Ada Banyak Jenis Meja Kerja, Sudahkah Anda Mengetahuinya?

772

Dari meja rapat sampai meja kafetaria, semuanya termasuk meja kerja. Sudahkah Anda mengetahui apa saja jenis-jenis office table ini?

Mengenal Pengertian Meja Kerja

Office table merupakan salah satu jenis meja yang banyak beredar di pasaran. Produk ini termasuk dalam kategori office furniture atau mebel kantor sebagaimana dengan kursi direktur sampai kursi karyawan. Sebagai meja yang dipakai untuk kebutuhan kerja, meja ini biasanya didesain dengan sangat spesifik. Umumnya, meja disesuaikan untuk aktivitas kerja menggunakan komputer dan laptop. Sebab, hampir semua kegiatan kerja saat ini membutuhkan dukungan kedua perangkat tersebut.

Beberapa ciri dari office table antara lain:

  1. Biasanya didesain sebagai meja komputer, apalagi meja untuk karyawan.
  2. Memiliki bagian depan dan bagian belakang.
    Biasanya didesain dengan komponen tambahan seperti laci atau rak
  3. Untuk meja staff, tak jarang dibuat dalam 1 grup, sehingga bisa dipakai oleh lebih dari 1 orang
  4. Umumnya didesain dengan desain minimalis, modern, hingga kontemporer. Sangat jarang office furniture yang didesain dengan desain yang ”antik” dan tradisional.

Berapa Harga Meja Kerja

Harga meja untuk kerja sangat bervariasi. Ada yang murah di bawah 100 ribu, tetapi ada juga yang harganya sampai jutaan rupiah. Kualitas bahan, desain yang diterapkan, sampai ukuran meja menjadi faktor yang menentukan. Untuk membuat meja yang lebih murah sendiri, Anda bisa membaca bagian tengah artikel ini yang membahas penggunaan kayu olahan.

Jenis Meja Kerja Berdasarkan Fungsinya

Terdapat sanat banyak varian office table. Pembagian di bawah ini, misalnya, didasarkan pada fungsi dari tiap office table itu sendiri. Sebab meski memiliki fungsi utama untuk mendukung sebuah pekerjaan, akan tetapi spesifikasi pekerjaannya sendiri sangat beragam.

Meja Staff

meja kerja untuk karyawan

Staff table atau meja staff adalah meja yang paling banyak digunakan di kantor. Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, meja seperti ini sering didesain dengan bentuk ala meja komputer. Sebab kebanyakan staff yang bekerja membutuhkan dukungan komputer.

Meja Direktur

Meja direktur hampir mirip dengan meja kerja karyawan. Akan tetapi dari berbagai aspek, meja direktur jauh lebih baik. Meja ini biasanya lebih besar, didesain lebih menarik, dan juga lebih nyaman digunakan dibanding meja staff.

Meja Fungsional

Beberapa meja untuk karyawan memiliki fungsi yang lebih spesifik dari sekedar fungsi untuk menggunakan komputer sampai membuat catatan. Meja seperti ini biasanya hadir dengan perangkat khusus yang sudah dirakit bersamanya. Contoh meja fungsional adalah meja jahit dan meja-meja yang digunakan buruh yang bekerja secara fisik.

Meja Kafetaria

Meja kafetaria sebagaimana namanya adalah meja kantor yang biasa diletakkan di kafetaria. Meja seperti ini pada dasarnya meja makan yang biasa digunakan di warung makanan.

Meja Tamu Kantor

Selain meja untuk staff, di kantor juga tersedia meja untuk tamu. Bentuknya tak berbeda jauh dibanding coffee table atau meja tamu biasanya. Hanya saja, secara umum, meja tamu kantor lebih simple karena memang tidak didesain untuk menjamu tamu dengan berbagai penganan seperti di rumah-rumah.

Meja Resepsionis

Meja kerja selanjutnya adalah meja resepsionis. Sebagaimana namanya, meja ini dipakai untuk kerja resepsionis kantor. Umumnya, meja resepsionis diletakkan di bagian depan gedung, seperti di lobby kantor. Di sinilah nantinya, tamu kantor akan mendapat berbagai informasi mulai dari keinginan bertemu pimpinan perusahaan atau memasukkan lamaran kerja. Selain itu, meja ini juga memiliki fungsi sebagai representasi kantor. Oleh karenanya, biasanya meja ini didesain dengan style yang menarik. Ukurannya juga besar dengan bentuk seperti meja kasir.

