Lebih Kuat, Ini Dia Lem untuk Tacon dan Decosit yang Bagus

3594
pelapis pvc

Apa itu tacon dan decosit? Apa lem yang tepat untuk kedua bahan tersebut? Pada kesempatan kali ini, lemkertas.com akan mengulas mengenai kedua material itu sekaligus lem untuk tacon dan decosit yang tepat untuk dipilih. Semoga bermanfaat ya!

Apa Pengertian Tacon dan Decosit?

Baik taco maupun deco sebenarnya bukan pelapis yang berbeda jauh. Keduanya merupakan pelapis yang sama-sama dibutuhkan dalam aplikasi finishing tempel. Tak seperti veneer yang terbuat dari irisan sangat tipis kayu solid, kedua pelapis ini terbuat dari bahan sintetis dengan bentuk lembaran tipis yang fleksibel. Beberapa perbedaan antar keduanya antara lain adalah adanya lapisan tekstur pada taco sheet, ketebalan lapisannya (deco sheet lebih tipis dibandingkan taco sheet), dan harganya.

Dalam industri woodworking, baik taco atau deco banyak dijadikan alternative finishing laminate dengan biaya terjangkau. Apalagi untuk kayu engieneered atau olahan yang kurang bisa difinish menggunakan bahan konvensional seperti cat.

Mengapa Menggunakan Tacon dan Decosit?

Tentu ada alasan tersendiri mengapa pekerja woodworker memakai kedua pelapis ini. Secara umum, penggunaan tacon atau decon menawarkan beberapa kelebihan, antara lain:

1. Saat ini, tacosheet atau decosheet sudah tersedia dengan sangat banyak pilihan warna maupun pola yang dapat dibeli di pasaran.
2. Khusus untuk taco sheet, permukaannya memiliki lapisan yang sedikit bertekstur sehingga menimbulkan daya tarik tersendiri.
3. Pelapis ini dijual dalam bentuk gulungan dengan ukuran yang sangat panjang. Dengan demikian, akan memudahkan kita untuk aplikasi finishing tempel di permukaan yang luas.
4. Keduanya memiliki karakter fleksibel, mengikuti bentuk produk media
5. Secara umum menyediakan alternative finishing yang murah.
6. Bila dibandingkan dengan pelapis lainnya, harganya relatif terjangkau
7. Cara aplikasi yang praktis sehingga memudahkan pengerjaan suatu produk

Meskipun demikian, tentu bahan ini juga memiliki beberapa kekurangan, yakni:

1. Warna kedua pelapis ini secara umum kurang awet. Bahkan tacosheet bisa menguning seiring dengan berjalannya waktu
2. Kurang tahan pada panas dan paparan matahari langsung
3. Bentuk yang sangat tipis sehingga aplikasinya perlu dilakukan dengan kehati-hatian ekstra

Pemakai taco sheet ataupun deco sheet jelas perlu mempertimbangkan kelebihan ataupun kekurangan bahan ini sebelum menggunakannya. Kelebihannya perlu ditonjolkan sedangkan kekurangannya perlu diantisipasi. Contoh, mengingat kedua bahan ini kurang tahan pada paparan matahari, ada baiknya kita menghindari aplikasinya untuk eksterior.

pelapis

Apa Lem untuk Tacon dan Decosit yang Tepat?

Pada semua aplikasi finishing dengan pelapis, ketersediaan lem sangat krusial. Sebab adhesivelah yang berperan merekatkan pelapis pada media yang akan dilapisinya. Lantas apa lem yang tepat untuk tacosit ataupun decosit?

Yang sebelumnya perlu dipahami, lem merupakan bahan kimia yang cara kerjanya mengikat media secara kimia. Lem-lem yang kita jumpai di pasaran memiliki formulasi berlainan dan karenanya memiliki fungsi sendiri-sendiri. Ada lem yang secara kimia hanya mampu berikatan dengan kayu, hanya dengan besi, dan lainnya. Perekatan tacon dan decon sendiri seringkali dilakukan pada media dengan karakter berbeda dengan kedua sheet tersebut. Seperti misalnya aplikasi tacon pada kayu olahan. Dengan demikian, lem yang kami rekomendasikan untuk aplikasi finishing seperti ini adalah Eva Phaethon. Mengapa Eva Phaethon? Pertama, jelas karena kemampuan adhesive ini untuk mengikat media beda karakter.

