Mengenal dan Memilih Bahan untuk Membuat Slime yang Bagus tapi Murah!

355
slime (2)

Apa saja bahan untuk membuat slime yang harus disediakan? Perlukah menggunakan lem? Apa bahan yang bisa digunakan untuk mengganti lem? Pertanyaan-pertanyaan ini akan kami terangkan pada penjelasan di bawah ini.

Uniknya slime! Bentuknya seperti tanah lempung tapi lebih elastis. Ia bisa ditarik, ditekan-tekan, dibentuk menjadi aneka bentuk lucu, dan berbagai macam lainnya. Mainan ini pertama kali trend beberapa tahun yang lalu. Terkenal sebagai mainan anak, slime rupanya sempat membuat banyak orang dewasa turut menyukainya. Bagaimana tidak? Dengan bentuknya yang mirip jeli warna-warni seperti itu, benda ini bisa digunakan sebagai pengalih perhatian kala sedang macet sampai untuk mengekspresikan kejengkelan akibat aktivitas sehari-hari.

Nah, di artikel yang lalu (Cara Membuat Slime dengan Mudah) kami telah menerangkan proses untuk membuat mainan tersebut. Ringkasnya, proses pembuatan mainan ini sangat sederhana karena bahan yang dipakai hanya lem putih Ultra Phaethon, air, dan borax. Dari ketiga bahan ini, Anda sudah bisa membuat slime yang basic alias ”dasar.” Tapi tentu saja, ada banyak tambahan bahan lainnya yang bisa digunakan agar mainan itu terlihat lebih menarik. Nah, di artikel ini, kami akan terangkan bahan-bahan tambahan tersebut sekaligus alternatif bahan lainnya yang bisa digunakan. Kami juga akan menjelaskan mengenai pembuatan slime tanpa lem.

Mengenal Aneka Bahanuntuk Membuat Slime dan Kegunaannya

Lem

Bahan utama untuk membuat slime adalah lem atau perekat. Lem yang digunakan sebaiknya adalah jenis lem putih atau PVAc (polyvinyl acetate). Lem PVAc adalah lem yang pelarutnya air. Lem ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan pengeleman tergantung produk lemnya. Ada jenis yang bisa digunakan untuk pengeleman kayu, serat alam, hingga kertas. Untuk slime, baiknya yang dipilih adalah lem PVAc kertas. Lem ini punya daya rekat medium dan harganya juga jauh lebih murah dibanding lem kayu. Agar hemat, pilih lem kertas yang kemasannya besar (apalagi bila Anda ingin membuat slime untuk dijual). Hindari menggunakan lem kertas kemasan kecil yang biasa digunakan sehari-hari. Belilah lem kertas untuk usaha yang kemasannya besar seperti Ultra Phaethon. Lem ini tersedia dalam harga Rp. 48.000,- per kilogram. Murah, bukan? Dari sekilo lem Ultra Phaethon, Anda sudah bisa menghasilkan mainan ini dalam jumlah banyak.

Borax

boraks

Bahan berikutnya yang diperlukan untuk membuat slime adalah boraks. Boraks adalah zat penentu sehingga slime bisa “berwujud slime”. Tanpa bahan ini, lem yang dicairkan dengan air tak akan bisa digunakan sebagai mainan.

Air

Bahan untuk membuat slime yang ketiga adalah air. Air berfungsi sebagai pelarut agar tiap bahan bisa lebih mudah menyatu satu sama lain. Bahan ini juga memiliki fungsi untuk mengencerkan. Dengannya, mainan yang dibuat tidak akan terlalu kental dan pekat. Seberapa banyak air yang dibutuhkan?

Glitter

Bahan ini tidak memiliki guna fungsional untuk membuat slime. Dalam artian, bila bahan tersebut tidak ada, slime tetap akan bisa dibuat. Namun glitter bisa membuat slime terlihat lebih menarik. Bukan hanya berwarna-warni, slime juga akan terlihat berkilauan dan semakin menarik. Penggunaannya bisa dibilang krusial bagi Anda yang memang memiliki usaha untuk membuat mainan ini. Pemakaian glitter akan membuat produk lebih menarik sekaligus bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi dibanding slime lainnya yang dibuat tanpa glitter.

slime

Pewarna

Pewarna merupakan bahan untuk membuat slime berikutnya yang memiliki fungsi mirip glitter. Dalam artian, bilapun pewarna tak dipakai, slime bisa tetap dibuat. Sebab mainan ini hanya membutuhkan bahan dasar berupa air, boraks, dan lem. Akan tetapi, tanpa pewarna, slime akan terlihat putih polos. Daya tariknya sangat kurang. Apalagi bila Anda hendak menjualnya. Produk Anda akan kalah jauh dibanding aneka produk slime lainnya yang didesain dengan aneka warna cantik.

