Apa itu Deco Sheet? Yuk Kenali Bersama dan Cari Lem yang Tepat Digunakan

10118
decosheet

Pernah kenal istilah deco sheet atau biasa disebut decosit? Bagi Anda yang biasa di bidang furniture atau perabot, pastinya istilah tersebut pernah Anda dengar. Apalagi bila bidang furniture tersebut spesifik pada kabinet dapur (kitchen cabinet and set). Nah, kali ini, kita akan membahas bersama mengenai deco sheet. Lemkertas.com juga akan merekomendasikan lem yang tepat digunakan untuk aplikasi bahan ini.

Finishing Tempel dan Berbagai Materialnya

Di zaman ini, proses finishing tak harus dilakukan dengan plitur atau cat. Terdapat berbagai teknik yang sudah dikembangkan. Misalnya saja teknik finishing tempel. Sebagaimana namanya, teknik finishing ini melibatkan proses penempelan pada media yang akan difinish.
Mengapa metode ini dilakukan? Jawabannya karena tak semua media memiliki syarat untuk dicat. Kayu olahan seperti MDF misalnya. Material tersebut mudah menyerap cairan sehingga ketika cat diaplikasikan, cat yang dipakai akan boros. Warna cat juga cenderung jelek karena tak seragam di sana-sini. Bila hanya ditujuan untuk kebutuhan sendiri jelas tak mengapa. Tapi bagaimana bila kita melakukan proses finishing kayu olahan untuk kebutuhan profesional? Jelas kekurangan MDF tersebut saat dicat tak bisa diabaikan.

Lantas apa bahan yang ditempel pada finishing ini? Apa material yang dapat dipakai? Pertama, bahan yang ditempelkan pada metode finishing ini biasanya berupa lembaran tipis. Vinir atau veneer adalah contohnya. Terbuat dari kayu yang diiris sangat tipis, veneer menjadi salah satu bahan finishing tempel yang paling banyak digunakanb sekaligus dikenal oleh masyarakat awam.

Adapun, bila kita bedakan berdasarkan bahan pembuatnya, pelapis untuk finishing ini bisa dibedakan menjadi:

  1. Pelapis organik seperti Veneer
  2. Pelapis non organik

Pelapis non organik atau sintetis telah tersedia sangat banyak di pasaran. Kebanyakan pelapis terbuat dari polimer plastik. Salah satu pelapis finishing tempel yang paling banyak dipakai adalah HPL (High Pressure Laminate). Namun selain HPL terdapat berbagai jenis finishing lainnya. Decosit atau deco sheet adalah contohnya. Seperti apa dan bagaimana kah pelapis ini?

Pengertian Deco Sheet

Decosheet sebagaimana namanya adalah produk berbentuk sheet atau lembaran. Bahan ini termasuk kelompok pelapis non organik atau sintetis sepertihalnya HPL. Bahan ini juga tersedia dalam berbagai warna ata tampilan yang sangat menarik. Pembeli pun menjadi lebih leluasa dalam menentukan pilihannya.

Meski demikian terdapat perbedaan signifikan antara deco dengan HPL. Salah satunya dalam hal keawetan. Berdasarkan aspek tersebut, HPL jelas lebih awet dibanding deco. Tak mengherankan bila kemudian harga High Pressure Laminate menjadi jauh lebih tinggi dibanding decosit. Di luar itu, deco sendiri cenderung mudah robek. Bahan ini juga tak tahan terhadap panas ataupun solvent.

Di berbagai toko bangunan, kita akan dengan mudah menjumpai produk ini dengan dalam bentuk roll atau digulung. Tinggi gulungan deco bisa mencapai 120 cm dengan ketebalan kurang dari 1 mm.

deco sheet

Kelebihan dan Kekurangan Deco Sheet

Tiap produk, pasti memiliki kelebihan ataupun kekurangan. Demikian juga dengan dekosit. Kelebihan dan kekurangan material ini adalah sebagai berikut.

