Ketika Meja Jati Belanda Tampak Menawan dengan Decoupage

1050
meja decoupage

Keindahan yang unik dari meja jati belanda bisa makin menawan dengan decoupage. Siapkan saja lem andalan kita, Ultra Phaethon, dan mari berkreasi untuk membuat meja yang lebih baik.

Jati Belanda yang Mempesona

Jati belanda sejak zaman dulu telah dikenal masyarakat Indonesia. Di Jawa kayu ini biasa disebut sebagai kayu jati londo. Londo adalah istilah jawa untuk nama Belanda. Nama Belanda sendiri terasosiasikan dengan produk tersebut, karena orang Indoensia zaman dulu menganggap segala hal yang dari luar sebagai Belanda. Kayu jati belanda yang sering dipakai untuk wadah benda yang dikirim via kapal pun mendapat julukannya tersebut.

Jati belanda sendiri hanya satu dari sekian banyaknya kayu yang ada di pasaran. Kayu ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dan karena keunikannya, apalagi dalam bentuk panel bekas peti kemas, kayu ini pun banyak dipakai untuk membuat mebel. Salah satunya untuk membuat meja dengan bahan jati belanda tersebut.

Ketika Meja Jati Belanda Dipilih

Meja sebagaimana disebut di atas adalah salah satu meja yang banyak dibuat dari bahan jati belanda. Apalagi pada jati belanda yang masih pallet atau peti kemas. Pemakaian pallet untuk membuat meja ternyata sangat menarik. Banyak kesan yang terlihat, mulai dari kesan vintage sampai kesan unik yang menggelitik.
Tapi mengapa memilih meja ini dan bukannya yang lain? Tentu ada beberapa alasan yang tersedia, angara lain:

1. Secara umum memiliki tampilan menarik apalagi bila kesan vintage ditonjolkan
2. Harga relatif lebih terjangkau dibanding mebel dengan bahan yang lain
3. Mudah diolah. Kayu ini juga sudah tersedia dalam bentuk panel sehingga lebih mudah untuk diolah lebih lanjut.

Sulitnya Finishing Meja Jati Belanda

Meski menarik, tapi meja pinus memiliki kekurangan tersendiri. Salah satunya sifat kayu yang sulit difinish dengan lancar. Kayu jati belanda memang bukan kayu yang mulus. Pada kayunya saja, ada banyak mata kayu dibanding kayu yang lain. Densitas kayu juga kadangkala berbda dari satu tempat ke tempat lain yang membuat pengecatan menjadi kurang seragam warnanya.

Lantas solusi apa yang bisa diambik? Biasanya, beberapa pembuat mebel mengakalinya dengan penggunaan dempul gypsum. Cara ini lumayan, meski mahal dan sulit untuk dipertahankan lebih lama. Selain itu, seringkali pula dilakukan teknik finishing natural transparent atau solid transparent.

Percantik Meja Jati Belanda dengan Decoupage!

meja decoupage (2)

Mungkin terdengar tak biasa. Tapi salah satu cara mudah untuk menghias produk seperti mebel adalah dengan mengaplikasikan decoupage. Decoupage merupakan teknik kerajinan di mana dipakai napkin bergambar untuk kemudian ditempelkan pada meja. Setelah itu, seluruh permukaan meja dicat dengan clear varnish atau pernis bening. Ada banyak bahan yang bisa didecoupage. Selain meja kayu, berbagai bahan lain seperti kaleng, gelas, hingga kain pun bisa dipercantik dengan teknik ini. Apalagi teknik ini sangat mudah dilakukan. Toh yang dibutuhkan paling utama adalah kecermatan, kerapian, dan ketelitian yang tinggi.
Penasaran bagaimana cara decoupage pada meja jati belanda ini? Yuk simak langsung tutorialnya di bawah ini.

