Jenis Cover Buku dan Lem untuk Jilid Buku yang Tepat

261

Book binding atau penjilidan buku sejatinya adalah tema yang cukup menarik. Ia hampir selalu dibutuhkan dalam berbagai kebutuhan kita. Tanpa proses ini, kertas-kertas akan tercerai berai sehingga sulit dimanfaatkan. Salah satu komponen penjilidan buku sendiri adalah cover buku. Pemilihan cover buku bersama dengan perlengkapan yang lain seperti adhesive akan mempengaruhi hasil penjilidan.

Kertas merupakan salah satu benda yang memiliki banyak guna dalam kehidupan kita. Namun demikian, pemanfaatan kertas akan sulit dioptimalkan apabila tidak dijilid dengan baik dan benar. Ya. Book binding atau penjilidan kertas merupakan suatu proses yang tujuan utamanya adalah untuk mengoptimalkan fungsi kertas, baik kertas sebagai media tulis ataupun kertas sebagai media baca. Tanpa aplikasi jilid kertas, material tersebut akan tercerai berai dan sulit untuk dimanfaatkan.

Di lapangan sendiri, sampai saat ini telah diciptakan berbagai tipe atau jenis jilid kertas. Ada jilid spiral yang menerapkan kawat spiral khusus hingga jilid dengan penjahitan. Tiap proses penjilidan menawarkan kekhususannya tersendiri. Jilid spiral, misalnya. Secara estetik, hasilnya akan terlihat unik. Namun tipe penjilidan ini cenderung kurang praktis untuk jumlah kertas yang banyak. Tampilannya pun kurang formal makanya tak pernah diaplikasikan untuk penjilidan dokumen akademik seperti skripsi.

CS LemKertas

Bagi pelaku usaha jilid buku sendiri yang terpenting adalah memastikan kualitas hasil jilidan yang bagus terlepas dari tipe penjilidannya. Nah, bicara mengenai kualitas hasil jilidan ini, kita tentu tak bisa mengabaikan faktor alat dan bahan yang digunakan. Salah satu yang paling penting diperhatikan adalah masalah sampul buku.

Mengapa Cover Buku?

Cover atau sampul buku memiliki fungsi sangat penting bagi hasil jilidan secara umum. Pasalnya, bagian sampul inilah yang menjadi pelindung sekaligus sumber persepsi orang akan tampilan buku. Berikut ini rincian peran sampul pada dokumen yang dijilid secara umum:

  1. Mempengaruhi estetika hasil penjilidan. Hal ini begitu krusial karena yang pertama dilihat dari sebuah buku pastilah sampulnya. Kerapian buku pun terepresentasikan dari sampul yang digunakan.
  2. Mempengaruhi keawetan hasil penjilidan. Digunakan di bagian terluar, sampul adalah pelindung lembaran kertas di dalamnya agar tidak langsung terpapar air hingga kelembaban.
  3. Mempengaruhi kemantapan hasil penjilidan. Untuk jilidan yang tebal, idealnya sampulnya pun juga tebal. Jadi, buku lebih stabil dan tidak mudah rusak.

Di dunia penjilidan sendiri, ada dua tipe jilid kertas bila kita lihat berdasarkan sampulnya. Keduanya adalah jilid buku hardcover dan jilid buku softcover. Perbedaan di antara kedua tipe penjilidan itu terletak secara umum memang terletak pada kekerasan sampulnya. Akan tetapi, efeknya bisa begitu besar.

  1. Jilid buku hardcover membutuhkan perlengkapan yang lebih banyak dan keterampilan pekerja yang lebih baik. Jilid buku ini biasa diterapkan untuk pembuatan buku tebal seperti kitab suci, penjilidan skripsi, penjilidan tesis, hingga penjilidan laporan penelitian.
  2. Jilid buku softcover. Jilid ini lebih mudah dilakukan. Komponen atau alat dan bahan untuk membuatnya secara umum juga lebih mudah dilakukan. Contoh aplikasinya adalah untuk pembuatan makalah dan buku-buku novel.

Di antara keduanya, perbedaan cover buku yang digunakan juga memengaruhi biaya dan kecepatan proses penjilidan. Secara umum jilid dengan sampul tebal lebih mahal dan prosesnya juga lebih lama bila dibandingkan dengan jilid menggunakan sampul yang lebih tipis.

