Wujudkan Ruang Lebih Menawan dengan Lem untuk Pelapis HPL Dekorasi Interior

916
interior dekorasi dengan hpl

Ingin ruangan yang lebih baik dari segi estetika? Kenapa tidak coba dekorasi interior dengan high pressure laminate? Tapi jangan lupa, agar aplikasi pelapis tersebut maksimal, gunakan lem untuk pelapis HPL dekorasi interior, Eva Phaethon.


Untuk membuat sebuah ruangan tampak menarik, tentu harus ada beberapa hal yang dilakukan. Usaha-usaha tersebut bisa diwujudkan dengan cara menambahkan furniture yang tepat maupun menggunakan hiasan dekorasi tertentu. Ilmu yang mempelajari mengenai hal ini pun ada tersendiri, yakni ilmu desain dan dekorasi interior. Secara definisi, desain interior adalah ilmu yang membahas mengenai perancangan karya seni dalam bangunan. Perancangan yang dimaksud antara lain meliputi bidang arsitektur bangunan terkait. Sedangkan dekorasi interior adalah kegiatan menghias ruangan agar tercipta ruangan yang menarik secara estetik. Bila desainer interior merancang perabot, maka seorang interior decorator akan menentukan penempatannya dalam suatu ruangan. Dua ilmu ini saling terkait satu sama lain, meski memiliki perbedaan.

Dewasa ini, trend desain interior yang berkembang adalah trend desain interior minimalis. Tampilan sederhana minimalis yang justru sangat menarik biasanya dicirikan dengan warna yang elegan namun tegas, tak banyak memiliki motif, dan memiliki bentuk-bentuk simetris. Trend seperti ini cocok dengan gaya hidup modern yang memang mengedepankan nilai-nilai kepraktisan tanpa kehilangan daya pikatnya.

Pemanfaatan HPL untuk Desain Interior Bangunan

Perubahan trend desain jelas akan berdampak pada perubahan material bangunan yang digunakan. Salah satu bahan yang terlihat signifikan mengalami peningkatan pemakaian adalah high pressure laminate atau HPL. HPL seperti telah kita bahas pada artikel sebelumnya adalah pelapis yang terdiri dari beberapa layer atau lapisan. HPL biasanya memiliki lapisan dasar, lapisan untuk tampilannya, dan yang paling atas adalah lapisan anti gores. Pelapis ini terbuat dari bahan sintetis sehingga berbeda dari veneer yang merupakan kayu solid dipotong tipis. HPL sendiri mengalami peningkatan pemakaian tak lepas dari disukainya trend desain minimalis. Meski tentu saja bahan ini juga sudah lama digunakan untuk pembuatan berbagai furniture.

iasanya, pelapis seperti HPL dimanfaatkan sebagai material coating dalam proses finishing tempel untuk kayu engineered atau kayu olahan, misalnya:
1. Kayu lapis atau plywood
2. Kayu fiber atau fiberboard yang terdiri dari MDF (Medium Density Fiberboard) dan HDF atau High Density Fiberboard)
3. Particle board
4. Block board
5. Dan berbagai tipe kayu olahan lainnya

Umumnya, kayu olahan memiliki sifat kurang tahan air. Saat difinishing pun, aplikasi cat akan sulit dilakukan. Dengan adanya HPL inilah, berbagai kayu olahan tersebut bisa dipercantik sekaligus diproteksi.
Lantas bagaimana fungsi HPL tatkala dipakai untuk interior bangunan? Jawabannya banyak. Sebab pelapis ini pun bisa digunakan untuk lantai hingga dinding. Kadang kala, aplikasi bahan ini diterapkan pada kayu lapis yang digunakan sebagai dinding bangunan. Dengan pelapisan menggunakan HPL, kayu lapis akan tampak lebih menarik sekaligus terlindungi dari faktor-faktor yang merusaknya.

