Jilid Buku Tebal Beres dengan Lem Kami!

357
buku

Jilid buku yang tipis pada umumnya mudah saja dilakukan. Tapi bagaimana dengan jilid buku tebal? Tentu adalah suatu tantangan tersendiri untuk bisa mengerjakannya.

Kebutuhan kita atas penjilidan semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Tak hanya buku, banyak kalangan yang butuh melakukan penjilidan untuk keperluan akademik mereka. Misalnya untuk menjilid skripsi, tesis, dan lain sejenisnya. Tak mengherankan, berbagai usaha jasa jilid buku pun kini tak terkait dengan penerbitan saja. Sekarang banyak jasa jiid buku yang dibuka untuk kalangan akademisi.

Pada umumnya, jasa penjilidan sendiri cukup menguntungkan. Prosesnya tak begitu sulit dan alatnya pun tak sukar diperoleh. Hanya saja, tantangan besar biasanya harus dihadapi saat yang dijilid tergolong tebal.

Jilid Buku Tebal: sebuah Tantangan Tersendiri

CS LemKertas

Seperti dijelaskan di atas, jilid buku secara umum tidak akan membuat kita mengalami suatu kesulitan yang berarti. Kadang, bila yang dijilid yang makalah atau laporan penelitian pun, kertas-kertas yang hendak dijilid hanya perlu distaples lalu direkatkan dengan lakban hitam. Akan tetapi, yang jadi persoalan adalah ketika kita diminta membuat jilid buku yang tebal. Wujudnya macam-macam, bisa berupa:

  1. Jilid buku untuk penerbitan yang memang sedang memproduksi buku dengan jumlah laman yang banyak
  2. Jilid skripsi, tesis, dan sejenisnya
  3. Jilid arsip penting yang jumlah kertasnya banyak

Pada berbagai kasus tersebut, banyaknya jumlah halaman jelas bisa memberikan suatu tantangan khusus. Bila kita tidak bisa melakukannya dengan benar, bukan hanya hasil jilidan kurang kuat, malahan jilidan tidak akan sukses sama sekali. Untuk itulah perlu teknik dan juga perlengkapan yang tepat. Pun demikian lem yang dipakai harus benar-benar merupakan lem yang kuat dan bisa digunakan untuk menjilid buku dengan baik.

Perlu Lem yang Bagus

Mengapa lem? Tak bisa dipungkiri bahwa lem akan memengaruhi secara langsung kualitas hasil jilidan. Namun yang tak banyak orang tahu, lem bukan hanya berpengaruh pada kekuatan jilidan saja. Lem juga akan memberikan pengaruh terhadap berbagai aspek lainnya pada buku dan jilidan tebal tersebut seperti:

  1. Estetika atau keindahan bukunya. Lem akan memberikan pengaruh pada kualitas hasil jilid buku tebal dari segi estetikanya. Ketebalan lem, efek lem pada warna, sampai kerapian lem adalah aspek-aspek yang terpengaruhi oleh penggunaan adhesive yang dipilih.
  2. Tingkat keawetan buku. Lem pada dasarnya tak hanya memengaruhi daya rekat saja. Tapi juga keawetan perekatannya. Ada lem yang daya rekatnya baik tapi ternyata tidak awet atau tahan lama. Akibatnya jilidan buku juga menjadi tak tahan lama. Misalnya, lem yang ikatannya kuat, tapi akan mudah lepas ketika terpapar air. Bila sudah demikian, maka buku pun akan turut terlepas juga antar lembaran-lembarannya.
  3. Tingkat keamanan buku. Hal ini disebabkan adanya kandungan kimia pada adhesive yang tak selamanya merupakan bahan yang aman digunakan. Bila lem yang digunakan kurang aman, tentu saja buku menjadi kurang aman tatkala kita menghirup udara di sekitarnya. Hal ini sangat perlu diwaspadai, apalagi bila target pembaca buku tebal tersebut adalah anak-anak yang daya tahan tubuhnya belum berkembang secara sempurna.

