Mengenal Lem Kanji: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, dan Manfaatnya

1082
lem kanji

Salah satu jenis lem yang dikenal “tradisional” adalah lem dengan bahan dasar kanji. Seperti apakah lem ini? Apa kekurangan, kelebihan, dan fungsi atau guna yang ditawarkannya? Pertanyaan-pertanyaan ini akan kami ulas lengkap di artikel berikut.

Meski tak dianggap “penting’, pada kenyataannya lem merupakan salah satu produk yang punya andil besar dalam kehidupan kita. Makanya, tak heran bahwa tersedia beragam produk lem di pasaran. Lem-lem tersebut bisa dibagi menurut merknya, media yang bisa direkatkan, sampai dengan bahan dasarnya. Bicara mengenai bahan dasar lem, kali ini lemkertas.com akan membahas mengenai lem kanji.

Pengertian Lem Kanji

Sebagaimana namanya, lem ini bisa diartikan sebagai lem yang dibuat dari bahan kanji. Kanji sendiri merupakan jenis tepung khusus dengan ciri tersendiri.

Di antara berbagai lem yang lain, adhesive berbahan kanji adalah termasuk kelompok lem lama yang cara pembuatannya mudah dilakukan. Anda tak perlu alat woodworking canggih. Secara umum, lem ini bisa dibuat dengan cara mencampurkan tepung dengan air yang mendidih. Tak sulit bukan?

Karakteristik

  1. Biasanya hadir dalam bentuk kental dengan warna putih, putih kekuningan, or hingga abu-abu.
  2. Bau yang sangat khas
  3. Pengolesan yang tebal akan membentuk lapisan film lem yang juga tebal
  4. Daya rekat cukup baik untuk pengeleman kertas tulis dan selevelnya
  5. Biasanya cenderung menyebabkan glue line. Apalagi ketika pengerjaan kurang rapi. Akan nampak warna kehitaman di sekitar area pengeleman.
  6. Mudah digunakan dan biasanya memang ditujukan untuk kebutuhan pengeleman masyarakat awam.
  7. Bila dibiarkan di udara terbuka dalam waktu lama, substrat lem akan mengering

Kelebihan dan Kekurangan Lem Kanji

Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan lem ini? Yuk, simak satu per satu poin keunggulan dan juga kelemahan adhesive berbasis kanji.

lem kanji (2)

Kelebihan

  1. Mudah dibuat. Bahkan orang awam pun bisa membuat lem ini dengan cara yang relatif sederhana.
  2. Harganya biasanya murah, malah termasuk salah satu lem paling murah yang tersedia di pasaran.
  3. Mencukupi untuk kebutuhan pengeleman kertas biasa (bukan karton atau kardus)
  4. Tersedia di pasaran dalam jumlah banyak
  5. Mudah digunakan karena hanya perlu dioleskan saja pada media yang tidak sulit untuk ditangani.

Kekurangan

  1. Daya rekat tergolong lemah untuk kertas-kertas yang rigiditasnya tinggi. Lem ini tak akan bisa diandalkan untuk merekatkan media dengan gaya tolak tinggi.
  2. Ikatan lem juga tak begitu resisten terhadap berbagai faktor perusak
  3. Menyebabkan glue line sehingga untuk kebutuhan usaha kerajinan yang profesional agak merugikan
  4. Bau menyengat yang kurang enak
  5. Meski ditujukan untuk kebutuhan perekatan harian, namun lem ini bukan lem serba guna, tak akan bisa digunakan untuk merekatkan media sintetis seperti plastik

Dalam penggunaannya, sebaiknya Anda mencermati poin-poin karakteristik, kelebihan, dan juga kekurangan lem ini. Jadi, Anda akan benar-benar bisa memenuhi kebutuhan perekatan yang diinginkan.

Kami Sedia Lem Kanji? Tidak, Kami Sedia Ultra Phaethon!

Lem untuk Membuat Kolase Biji-bijian

Di lemkertas.com, kami menyediakan juga lem kertas yang mudah dan bisa selalu Anda gunakan. Namun produk yang kami hadirkan bukan lem berbasis kanji. Adhesive yang kami persembahkan khusus untuk Anda adalah lem Ultra Phaethon.

