10 Tips Membuat Meja Tamu Lebih Menawan!

547
meja tamu bagus

Ada 10 tips yang bisa Anda tiru agar meja tamu jadi lebih menarik! Penasaran bagaimana caranya? Mulai dari yang sederhana sampai yang lebih rumit, simak informasi penting di bawah ini. Meja untuk tamu Anda pasti langsung diserbu oleh pengunjung!

Harmoniskan dengan Kursi Tamunya

Yang pertama perlu Anda perhatikan tentu adalah kesesuaian meja dengan kursi atau sofa tamunya. Hal ini sangat krusial dan tak bisa ditolerir sama sekali. Antara meja dengan pasangannya harus cocok satu sama lain. Kecocokan ini terutama penting dalam hal estetika. Contoh, bila Anda menggunakan meja dnegan gaya modern, maka sediakan juga sofa dan kursi bergaya modern. Bukan malah menghadirkan sofa dan kursi vintage atau shabby chic. Selain style design, warna produk juga perlu diperhatikan.  Sebab dalam satu style design pun, perbedaan warna belum tentu harmonis. Pastikan supaya warna antara meja dengan kursinya serasi. Jadi, secara keseluruhan set meja tamu dengan sofa dan kursinya akan terlihat benar-benar menarik.

Perkaya Pilihan Material Anda

meja tamu akar

Jangan pernah terpaku hanya pada kayu solid. Apalagi kayu solid tua dari spesies yang mahal seperti kayu jati. Carilah referensi bahan lainnya yang memiliki daya tarik tersendiri. Misalnya:

  1. Gunakan kayu pallet untuk kesan yang lebih vintage. Kayu pallet atau kayu peti kemas adalah tipe kayu khusus berupa potongan memanjang yang menarik digunakan untuk membuat mebel
  2. Gunakan kayu olahan bila Anda menginginkan produk meja ruang tamu tersebut tidak mahal. Pemakaian kayu olahan memang akan membuat meja ruang tamu kurang berkualitas. Akan tetapi, pemakaian kayu ini akan membuat meja tamu lebih terjangkau harganya
  3. Gunakan bagian pohon lain yang tak terpakai. Ada beberapa bagian pohon yang sering diabaikan padahal bisa digunakan untuk membaut meja. Misalnya saja, bagian burl atau bisul meja, akar, ranting, cabang, dan lainnya.

Buat Unik dengan Jumlahnya

Sudah bukan zamannya kita selalu membayangkan meja tamu sebgai meja persegi panjang pendek yang membosankan. Sekarang, ada sangat banyak varian bentuk meja yang bisa dterapkan. Contohnya saja, model meja yang tidak tunggal. Jadi, meja tersebut terdiri dari beberapa meja kecil yang memang hadir dalam satu paket. Bahkan tak jarang, pisahan beberapa meja ini menunjukkan pola khusus. Hasilnya, ruangan Anda akan makin semarak dengan meja yang unik tersebut.

meja tamu 2

Gunakan Tudung yang Unik

Ternyata, tudung juga bisa diaplikasikan pada meja. Malah, tudung meja seperti ini bisa membuat meja tamu justru terlihat sangat menarik dan unik. Pembuatan tudung meja sendiri tidak sulit. Anda hanya harus menjahit tudung dengan bahan yang tepat. Pastikan juga tudung tersebut didesain dengan desain yang menarik. Sehingga meja pun akan terlihat sangat menawan.

tudung meja unik

Beri Hiasan

Konsumen seringkali memiliki perilaku unik. Kadang, mereka rela membayar mahal untuk bonus yang sebenarnya harganya tak seberapa. Makanya, banyak perusahaan sabun cuci sampai kopi yang menjual produknya dengan iming-iming gelas sampai piring. Teknik ini sederhana, tetapi sebenarnya efektif. Anda bahkan bisa mencontoh trik ini ketika membuka usaha penjualan meja tamu. Anda bisa menambahkan vas bunga sebagai bonus untuk meja ruang tamu tersebut. Pasti, peluang produk Anda terjual akan semakin meningkat.