Alat dan Bahan

1. Meja jati belanda. Meja sebaiknya sudah difinish tapi belum sampai tahapan coating atau clear coat (top coat).
2. Amplas
3. Clear varnish. Jenisnya harus sesuai dengan bahan finishing lain. Maksudnya, bila bahan finishing lain adalah water based, maka clear varnish juga harus water based.
4. Napkin decoupage
5. Alat tulis
6. Gunting
7. Kuas, baik kuas untuk megaplikasikan clear varnish ataupun lem.
8. Clear varnish atau pernis bening (produk cat bening berfungsi sebagai lapisan proteksi teratan finishing).
9. Lem khusus kerajinan, Ultra Phaethon. Kami tidak merekomendasikan lem lainnya karena belum tentu kualitasnya sebaik lem Ultrav Phaethon.

Langkah-langkah

1. Yang pertama, tentukan dulu rupa atau desain meja yang hendak dibuat. Lalu tentukan di mana napkin diterapkan. Bila dirasa perlu, buat gambar dulu untuk memberikan gambaran kasar tampilan meja setelahnya.
2. Pilihlah napkin decoupage sesuai selera. Ada banyak gambar yang bisa dipilih, mulai dari gambar bunga, gambar pemandangan alam, gambar potret manusia, dan masih banyak lagi yang tidak bisa disebutkan satu per satu.
3. Siapkan meja jati belanda, bersihkan lalu keringkan. Sementara itu, guntinglah napkin dengan rapi agar hasilnya terlihat baik.
4. Siapkan Ultra Phaethon.
5. Rekatkan napkin dengan Ultra Phaethon pada tempat yang telah direncanakan. Hati-hati, gunakan Ultra Phaethon seperlunya saja agar pengeleman rapi.
6. Biarkan pengeringan lem selesai.
7. Siapkan cat pernis bening. Cat ini akan melindungi napkin dan keseluruhan permukaan meja.
8. Encerkan bila perlu sesuai dengan petunjuk pemakaian produk tersebut.
9. Aplikasikan cat tersebut ke seluruh permukaan meja terutama di bagian papan di mana decoupage diterapkan.
10. Biarkan hingga lapisan clear varnish benar-benar kering.
11. Lakukan pengamplasan secara perlahan. Lakukan saja supaya permukaan meja halus.
12. Bila perlu, ulangi lagi aplikasi pernis sampai mendapat tampilan yang diinginkan.
13. Selesai!

meja jati belanda decoupage

Beli Ultra Phaethon di Sini!

Bagi yang tertarik mengaplikasikan decoupage pada meja jati belanda tersebut, segera beli lem andalan untuk kerajinan, Ultra Phaethon. Lem ini selain sangat baik juga memiliki harga yang terjangkau. Selain itu, kini pembelian juga bisa dilakukan secara online. Jadi, Anda akan dengan cepat mendapatkan lem ini tanpa harus pergi lama-lama. Nah, ketiga cara pembeliannya tersebut antara lain:

1. Membeli dengan cara online pada website lemkertas.com. Lihatlah di laman web ini ada fitur Pesan Sekarang. Manfaatkan fitur tersebut untuk kontak langsung dengan Customer Service kami. Anda juga bisa berkonsultasi lebih lanjut mengenai adhesive yang dibeli di website ini.
2. Membeli dengan cara melakukan pemesanan di laman official facebook Bio Industries dan Eva Phaethon.
3. Membeli dengan cara online di berbagai marketplace. Misalnya saja bukalapak, tokopedia, dan lainnya yang tak dapat disebutkan satu per satu.

Khusus untuk pembelian secara konvensional, bisa dilihat di tempatnya langsung. Pembelian secara langsung ini bisa dilakukan di kantor Bio Industries ataupun di kantor agen perusahaan tersebut.

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa proses pembuatan meja jati belanda yang cantik dengan decoupage tidaklah sulit. Bahkan mudah. Tapi lihat sendiri bukan hasilnya yang sangat menarik? Teknik ini tak hanya bisa diterapkan untuk kebutuhan pribadi lho. Anda pun bisa mencobanya untuk menghasilkan keuntungan. Coba saja jual meja seperti ini (meja lipat misalnya). Pasti akan sangat menarik.

jual lem untuk wallpaper

Nah, demikian pembahasan kali ini seputar tutorial decoupage pada meja jati belanda. Ingat, selalu gunakan Ultra Phaethon yang memang diformulasikan untuk kebutuhan seperti ini.

Semoga bermanfaat dan nantikan terus artikel dari lemkertas.com lainnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here