Ultra Phaethon pada dasarnya adalah lem dengan bahan dasar polyvinyl acetate. Lem PVA atau PVAc memiliki banyak keunggulan bila dibandingkan dengan lem berbasis kanji. Misalnya saja dari aspek:

  1. Daya rekat. Lem PVAc kami memiliki daya rekat yang jauh lebih kuat dibanding lem kanji.
  2. Ikatan lem yang lebih resisten. Ultra Phaethon memiliki resistensi yang baik terhadap paparan air, minyak, hingga panas.
  3. Bau yang lebih baik dibanding bau lem berbasis kanji yang sangat menyengat
  4. Lebih aman dan ramah lingkungan
  5. Tidak menyebabkan glue line dan karenanya sering diandalkan untuk kebutuhan usaha kerajinan yang profesional.
  6. Kecepatan kering lem lebih baik
  7. Tidak menyebabkan lapisan tebal film lem

Di pasaran sendiri, Ultra Phaethon bukan satu-satunya lem PVAc. Lem ini juga berbeda dari lem PVAc kebanyakan karena beberapa poin yang membuatnya lebih unggul. Salah satu yang krusial adalah ketahanannya pada air. Banyak lem PVAc di pasaran yang kurang tahan air dibandingkan dengan adhesive yang kami sediakan.

Bisa Digunakan untuk Apa Ultra Phaethon?

Bila lem kanji banyak dipakai untuk pengeleman kertas biasa saja, adhesive kami bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan yang lebih luas, misalnya:

Usaha Kerajinan Serat Alam

Beragam produk kerajinan serat alam juga bisa Anda buat bersama dengan Ultra Phaethon. Di Indonesia ada sangat banyak pelaku usaha kerajinan yang memanfaatkan natural fiber atau serat alam. Misalnya pemakaian eceng gondok, pelepah pisang, daun pandan, dan masih banyak lagi. Bahan-bahan tersebut kerap membutuhkan lem dalam aplikasinya. Tak jarang, selain untuk menempelkan komponen produk, lem juga diperlukan untuk menguatkan struktur produk. Dalam hal ini, Anda bisa selalu menggunakan adhesive kami, Ultra Phaethon.

Usaha Kerajinan Kertas

Seperti lem kanji, lem PVA Ultra Phaethon pun bisa Anda gunakan untuk perekatan kertas. Bahkan, Ultra Phaethon tak hanya bisa dipakai untuk perekatan biasa saja. Lem ini juga bisa digunakan untuk usaha kerajinan profesional yang memanfaatkan kertas.

Decoupage

Aplikasi decoupage pada kayu dan kain bisa dilakukan dengan lem ini. Misalnya, dalam pembuatan hiasan kayu berdecoupage bunga-bunga dengan tema klasik. Sedangkan bila decoupage hendak Anda terapkan pada bahan kaca atau kaleng, sebaiknya Anda menggunakan Eva Phaethon (adhesive yang juga kami sediakan di lemkertas.com).

Usaha Jilid Buku

Adhesive Ultra Phaethon juga bisa digunakan untuk usaha jilid kertas atau juga biasa disebut dengan jilid buku. Sebagai lem jilid buku, ada banyak kelebihan yang ditawarkan lem ini mulai dari daya rekatnya yang sangat baik sampai dengan sifatnya yang tidak mengotori kertas dan juga tidak tebal.

Plamir Tembok

Ya! Adhesive Ultra Phaethon pun rupanya bisa digunakan sebagai bahan plamir tembok. Lem ini memiliki banyak kriteria yang membuatnya bisa dipakai dalam proses finishing terutama pada tahapan pemberian dempul. Sangat menarik bukan?

Ayo Pesan Ultra Phaethon!

Seperti dijelaskan sebelumnya, kami memang tidak menyediakan lem kanji. Namun, kami menyediakan lem PVA Ultra Phaethon yang senantiasa bisa Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan. Jadi tunggu apalagi? Ayo pesan sekarang Ultra Phaethon. Sudah banyak lho pelaku usaha kerajinan dan jilid kertas yang menggunakan adhesive ini. Jangan sampai usaha Anda ketinggalan dari usaha mereka.

Cara pemesanan Ultra Phaethon sendiri sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu menghubungi Customer Service kami saja. Atau, bila Anda terbiasa belanja di online shop, Anda juga bisa membeli lem ini di berbagai marketplace. Toh, kami pun sudah menyediakan official account bila Anda ingin belanaj lem ini di toko daring tersebut.

Semoga bermanfaat ya. Terus nantikan berbagai informasi menarik lainnya seperti informasi mengenai lem kanji ini.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here