Mainkan Warnanya

meja kursi tamu retro

Jangan ragu mengaplikasikan warna cat yang tepat pada meja tamu. Namun, be creative! Anda harus kreatif dan tidak bertumpu pada warna cat yang itu-itu saja. Anda harus bisa mengeksplore warna cat dengan baik, baru kemudian menerapkannya pada meja ruang tamu. Makin bagus, bila Anda memahami berbagai teknik finishing yang tidak biasa. Cari saja berbagai referensi di dunia maya untuk mendapatkan informasi finishing yang tepat.

Perhatikan Meja dari Berbagai Sisi

Anda mungkin menganggap bahwa meja Anda sudah sangat menarik. Anda memandang meja tersebut dari depan dan tidak menemukan satu cela pun. Tapi pernahkah Anda memeriksa meja dari sisi yang lain? Sebab, bisa jadi di sisi yang lain, meja tamu kelihatan tidak menarik, atau bahkan terdapat cacat atau kerusakan yang harus diatasi terlebih dahulu.

Ada Banyak Desain! Pilih dengan Kreatif

Bukan hanya pakaian yang bisa dibuat dengan beragam desain. Furniture, termasuk meja tamu juga bisa dibuat dengan desain yang begitu beragam. Hanya saja, sering disayangkan bahwa kebanyakan pembuat furniture tidak mengeksplore berbagai gaya desain ini. Padahal bila mau, mereka bisa menghadirkan set meja dan sofa tamu yang lebih unik dan menarik. Misalnya saja, bagi Anda yang menyukai kesan etnik, hangat, dan natural, maka gaya bohemian bisa diterapkan. Begitu juga bila Anda menyukai kesan zaman dulu, sekitar tahun 60an hingga 80an, maka gaya retro bisa dicontek.

Beberapa contoh style design furniture lainnya, antara lain:

  1. Arabian
  2. Cottage
  3. Coastal
  4. Natural
  5. Post modern
  6. Shabby chic
  7. Modern

Perhatikan Tinggi Meja Tamu

Secara umum, meja tamu merupakan furniture yang rendah. Dalam Bahasa Inggris, meja seperti ini kerap disebut sebagai coffee table. Meja memang didesain seperti itu karena fungsinya untuk menemani orang saat bercengkerama. Meja biasanya dipakai untuk meletakkan penganan dan minuman. Ia berbeda dengan meja makan yang biasanya lebih tinggi. Sebab, meja makan punya fungsi spesifik sebagai fasilitas orang untuk melakukan aktivitas konsumsinya.

Tetapi, tahukah Anda bahwa sebetulnya, kita bisa secara kreatif menghadirkan meja ruang tamu yang agak tinggi? Dengan model tertentu, hal ini bisa dilakukan. Sofa yang digunakan pun perlu disetarakan tingginya. Hasilnya pasti unik karena sangat jarang meja dan sofa ruang tamu didesain dengan tinggi.

Untuk Pelapis, Gunakan Pelapis yang Bagus

Apakah Anda menggunakan kayu olahan dengan finishing tempel untuk membuat meja tamu?? Bila iya, sudah pasti Anda familiar dengan berbagai pelapis yang biasa dipakai pada finishing seperti itu. Di pasaran sendiri, ada sangat banyak tipe pelapis, sheet, atau laminate yang bisa dipilih, misalnya:

  1. HPL (High Pressure Laminate)
  2. PVC (polyvinyl carbon)
meja tamu hpl floral
meja tamu hpl floral

Kedua contoh pelapis ini adalah pelapis sintetis dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Aplikasinya dilakukan dengan perekat khusus seperti lem Eva Phaethon. Namun ingat, agar meja ruang tamu Anda terlihat menarik, pilihlah warna dan motif meja yang tepat. Selain memilih motif dan warna kayu, Anda juga bisa mencoba motif dan warna floral, bebatuan, abstrak, dan masih banyak lagi.

Nah, sekiranya demikian pembahasan mengenai meja tamu. Ingatlah kesepuluh tips di atas kala Anda hendak memproduksi furniture tersebut. Pastikan meja harmonis dengan sofa dan kursinya, serta jangan lupa gunakan lem yang tepat.

Semoga bermanfaat. Nantikan terus update artikel selanjutnya di lemkertas.com masih seputar dunia furniture, perekatan, dan kerajinan tangan.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here