Kelebihan dan Kekurangan Meja Kayu Jati, Yuk Bahas Selengkapnya di Sini!

852
meja jati (2)

Bahasan kita mengenai meja kayu jati sudah begitu sering dilakukan. Jadi, khusus untuk artikel ini, lemkertas.com akan mengajak Anda membahas secara rinci mengenai kelebihan dan kekurangan meja ini. Anda bisa menggunakannya untuk dijadikan pertimbangan saat hendak membeli meja tersebut.

10 Keunggulan Meja Kayu Jati

Secara Estetik memang Menarik

Dari segi estetika, belum ada yang bisa menampik keindahan kayu jati. Jati hadir dengan warna coklat yang khas. Pola seratnya pun nampak sangat berkelas. Kayu ini merupakan material berkualitas tinggi untuk industri mebel. Karena keindahannya itulah, meja kayu jati biasa hadir dengan finishing natural transparent color. Beda dengan kayu lain yang biasa difinish dengan solid pastel color, jati hampir selalu dicat dengan warna transparan. Hal itu dilakukan karena pengrajin mebel menyadari betul keindahan kayu ini. Bahkan, mengecat jati dengan warna solid pastel yang menutup seluruh tampilan naturalnya dianggap sesuatu yang merugikan.

Sangat Kuat

Meja kayu jati memiliki kekuatan yang lebih tinggi dibanding meja yang lainnya. Hal ini sudah dibuktikan pada beberapa tes kekuatan kayu menurut standar tertentu. Kita juga bisa membuktikan secara mudah bahwa jati lebih kuat dibanding mangga dan softwood yang lain. Sedangkan secara umum, kayu ini sudah lama dikenal sebagai kayu kelas kuat I. Jadi, ia termasuk salah satu jenis kayu terkuat di dunia. Kelebihan ini memungkinkan meja jati Anda digunakan untuk kebutuhan yang heavy duty, misalnya untuk menempatkan benda yang berat. Dengan desain struktur yang tepat, pasti meja jati Anda memiliki kekuatan lebih baik lagi.

Sangat Tahan Lama

Meja ini memiliki resistensi yang baik terhadap berbagai faktor perusak. Jati juga memiliki struktur dan kandungan yang stabil. Hal ini membuatnya menjadi salah satu meja paling awet yang bisa kita andalkan. Bahkan dalam berbagai pengujian, jati sudah terbukti sebagai kayu dengan kelas awet I.

meja jati

Ingin menggunakan meja ini untuk garden furniture di taman yang terik? Mengapa tidak? Dengan karakternya yang tahan lama, meja ini pun dapat diandalkan untuk kebutuhan yang membutuhkan ketahanan ekstra tersebut.

Resisten terhadap Rayap dan Serangga lainnya

Jati memiliki kandungan tannin. Tannin adalah getah khusus yang dimiliki tiap tanaman. Namun kandungannya berbeda antara tanaman yang satu dengan yang lain. Yang jelas, tannin juga bisa bersifat toksik pada organisme lain. Akibatnya, jati menjadi kayu yang tidak digemari berbagai organisme seperti rayap dan kumbang bubuk. Meja jati pun akan lebih awet. Sebab meski jati sudah diolah menjadi meja, akan tetapi kandungan tannin-nya masih ada.

Resisten terhadap Jamur

Kandungan tanin jati, selain bisa melindunginya dari berbagai jenis serangga, juga akan melindunginya dari berbagai jenis jamur. Jadi mebel tetap terjaga keindahannya tanpa jamur, dan tetap awet karena tidak mengalami pembusukan akibat organisme tersebut. Sifat resisten seperti ini juga akan  menguntungkan Anda secara finansial. Sebab tatkala kayu lain harus diawetkan, Anda tidak perlu selalu harus mengawetkan kayu tersebut.

kayu jati

Heat Moderation

Kayu ini tak mudah panas tapi juga tidak mudah dingin. Meja dari bahan ini pun akan membuat suasana menjadi lebih nyaman. Apalagi bagi Anda yang tinggal di wilayah khusus. Misalnya di area yang dingin seperti di Bandung dan Malang. Penggunaan jati sebagai perabot jauh lebih menguntungkan dibanding mebel dari bahan yang lainnya.