Selain itu, lem yang digunakan untuk jilid buku tebal juga akan memengaruhi proses selama penjilidan tersebut. Lama jilidan misalnya, juga hal yang dipengaruhi oleh pilihan adhesive Anda. Sebab, tingkat kecepatan kering lem berbeda antar satu produk dengan yang lain. Ada yang memiliki kecepatan lem ideal, namun ada juga yang terlalu lama kering atau malah terlalu cepat kering. Hal-hal ini pada akhirnya juga akan memberikan pengaruh pada biaya dan tenaga yang harus dikeluarkan selama proses produksi. Sehingga dengan kata lain, lem akan mempengaruhi efisiensi proses penjilidan.

Kami Jual Lem untuk Jilid Buku Tebal lho!

buku tebal

Menyadari betapa pentingnya lem untuk proses penjilidan, terutama yang tebal, di lemkertas.com kami menyediakan adhesive yang bisa digunakan untuk kebutuhan tersebut. Silahkan hubungi Customer Service kami untuk mendapatkan informasi terkait dengan hal ini. Atau, Anda juga bisa melakukan pemesanan secara langsung dengan tahapan sebagai berikut.

  1. Kontak dulu Customer Service kami. Nomor kontak dan alamat email untuk CS kami sudah tersedia di website ini.
  2. Berikan data untuk pemesanan berupa nama Anda, produk yang dipesan, jumlah produk yang dipesan, alamat pengiriman, dan juga kurir pengiriman yang Anda kehendaki.
  3. Tunggu CS kami memrosesnya. Setelah itu, kami akan memberikan estimasi biaya yang harus Anda bayarkan. Diskusikan lebih lanjut sampai semuanya beres. Setelah semuanya tepat dan sesuai kebutuhan Anda, CS akan memberikan tagihan dan juga nomor rekening tujuan pembayaran.
  4. Silahkan lakukan pembayaran menurut ketentuan yang disebutkan CS kami.
  5. Kirimkan bukti pembayaran tersebut kepada kami.
  6. Tunggu agar pesanan Anda diproses. CS akan segera mengoordinasikannya dengan bagian pengiriman. Selanjutnya, kami juga akan menginfokan nomor resi pengiriman setelah produk diserahkan ke kurir.
  7. Tunggu produk tersebut sampai di alamat yang Anda kehendaki. Selama proses ini, kami juga akan turut memantau dan membantu Anda agar produk betul-betul sampai.

Mudah bukan cara memesan lem ini? Selain mudah, Anda juga bisa melakukan pembelian secara langsung dan dan di berbagai marketplace. Pembelian secara langsung bisa Anda lakukan dengan mengunjungi Bio Service Point. Saat ini Bio Service Point berlokasi di Yogyakarta, Cirebon, dan juga Jepara. Sedangkan pembelian di berbagai marketplace bisa dilakukan di toko online langganan Anda. Caranya tentu saja sesuai prosedur tiap toko daring tersebut. Cari saja produk kami di toko online langganan Anda. Kami sengaja membuka opsi ini karena sadar banyak pelanggan yang terbiasa belanja di online shop.

Simpulan

Tak dapat dipungkiri, saat ini kebutuhan akan penjilidan memang semakin tinggi. Jasa jilid buku pun menjadi jasa yang lumrah ditemui. Jasa seperti ini bisa dimiliki oleh suatu penerbitan, bekerja sama dengan suatu penerbitan, atau di area sekitar kampus. Yang terakhir itu biasanya membuka jasa untuk mahasiswa dan dosen yang memang kerap harus membuat laporan, skripsi, dan lain sejenisnya.

Secara umum, jasa penjilidan sendiri adalah jasa yang tak sulit untuk dilakukan. Hanya saja, tak bisa dipungkiri bahwa menjilid buku yang tebal bukanlah hal mudah. Jilid buku tebal memberikan tantangan tersendiri di mana kita harus bisa memastikan buku itu tetap kuat, stabil, dan juga terlihat rapi. Berbagai upaya jelas perlu dilakukan. Salah satu yang terpenting adalah memilih lem yang aman digunakan. Kami di lemkertas.com, menyediakan lem terbaik untuk kebutuhan Anda tersebut.

Nah, sekiranya demikianlah pembahasan mengenai jilid buku tebal dan lem yang sebaiknya digunakan. Semoga bermanfaat ya. Terus update berbagai informasi menarik lainnya di lemkertas.com. Kami akan selalu hadir dengan informasi yang sangat menarik.

CS LemKertas
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here