Di pasaran sendiri ada berbagai jenis pewarna yang bisa digunakan. Selain memiliki tipe warna yang bagus, pastikan juga untuk memilih produk pewarna yang bahannya aman dipakai bersama dengan campuran boraks serta adhesive. Dan, karena slime merupakan mainan yang sering kontak dengan tangan, ada baiknya produk tersebut juga aman digunakan.

Bisakah Membuat Slime Tanpa Lem?

Banyak yang bertanya mengenai ini, “bisakah membuat slime tanpa lem? Dan bila bisa, bagaimana caranya?” Sebetulnya memang ada cara untuk membuat mainan tersebut tanpa adhesive. Ada bahan-bahan pengganti yang bisa digunakan. Akan tetapi, dari yang kami uji, hasilnya cenderung lebih buruk dibanding yang dibuat dengan lem. Jadi, kami tetap merekomendasikan penggunaan adhesive saja.

Nikmati Keunggulan Ultra Phaethon Sekarang juga!

Seperti diterangkan di atas, berbagai keunggulan Ultra Phaethon bisa Anda nikmati untuk membuat slime dan kebutuhan serupa lainnya. Kabar baiknya, lem ini ternyata hadir dengan harga yang sangat terjangkau. Lem kerajinan dan kertas Ultra Phaethon bisa Anda dapatkan hanya dengan Rp. 48.000,- saja. Murah sekali bukan? Selain itu, lem ini juga bisa Anda beli dengan cara yang sangat mudah. Anda bisa melakukan pembelian secara langsung di Bio Service Point.

ultra phaethon

Bio Service Point sendiri telah tersebar di tiga kota di Indonesia, yakni di Yogyakarta, Jepara, dan Cirebon. Pembelian bisa dilakukan sekaligus meminta rekomendasi pemakaian dari CS ataupun teknisi kami.

Bagaimana bila Anda jauh dari ketiga wilayah tersebut? Jangan khawatir! Sebab, adhesive ini sekarang juga sudah bisa didapatkan secara online. Pembelian secara online bisa dilakukan via lemkertas.com atau dari toko online seperti tokopedia dan bukalapak. Anda yang berada jauh dari Bio Service Point pun bisa mendapatkan lem ini dengan mudah. Dan meskipun komunikasi hanya dilakukan by email atau phone, kami juga akan memastikan Anda mendapatkan informasi yang Anda inginkan. CS dan teknisi kami akan membantu Anda mengenal lebih jauh mengenai adhesive ini.

slime (4)

Kesimpulan

Ada berbagai bahan yang dibutuhkan untuk membuat slime. Namun bila hanya ingin membuat slime yang basic alias sederhana, Anda hanya perlu menyediakan lem putih dan borax. Bahan lainnya juga bisa ditambahkan agar slime lebih menarik. Misalnya, penggunaan pewarna dan glitter. Pewarna bisa membuat mainan tersebut hadir dengan warna yang lebih bagus, dan glitter akan membuat tampilannya berkerlap-kerlip sangat menarik. Tiap bahan, dengan demikian punya manfaat sendiri-sendiri. Bagaimana dengan lem? Bisakah mainan ini dibuat tanpa lem? Jawabannya bisa. Tapi, tidak kami sarankan. Sebab, menurut hasil yang kami dapatkan, slime dengan lem terlihat lebih bagus dibanding slime yang dibuat tanpa lem atau lem buatan sendiri.

Semoga bermanfaat! Nantikan terus artikel menarik dari kami lainnya di artikel berikutnya. Selain membahas bahan untuk membuat slime, kami juga akan hadir dengan berbagai informasi lainnya yang tak kalah bermanfaat.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here