Tidak Mudah Susut dan Mengembang

Kayu jati adalah kayu yang memiliki kestabilan tingkat tinggi. Hal tersebut, membuatnya tidak mudah kembang susut dibanding kayu yang lain. Saat dijadikan sebagai material mebel, seperti meja kayu jati, sifat ini akan membuat meja lebih tahan lama. Sebab baik panas atau dingin ekstrim tidak mudah merusak struktur internal kayu tersebut. Meja juga bisa digunakan sebagai outdoor furniture. Dengan sifat yang stabil, guyuran hujan dan paparan sinar matahari tak akan begitu saja merusaknya.

Bisa Dipercantik dengan Ukiran

Meja kayu jati sering hadir dengan ukir-ukiran cantik baik itu ukiran Jawa atau Bali. Pengrajin meja dengan ukiran pun sering menjadikan jati sebagai kayu favorit mereka. Hal ini wajar, mengingat jati mudah dibuat dengan teknik carved atau pengukiran. Keindahan agung hasil ukiran akan terwujud dengan begitu sempurna tatkala diterapkan pada bahan jati yang berkelas.

Cocok Dikombinasikan dengan Logam dan Bahan lainnya

Jati sangat fleksibel dipakai bersama bahan lainnya. Misalnya saja dengan logam, kayu olahan, plastik, hingga kaca atau gelas. Dengan keunggulan ini, kita pun bisa menikmati kecantikan meja kayu jati yang jauh lebih bagus tatkala dipadukan dengan bahan-bahan itu. Tampilan meja juga menjadi lebih variatif atau beraneka ragam.

Berat

Berat? Ya, berat juga merupakan salah satu keunggulan atau kelebihan meja yang terbuat dari teak wood. Jangan salah. Dengan sifat yang berat, meja akan lebih stabil. Meja tak mudah berpindah, dan dalam kondisi darurat, misalnya saat sedang terjadi bencana seperti gempa, perabot ini bisa memberokan perlindungan. Tapi ingat, beratnya meja jati tersebut harus diakomodir dengan struktur yang baik. Sehingga meja tidak rusak karena beratnya sendiri, melainkan menjadi lebih kokoh dan tidak mudah rusak.

meja jati

4 Kekurangan Meja Jati

Sangat Mahal

Jati memang mahal. Meja dari bahan ini pun menjadi meja dengan harga termahal di pasaran. Apalagi bila kayunya sudah tua, dan desainnya dilakukan dengan hati-hati. Sebagai alternatif, sebetulnya kita bisa:

  1. menggunakan veneer jati pada kayu olahan seperti MDF
  2. menggunakan pelapis sintetis seperti HPL pada kayu olahan seperti MDF

Veneer dan HPL jati akan membuat Anda tetap bisa menikmati kecantikan warna dan pola serat jati. Tapi harganya lebih terjangkau karena memanfaatkan kayu olahan yang murah.

Banyak Meja Kayu Jati yang Masih Muda

Karena permintaan meja jati yang begitu banyak, beberapa kalangan tidak bertanggung jawab sering memalsukan jati muda sebagai jati tua. Bahkan saat ini, membeli meja dengan kayu jati tua adalah salah satu tantangan besar yang sulit dilakukan.

Kadang Membuat Perlengkapan Woodworking Rusak

Karena faktor kayu yang keras, Anda harus hati-hati saat menggunakan perlengkapan woodworking. Pastikan agar berbagai perlengkapan tersebut tidak mengalami kerusakan.

Tetap harus Diperhatikan

Bagaimanapun juga, sebaik apapun meja kayu jati, perawatan tetap harus diperhatikan. Malah perawatan meja dari bahan ini sebetulnya cenderung membutuhkan ekstra caring dibanding mebel dari bahan lainnya. Setidaknya beberapa bulan sekali, meja harus dipercantik dengan semir kayu. Bila perlu, meja dipolish tiap minggu menggunakan wood polish seperti Biopolish.

Nah, itulah kelebihan sekaligus kekurangan meja kayu jati. Kelebihan meja ini akan menguntungkan Anda, sedangkan kekurangannya harus Anda antisipasi. Tapi secara umum, meja dari bahan ini memang unggul dari meja lainnya. Hanya saja, untuk mengakali harganya yang mahal, kita bisa menggunakan veneer sampai HPL jati. Pemakaian veneer sampai HPL jati bisa membuat meja kayu olahan tampak seperti meja jati, tapi harganya jauh lebih murah.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here