Meja Rapat

meja kerja untuk rapat

Meja rapat merupakan salah satu meja kantor yang memiliki fungsi sangat penting. Meja ini biasanya memiliki ciri yang sangat khas dari ukurannya yang lebih besar. Selain itu, pasangan meja rapat, yakni kursi rapat juga biasanya didesain spesifik. Apabila kebanyakan kursi kantor memiliki roda yang membuatnya mudah dipindah, seringkali kursi rapat tidak portable. Hal ini disesuaikan dengan fungsi kursi saat dipakai rapat di mana peserta diharapkan fokus dan tidak melakukan hal-hal yang membuat perhatian buyar.

Office Furniture Menjadi Andalan Indonesia

Berbagai meja kantor di atas, sebagaimana sudah disebutkan termasuk dalam kategori mebel kantor. Secara umum, industri mebel di Indonesia memang menjadi salah satu industri paling populer. Ratusan ribu pekerja terserap dalam industri ini. Apalagi dengan makin banyaknya inovasi yang dibuat oleh berbagai perusahaan mebel. Contohnya, bila dulu industri mebel hanya berkutat untuk perabot rumah tangga, kini industri mebel Indonesia sudah merambah berbagai kategori seperti office furniture.

Sampai saat ini, penjualan dan keuntungan yang didapat dari industri mebel Indonesia memang luar biasa. Akan tetapi, tingginya aktivitas produksi mebel, di sisi lain menyebabkan supply kayu tak pernah tercukupi. Illegal logging bahkan kadang dilakukan demi memenuhi demand dari industri ini. Padahal ada banyak bahan alternatif yang bisa digunakan. Salah satunya adalah kayu olahan.

Kayu olahan, atau engineered wood adalah kayu dari partikel, potongan, atau serbuk kayu solid. Contohnya adalah tripleks yang terbuat dari potongan tipis kayu solid hingga MDF yang terbuat dari fiber kayu solid. Beberapa kayu olahan seperti MDF dan Particle dianggap sebagai bahan alternatif yang eco friendly. Pasalnya, kedua kayu olahan ini biasanya dibuat dari sisa kayu solid yang tidak terpakai.

meja kerja hpl

Office furniture seperti meja kantor sendiri merupakan mebel yang bisa dibuat dari bahan kayu olahan. Selain akan membuat harga mebel kantor tersebut lebih murah, pemakaian kayu olahan pada office furniture memungkinkan karena kebanyakan desain furniture kantor adalah desain-desain modern. Pada desain modern, acapkali tidak diterapkan ukiran atau bentuk-bentuk sulit yang hanya bisa diaplikasikan pada kayu solid. Jadi bisa dikatakan, bahwa kayu olahan merupakan bahan yang cocok dipakai untuk membuat office table.

Gunakan Eva Phaethon untuk Membuat Meja Kerja Anda

Dalam pembuatan meja kerja, dibutuhkan berbagai peralatan dan bahan. Untuk bahannya, Anda bisa menggunakan kayu olahan. Sedangkan untuk perekat atau lemnya, Anda harus spesifik memilih sesuai dengan karakter bahan yang dipakai. BioIndustries sebagai manufaktur lem di Indonesia menghadirkan varian lem untuk pembuatan meja kerja dari bahan kayu olahan. Lem yang kami hadirkan adalah Eva Phaethon. Terbuat dari ethylene vinyl acetate, Eva Phaethon akan mendukung Anda memanfaatkan kayu olahan yang lebih murah dan eco friendly menjadi berbagai meja kantor dan office furniture lainnya.

Eva Phaethon dibuat dengan teknologi modern dan penerapan ilmu pengetahuan terbarukan. Formulasinya yang tepat membuat daya rekat, ketahanan, dan kestabilan ikatan lem sangat baik pada berbagai kondisi. Eva Phaethon juga didesain dengan karakter tidak tebal dan tidak menyebabkan glue line. Lem ini akan membantu Anda menghasilkan berbagai produk kantor yang kuat, tahan lama, menarik secara estetika, dan ramah lingkungan.

Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan Eva Phaethon.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here