Apapun Sampulnya Gunakan Lem yang Tepat

Tapi, apapun sampul buku yang digunakan, hal yang tak bisa diabaikan adalah lem yang dipakai untuk jilid buku tersebut. Ya. Lem atau adhesive akan memberikan pengaruh sangat besar pada kualitas estetika, kemantapan buku, dan juga ketahanannya. Maka dari itulah, Anda perlu memilih lem yang kualitasnya betul-betul baik dan direkomendasikan untuk kebutuhan ini.

Rincian kualitas lem yang ideal adalah sebagai berikut.

  1. Harus memiliki daya rekat yang kuat sehingga jilidan buku termasuk dengan cover buku tebal tidak mudah lepas.
  2. Tidak boleh merusak kertas. Beberapa jenis lem mengandung bahan kimia yang akan membuat kertas rusak. Hindari lem seperti ini. Selalu gunakan lem yang dalam keterangannya bisa dipakai untuk kertas.
  3. Tidak boleh menyebabkan kerusakan keindahan atau estetika hasil jilidan. Beberapa lem cenderung meninggalkan warna yang buruk. Misalnya munculnya warna kekuningan hingga kehitaman. Hal ini harus dihindari karena jilidan menjadi terlihat tidak rapi dan jelek.
  4. Tidak boleh mudah rusak. Idealnya, ikatan lem tidak mudah rusak. Ikatan tersebut harus lebih resisten ketika terpapar oleh air, suhu, kelembaban, dan lain sebagainya.
  5. Mudah digunakan. Dengan lem yang lebih mudah digunakan, proses penjilidan akan lebih lancar.
  6. Kecepatan kering lem harusnya ideal
  7. Lem tidak mengandung zat toksik sehingga pekerja yang membuat jilidan lebih terlindungi
  8. Lem tidak meninggalkan bau menyengat yang tidak enak

Yuk, Pesan Sekarang Lem Phaethon

lem eva phaethon

Berdasarkan berbagai kriteria di atas, Anda bisa menggunakan adhesive kami, Phaethon. Lem ini memiliki berbagai keunggulan mulai dari daya rekat sampai estetika yang sangat menarik. Yuk, pesan sekarang juga adhesive ini. Lem ini memang memiliki banyak kelebihan untuk perekatan jilid buku. Pemakaiannya akan menghasilkan produksi buku yang lebih berkualitas dari berbagai aspek. Biaya produksi juga akan lebih hemat dengan proses pengerjaan yang lebih cepat.

Bagi Anda yang ingin membeli lem ini, Anda bisa melakukan pembelian pada salah satu dari ketiga pilihan di bawah ini.

  1. Pertama, pembelian secara online lewat website ini. Anda bisa menghubungi Customer Service kami dan akan dipandu sampai akhirnya mendapatkan lem Ultra Phaethon.
  2. Pembelian di toko online. Kami mengetahui banyak calon pembeli yang terbiasa belanja di toko online. Karenanya, kami juga membuka opsi pembelian ini. Anda bisa memperoleh Eva Phaethon di akun official kami ataupun di agen-agen kami.
  3. Pembelian secara langsung di Bio Service Point. Saat ini Bio Service Point bisa Anda temukan di Yogyakarta, Cirebon, dan Jepara.

Kesimpulan

Kertas telah menyertai manusia selama berabad-abad. Bahan ini bisa digunakan untuk berbagai fungsi sekaligus. Kertas bisa digunakan untuk menulis, media baca, menggambar, membuat laporan, dan lain sebagainya yang tak bisa disebutkan satu per satu. Namun demikian, sepenting apapun manfaat kertas, kita tak bisa menggunakannya begitu saja. Lembaran kertas harus dijilid atau diatur dengan baik. Tanpa penjilidan, manfaat kertas akan kurang teroptimalkan. Komponen book binding atau jilid kertas sendiri sangat banyak. Salah satunya adalah cover buku. Meski kelihatannya sepele, namun pemakaian sampul bisa memberikan pengaruh besar. Proses penjilidan juga dipengaruhi akan tipe sampul yang digunakan.

Semoga informasi ini bermanfaat. Nantikan terus beragam pengetahuan menarik lainnya yang bisa Anda dapatkan secara berkala di lemkertas.com.

CS LemKertas
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here