Mau Percantik Ruangan dengan HPL? Ini Tipsnya

ruangan hpl

Meski menarik, cara memasang HPL pada dinding ruangan, bukanlah perkara sepele. Salah satu hambatan terbesarnya disebabkan karena pelapis ini memang tak begitu mudah diterapkan. Apalagi pemotongannya harus dilakukan secara manual. Oleh sebab itulah, harus dilakukan kecermatan untuk aplikasi HPL. Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini kami sajikan beberapa tips memasang HPL:

1. Gunakan lem untuk pelapis HPL dekorasi interior yang bagus. Sebab lemlah yang berperan mereketakan HPL dengan medianya. Lem akan berdampak pada banyak aspek. Misalnya saja aspek estetika hingga keawetan.
2. Sebelum aplikasi finishing tempel menggunakan high pressure laminate, pastikan permukaan media sudah benar-benar bersih dan rata. Usahakan juga medianya sudah kering. Bila perlu, gunakan MC meter atau Moisture Content Meter terlebih dahulu untuk mengetahui kelembaban substrat.
3. Pilih HPL dengan warna dan gambar yang cocok. High pressure laminate adalah pelapis yang tersedia dalam aneka varian sehingga Anda tak perlu selalu memilih “yang itu-itu saja”.

Lem untuk Pelapis HPL Dekorasi Interior yang Kami Sarankan

Sebagaimana disebut di atas, salah satu tips yang kami tekankan untuk aplikasi HPL yang lebih baik adalah bahan perekatnya. Bahan perekat bukan hanya berkaitan dengan menempel tidaknya produk namun juga terkait dengan estetika hasil penempelan. Rata tidaknya permukaan, misalnya, akan sangat dipengaruhi oleh lem yang digunakan.

Lemkertas.com sebagai situs terpercaya mengenai adhesive menghadirkan perekat terbaik untuk kebutuhan ini. Lem yang kami sarankan adalah Eva Phaethon. Adhesive Eva Phaethon merupakan adhesive berbasis ethylene vinyl acetate. Lem ini sangat cocok digunakan untuk kebutuhan pemasangan HPL sebagai komponen interior ruangan karena beberapa feature menarik yang dimilikinya di bawah ini.

1. Sangat kuat dan dilengkapi dengan inner cross linker modifier. Lem untuk pelapis HPL dekorasi onterior ini mampu menciptakan ikatan saling silang yang sangat kuat dan stabil. Sebagai dampak baiknya, pelapis High Pressure Laminate pun akan lebih kuat merekat pada medianya.
2. Sangat tahan lama. Adhesive ini secara khusus memiliki ketahanan pada air, solvent, dan panas. Dengan demikian, Eva Phaethon bisa dibilang sebagai lem yang memiliki kualitas resistensi lebih dari cukup untuk penggunaan dalam ruangan.
3. Lem ini tidak menyebabkan bau menyengat pedas sebagaimana lem berbasis solvent.
4. Eva Phaethon merupakan lem berbasis ethylene vinyl acetate yang khusus didesain untuk perekatan dengan media yang berbeda. Jangan salah. Tidak semua adhesive di pasaran memiliki feature spesifik seperti ini.
5. Lem ini tidak menyebabkan glue line atau garis pengeleman. Glue line biasanya disebabkan karena lapisan film lem yang saat mengering malah menunjukkan warna kontras dengan medianya.
6. Relatif lebih aman, terutama bila dibandingkan dengan adhesive lainnya di pasaran.
7. Sangat mudah dan praktis digunakan. Aplikasi High Pressure Laminate yang sulit pun akan tertolong dengan pemakaian perekat yang murah ini. Apalagi penggunannya juga tak memerlukan alat dan bahan tambahan khusus.

lem yang bagus untuk hpl

Yuk, Pesan Lem untuk Pelapis HPL Dekorasi Interior ini!

Eva Phaethon telah lama menjadi andalan industri furniture yang memanfaatkan HPL. Kini, adhesive tersebut juga dipercaya sebagai lem untuk kebutuhan desain interior. Feature-feature yang ditawarkan adhesive ini memang sangat menarik mulai dari kekuatannya hingga keamanannya. Tertarik menikmati aneka keunggulan adhesive ini juga? Caranya mudah.
Untuk membeli Eva Phaethon, Anda cukup menghubungi kami via kontak Customer Service yang disediakan.

nda bisa segera menyebutkan produk yang akan dipesan serta alamat pengirimannya. Lem ini juga telah tersedia di berbagai online shop seperti Bukalapak hingga Tokopedia. Jadi, Anda yang terbiasa belanja di marketplace pun tak perlu khawatir. Cari saja Eva Phaethon pada mesin pencarian tiap online shop.
Nah, demikian informasi mengenai lem untuk pelapis HPL dekorasi interior. Semoga bermanfaat ya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here