Selain itu, lem ini juga unggul karena:

1. Dibanding adhesive lainnya, daya rekatnya jauh lebih kuat
2. Memiliki ketahanan pada air, solvent, dan panas
3. Aplikasinya dapat dilakukan di berbagai media yang berbeda-beda
4. Merupakan lem yang tidak menyebabkan lapisan film tebal, dan tidak perlu diaplikasikan tebal hanya agar perekatannya kuat
5. Tidak menyebabkan glue line (meninggalkan warna atau merusak warna produk)
6. Cepat kering
7. Cover area luas
8. Daya sebar baik sehingga memudahkan aplikasi dengan lem yang merata
9. Harga yang sangat terjangkau
10. Cara aplikasi yang sangat praktis mengingat adhesive ini merupakan adhesive 1 komponen
11. Solid content atau berat kering lem yang tinggi

Berapa Harga Lem untuk Tacon dan Decosit?

Lem untuk Tacon dan Decosit

Lem Eva Phaethon sebagai adhesive yang kami sarankan untuk tacosheet dan decosheet, bisa Anda beli dengan harga sangat terjangkau. Anda hanya perlu membayar dengan harga Rp. 148.000 untuk kemasan 4 kg. Selain itu, lem ini juga memiliki beberapa feature yang membuatnya jauh lebih hemat digunakan sehingga biaya produksi dapat diturunkan. Berikut ini beberapa feature tersebut:

1. Solid content lem yang tinggi
2. Daya rekat sangat baik sehingga tak perlu diaplikasikan banyak-banyak
3. Cover area luas
4. Cara aplikasi yang tak membutuhkan alat dan bahan tambahan
5. Kecepatan kering adhesive yang sangat baik sehingga proses pengerjaan laminasi dengan taco sheet dan deco sheet menjadi lebih tepat

Bagaimana Cara Membeli Lem untuk Tacon dan Decosit?

Seiring dengan semakin banyaknya permintaan untuk mendapatkan Eva Phaethon, Bio Industries sebagai manufaktur adhesive tersebut memperbanyak opsi pembelian. Saat ini, pelanggan dapat membeli Eva Phaethon dengan setidaknya keempat pilihan di bawah ini.

1. Pembelian secara online langsung pada website ini. Anda dapat memanfaatkan fiture Pesan Sekarang yang akan mengantarkan Anda langsung untuk kontak dengan Customer Service kami.
2. Pembelian pada laman resmi Bio Industries.
3. Pembelian secara online pada berbagai online shop. Opsi ini khusus dibuka bagi para pelanggan yang terbiasa jual beli di marketplace atau toko online seperti Bukalapak dan Tokopedia
4. Pembelian secara langsung di Bio Industries termasuk agen-agennya yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia

Contoh Produk dengan Finishing Tempel Tacon dan Decosit

Dengan Eva Phaethon, Anda bisa mewujudkan berbagai produk berkualitas tinggi yang dilapisi dengan kedua sheet atau pelapis tersebut. Berikut ini contoh beberapa produk yang memang banyak dibuat dari kedua coating tersebut.

Almari

Almari adalah salah satu perabot yang banyak dibutuhkan manusia. Permintaan almari yang sangat tinggi tersebut menyebabkan pemakaian kayu olahan (yang harganya murah dan supply-nya terjaga) menjadi semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Digunakannya engineered wood atau kayu olahan pun secara tak langsung menyebabkan pemakaian coating meningkat.

Elemen Bangunan Interior

Berbagai elemen bangunan juga bisa dihias menggunakan tacosheet atau decosheet. Misalnya saja untuk bagian dinding tertentu atau bahkan area lantai tertentu.

Desk

Desk terutama untuk kebutuhan office sangat banyak yang saat ini difinish dengan laminate, termasuk tacosit atau decosit. Desk-desk seperti ini banyak dicari karena harganya yang lebih murah namun tampilannya tak kalah menarik.

Selain ketiga contoh di atas, tentu masih banyak produk lain yang dihasilkan dengan aplikasi Eva Phaethon pada tacon ataupun decon. Misalnya saja berbagai jenis office furniture, rak, meja belajar, dan lainnya yang tak dapat disebutkan satu per satu.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here