisi laman awal dan laman akhir buku.
  6. Tempatkan di bookpress. Biarkan sampai lem mengering.
  7. Sementara itu, siapkan sampul hardcover. Buat 3 potonga, dengan rincian 2 potongan selebar potongan kertas dan 1 potongan selebar tebal jilidan kertas.
  8. Siapkan sampul. Rekatkan ketiga potongan secara berurutan. Berikan ruang antara ketiga potongan itu sesuai dengan ruang antara sisi depan, tebal, dan belakang.
  9. Potong sampul, rapikan.
  10. Ambil jilidan buku, rekatkan hardcover yang sudah diberi sampul dengan Ultra Phaethon lagi. Gunakan kertas manila sebagai area penyambungan (lihat gambar agar jelas).
  11. Selesai!

Kesimpulan

Jilid buku hardcover adalah salah satu tipe jilid buku yang menggunakan cover keras. Tipe jilid buku ini berbeda dengan tipe jilid buku softcover yang menggunakan sampul lebih tipis dan proses pengerjaan yang lebih ringkas. Untuk melakukan jilid buku hardcover, tidak bisa dipungkiri dibutuhkan lem yang tepat. Lem terbaik untuk kebutuhan tersebut adalah lem PVAc atau PVA. Lem seperti ini memiliki berbagai keunggulan mulai dari daya rekat yang baik, harga yang terjangkau, kemudahannya digunakan, tidak tebal, dan tidak menyebabkan warna. Namun demikian, tentu saja kita tidak boleh memilih sembarang lem PVA. Lem PVA yang kami sarankan untuk kebutuhan jilid buku adalah lem Ultra Phaethon. Didesain sebagai polyvinyl acetate glue water based, adhesive ini menjadi lem PVAc terbaik untuk cara jilid buku hardcover yang sukses. Bukan hanya tahan lama, tampilan buku juga akan terlihat jauh lebih rapi.

Nah, sampai di sini artikel tutorial mengenai jilid buku ini. Tunggu dan update terus berbagai informasi di lemkertas.com untuk mendapatkan informasi dan panduan aneka proyek menarik menggunakan Ultra dan Eva Phaethon.

Semoga bermanfaat, ya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here