Kelebihan

Jauh lebih tipis dari taco sheet sehingga lebih fleksibel ketika kita menggunakannya.
Merupakan pelapis yang tak mudah untuk mengelupas
Harga yang relatif terjangkau bila dibandingkan dengan bahan finishing tempel lainnya.
Memiliki panjang yang tak terbatas sehingga cocok untuk finishing perabot yang juga panjang

Kekurangan

Secara umum, deco sheet merupakan pelapis yang tidak tahan panas. Jadi sebenarnya, pemakaian bahan ini kurang ideal untuk produk dapur seperti kitchen set di area sekitar kompor
Harus diaplikasikan secara hati-hati supaya tidak rusak.

Berapa Harga Deco Sheet?

Harga produk ini sangat beragam. Anda bisa mendapatkan harga promo yang bahkan hanya Rp. 20.000,-. Namun secara umum, harga produk ini berkisar di angka Rp. 30.000 ke atas. Makin mahal, jelas kualitasnya semakin baik. Tapi variasi harga yang terjadi akibat faktor non kualitas masih ada. Di toko-toko harga dekosit pun tak bisa disamakan. Apalagi toko-toko antar daerah. Masalah transportasi hingga kebijakan tiap toko pastilah berpengaruh pada harga pelapis ini.

Finishing Furniture dengan Deco Sheet?

decosit

Dengan berbagai karakternya, Anda bisa mempertimbangkan pemakaian decosit untuk pembuatan mebel. Namun yang jelas, sampai saat ini, deco termasuk salah satu bahan finishing tempel yang banyak digunakan. Decosit sering dipakai untuk:

  1. Kabinet dapur
  2. Meja
  3. Rak
  4. Office furniture atau furniture kantor
  5. Elemen bangunan tertentu
  6. Lemari
  7. Pintu dan jendela (bagian frame)

Eva Phaethon untuk Deco Sheet

Penempelan material berupa pelapis, seperti decosit sudah pasti membutuhkan lem atau bahan perekat. Seperti telah dijelaskan di atas, cara-cara seperti ini sering disebut sebagai metode finishing tempel. Pada tipe finishing seperti ini, kualitas lem sangat berpengaruh pada kualitas akhir produk yang diolah. Bagaimana tidak? Bila lem yang digunakan tak kuat (misalnya) jelas pelapis akan lepas dari medianya.

Apa lem yang sebaiknya digunakan untuk kebutuhan ini? Ada beberapa kriteria yang perlu dijadikan bahan pertimbangan:

  1. Kecocokan lem dengan tipe perekatan.
  2. Pengaruh lem pada kekuatan dan keawetan produk
  3. Pengaruh lem pada keamanan produk
  4. Pengaruh lem pada estetika produk

Berbagai aspek di atas memiliki nilai yang sama pentingnya. Karena itu, sebaiknya kita memilih lem dengan benar-benar cermat. Lemkertas sendiri merekomendasikan lem untuk finishing tempel andalannya, Eva Phaethon. Berbasis EVA atau ethylene vinyl acetate, lem ini menjadi bahan perekat terbaik untuk pelapis seperti deco sheet.

Eva Phaethon unggul karena:

  1. Daya rekat atau kekuatan lem yang sangat baik
  2. Ikatan adhesive yang sangat stabil
  3. Ketahanan lem pada air, solvent, hingga panas
  4. Mudah digunakan
  5. Praktis digunakan tanpa perlu alat dan bahan khusus
  6. Harga sangat terjangkau yakni hanya Rp. 148.000,- saja untuk kemasan 4 kg
  7. Lebih aman digunakan
  8. Cover area luas
  9. Berat kering tinggi

Jual Eva Phaethon di Sini!

Ayo, Kenali Merk Jenis Lem untuk HPL

Lem untuk deco sheet Eva Phaethon tersedia untuk dipesan via website lemkertas.com. Anda hanya perlu menghubungi Customer Service kami untuk proses pembelian lebih lanjut. Sebutkan saja alamat dan jumlah Eva Phaethon yang Anda pesan. Sesegera mungkin, kami pasti akan memproses pesanan Anda.

Bagi Anda yang terbiasa belanja di marketplace, Anda juga bisa melakukan pembelian di berbagai online shop tersebut. Demikian juga bila Anda hendak melakukan pembelian secara langsung. Anda bisa membeli di kantor Bio Industries atau menghubungi agen-agen kami yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Mudah bukan? Selain mudah, Eva Phaethon selalu hadir dengan kualitas dan harga terbaiknya dengan opsi pembelian apapun.

Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here