|

5 Ide Membuat Dekorasi Ruang Minimalis dengan Bahan Sederhana

Membuat dekorasi ruang minimalis bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan bisa jadi, kegiatan ini menjadi sumber usaha Anda.

Gaya minimalisme sedang begitu trend di Indonesia. Masyarakat mendambakan rumah-rumah minimalis, perabot minimalis, dan lain sebagainya dengan konsep desain tersebut.

Minimalisme sendiri memang menarik. Sebagai sebuah seni ia seolah mendobrak definisi dari keindahan itu sendiri. Misalnya, bila seorang seniman Bali berusaha membuat mebelnya cantik dengan aneka ukiran, pengrajin minimalis justru menolak penggunakan ukiran.

promo produk biovarnish sanding sealer

Gaya ini bermain-main di antara kesederhanaan dan efektivitas. Bila dibuat dengan benar, hasilnya memang bisa sangat memukau. Lihat saja contohnya di bawah ini. Siapa yang bisa menyangka bahwa kesederhanaan yang demikian kuat justru terlihat begitu apik?

gaya minimalis

Ciri-ciri Desain Minimalis

  1. Tidak menggunakan warna-warna tajam, pemilihan warna cenderung monokromatis atau natural
  2. Tidak menggunakan ukir-ukiran dan elemen dekorasi yang detail
  3. Tidak menggunakan pola yang terkesan rumit dan etnik
  4. Bentuk tegas dan atau simetris
  5. Kesan secara keseluruhan yang elegan, bukan glamour ataupun vintage

Bagi Anda yang sedang tertarik mencari ide usaha, gaya ini bisa jadi pertimbangan lho. Apalagi bila Anda sedang mencari ide usaha pembuatan produk dekorasi. Sebab sebagaimana disebut di atas, saat ini, masyarakat Indonesia memang sedang amat menyukai gaya tersebut.

promo produk finishing natural oil dan sanding sealer

Di bawah ini misalnya, terdapat beberapa ide inspirasi yang bisa Anda tiru. Silahkan disimak dan diaplikasikan sesuai kebutuhan.

Membuat Dekorasi Ruang Minimalis

1. Figura

Salah satu hiasan yang paling “aman” atau cocok untuk ruang minimalis adalah figura. Figura atau frame adalah tempat di mana kita bisa memajang foto. Fungsi ganda sebagai wadah foto dan dekorasilah yang membuat produk ini cocok dengan konsep minimalisme.

Namun tentu kita tak bisa membuat figura secara sembarangan. Agar kesan minimalisnya kuat, sebaiknya figura tersebut Anda cat dengan cat berwarna netral (hitam, abu-abu, putih) atau natural. Selain itu, Anda juga tak perlu menambahkan aksen-aksen khusus seperti pola ukir yang justru kontra dengan gaya ini.

Sederhananya, semakin simpel, semakin indah!

figura

2. Lampu Hias Minimalis

Ide pembuatan lampu hias juga merupakan salah satu ide yang cocok bila Anda ingin membuat dekorasi dengan style minimalisme baik untuk ruang tamu ataupun kamar tidur. Lampu hias bisa digunakan untuk menerangi ruangan. Produk ini juga bisa digunakan untuk mempercantik desain interior.

Ada banyak inspirasi lampu hias dengan gaya ini yang bisa Anda contek. Namun sekali lagi, prinsipnya mengikuti ciri-ciri gaya minimalis yang dijabarkan di atas. Misalnya membuat lampu yang tidak berwarna-wani.

Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan pembuatan lampu dinding. Sebab gaya lampu meja kurang begitu cocok dengan style desain ini.

Dekorasi Ruang Minimalis

3. Vas Bunga

Asalkan tidak berlebihan, kecantikan bunga cocok-cocok saja lho dengan ruang minimalis. Apalagi bila bunganya pun memiliki kesan elegan dan sederhana. Misalnya bunga peace lily, tulip, anggrek bulan, dan daun-daun hias. Diletakkan di ruang tamu atau keluarga, pasti bisa menambah semarak suasana.

Jadi bila Anda suka membuat craft berupa vas dan bunga hias, cobalah aplikasikan ide ini. Pilih bunga dan vas yang kesannya sederhana. Misalnya, membuat vas dari kayu atau bambu dengan bentuk sederhana untuk kemudian dipercantik dengan peace lily warna putih yang indah.

Jumlah bunga pun tidak perlu terlalu banyak. Cukup gunakan satu atau dua kuntum bunga supaya tidak terkesan terlalu berlebihan.

membuat bunga dekorasi ruang minimalis

4. Asbak

Asbak sebagaimana yang kita tahu adalah tempat untuk membuang sisa abu rokok. Meskipun asbak bukanlah produk dekorasi, namun benda ini juga bisa digunakan untuk memperindah ruangan.

Untuk membuat asbak yang cocok dengan tema minimalis sendiri, caranya tak begitu sulit. Bahan yang bisa digunakan untuk membuatnya juga beragam mulai dari kayu, bambu, hingga tanah liat.

asbak

5. Lukisan dan Aneka Hiasan Dinding

Jenis dekorasi ruang minimalis lainnya yang juga patut dipertimbangkan adalah lukisan dan berbagai jenis hiasan dinding. Ingat pada dasarnya, gaya minimalis tidak membutuhkan terlalu banyak hiasan dinding yang umum ditemukan pada gaya bohemian.

Namun sentuhan dekorasi dinding pun asalkan tepat pasti bisa membuat ruangan menjadi indah. Misalnya saja lukisan dengan pola garis, simetris, dan urban. Hindari membuat lukisan yang bertema etnik atau vintage . Sebab umumnya tidak akan cocok dengan konsep desain ini.

Sedangkan untuk hiasan dindingnya, Anda bisa menggunakan bahan kayu, gelas, hingga bambu. Sentuhan natural untuk bahan kayu dan bambu akan membuat ruangan terlihat lebih hangat dan menyenangkan.

Membuat Dekorasi Rumah Minimalis

Usaha Membuat Dekorasi Rumah Minimalis: Kenapa Tidak?

Masih banyak lagi sebenarnya ide-ide pembuatan hiasan untuk mempercantik ruang minimalis. Sekali lagi, selain bisa dijadikan sebagai hobi, aktivitas tersebut juga bisa menjadi ide usaha tersendiri l.

Asalkan dibuat dengan professional, hasilnya pun pasti akan diterima pasar. Apalagi bila didukung dengan bahan-bahan yang juga berkualitas.

Gunakan Lem Kami untuk Membuat Dekorasi Ruang Minimalis

Di lemkertas.com kami menyediakan lem untuk craft yang bisa Anda gunakan untuk membuat aneka kerajinan. Tersedia Ultra Phaethon yang notabene merupakan lem berbasis polyvinyl acetate.

Lem tersebut bukan hanya kuat, namun juga murah, aman, dan mudah digunakan. Ultra Phaethon juga bisa digunakan untuk berbagai media dari kayu-kayu kecil craft hingga kertas.

Bagi Anda yang ingin melakukan pembelian, silahkan hubungi Customer Service kami lebih lanjut. Jangan biarkan dekorasi Anda jadi jelek! Gunakan Ultra Phaethon untuk membuat dekorasi rumah minimalis yang lebih berkualitas.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *