Ternyata Mudah! Cara Membuat Slime Berkilau

921
membuat slime berkilau

Bagaimana cara membuat slime berkilau? Mainan unik tersebut rupanya akan terlihat makin unik bila tampilannya didesain secara kreatif. Salah satunya dengan memberikan kilau padanya. Tapi bagaimana cara untuk melakukannya?

Membahas mainan lucu seperti slime seakan tak ada habisnya. Pun begitu dengan tutorialnya. Di artikel sebelumnya, kami telah menyajikan cara membuat slime secara dasar, kemudian kami juga telah membagikan cara membuat slime warna-warni. Ya, pembuatan slime! Tahukah Anda bahwa mainan ini sejatinya sangat mudah dibuat? Oleh sebab itulah kami merekomendasikan cara untuk membuatnya. Secara umum bahan dasar slime hanya lem PVAc, boraks, dan air. Ketiga bahan ini akan bereaksi satu sama lain secara kimiawi untuk kemudian menghasilkan substrat mirip slime yang unik, kenyal, dan juga fleksibel. Metode lain sebenarnya juga bisa diterapkan, yakni tanpa pemakaian lem. Namun untuk hasil yang bagus (apalagi bila Anda hendak menjualnya), maka kami tetap merekomendasikan pemakaian lem. Bukan bahan-bahan pengganti lainnya.

slime (2)

Perlu Daya Tarik Tersendiri

Proses pembuatan slime yang masih dasar memang sangat mudah seperti dijelaskan di atas. Akan tetapi, agar hasilnya menarik, kita perlu mengaplikasikan kiat-kiat tersendiri. Slime yang basic (dari air, boraks, dan lem) akan menghasilkan mainan kenyal menyenangkan namun warnanya hanya putih saja. Jelas ini tak menarik sama sekali. Bila Anda menjual slime seperti ini, akan sangat sedikit orang yang membeli. Malah, mungkin tak ada sama sekali. Sebab, ada banyak penjual lain yang hadir dengan slime warna-warni, slime pelangi, hingga slime dengan glitter.

Mau tak mau, kita memang harus melakukan kiat tersendiri supaya mainan tersebut menarik. Nah, di artikel ini, kami akan bagikan cara membuat slime berkilau dengan glitter. Penasaran kan bagaimana caranya? Yuk simak langkah-langkah untuk melakukannya di bawah ini.

cara membuat slime berkilau

Cara Membuat Slime Berkilau

Alat dan Bahan

Sebelum menerapkan langkah-langkah di bawah, kumpulkan dulu serangkaian alat dan bahan di bawah ini.

  1. Lem PVAc Ultra Phaethon (1 kg bisa Anda beli dengan harga murah)
  2. Larutan boraks (dibuat dengan campuran setengah sendok teh boraks dan setengah gelas air)
  3. Air bersih
  4. Wadah bersih
  5. Pengaduk
  6. Pewarna makanan, pilih yang warnanya sesuai dengan selera Anda
  7. Glitter (granula-granula berkilau)
  8. Sendok

Langkah-langkah Cara Membuat Slime Berkilau

  1. Pastikan dulu semua alat dan bahan dalam kondisi bersih. Ini sangat penting, sebab formula slime rentan tercampur debu dan kotoran yang pada akhirnya bisa membuat mainan tersebut terlihat kusam dan jelek.
  2. Siapkan wadah. Tuangkan lem PVAc Ultra Phaethon ke dalam wadah tersebut. Seberapa banyak? Jawabannya sebanyak slime yang ingin Anda buat.
  3. Siapkan air bersih. Tuangkan air ke dalam wadah berisi PVAc. Jumlah air yang Anda masukkan harus setara dengan jumlah PVAc. Katakanlah Anda menggunakan 2 gelas lem PVAc, maka air yang dituangkan pun sebanyak 2 gelas.
  4. Aduk campuran lem dengan air sampai merata. Tambahkan pewarna dan glitter.
  5. Siapkan larutan boraks yang sudah dibuat. Tuangkan dalam sendok.
  6. Tuangkan sedikit demi sedikit larutan boraks ke dalam campuran lem dan air. Aduk campuran secara merata.
  7. Lakukan terus sampai slime terbentuk. Slime pada dasarnya terbentuk ketika boraks berikatan dengan formula PVAc.
  8. Selesai. Mudah bukan cara membuat slime berkilau tersebut? Setelah menerapkan kedelapan langkah ini, jangan lupa untuk mengemas mainan tersebut dalam wadah yang juga bersih.

Tips

Agar slime yang Anda buat lebih menarik, Anda juga bisa menerapkan beberapa tips penting di bawah ini.

  1. Dalam pembuatan slime dengan glitter ini, pastikan antara warna dan glitter yang dipakai cocok. Jadi hasilnya nanti akan lebih menarik.
  2. Tak ingin membeli glitter? Anda bisa lho menggunakan kertas mas yang tak terpakai. Kertas emas bisa Anda gosok untuk diambil bagiannya yang berkilau, kemudian Anda gunakan glitter kertas mas tersebut pada slime yang Anda buat.
  3. Agar lebih menarik, kombinasikan slime warna pelangi dengan glitter
  4. Jangan lupa untuk mengemasnya dengan baik. Sebab, slime mudah kotor bila dikemas dengan cara yang buruk
  5. Selama proses pembuatan ini, pastikan setiap langkahnya dilakukan dengan bersih. Jangan sampai debu dan kotoran ikut masuk dalam formula slime.
  6. Gunakan selalu lem Ultra Phaethon untuk slime yang lebih baik. Ultra Phaethon juga lebh hemat sehingga cocok untuk pembuatan mainan ini.
  7. Anda mungkin mendapati bahwa beberapa tutorial mengajarkan pembuatan slime tanpa lem. Namun berdasarkan uji coba yang kami lakukan, hasil slime yang dibuat tanpa lem kurang bagus dibanding yang dibuat dengan lem.
slime berkilau glitter

Pakai Selalu Ultra Phaethon!

Seperti diterangkan di atas, lem yang diperlukan untuk membuat slime berkilau membutuhkan formula PVAc. Lem PVAc adalah lem berbasis polyvinyl acetate. Slime terbentuk ketika formula PVAc berikatan dengan boraks. Di pasaran, menemukan lem PVac sebenarnya tidak sulit. Sebab tipe lem seperti ini sangat bagus dan yang terbaik digunakan untuk pengeleman bahan kaya selulosa. Sehingga lem-lem tersebut sering dipakai untuk pembuatan mebel hingga kerajinan (tentu saja juga bisa digunakan untuk pembuatan slime). Selain itu lem ini juga sangat aman digunakan sehingga banyak direkomendasikan untuk membuat mainan yang nantinya kerap kontak dengan manusia.

ultra phaethon

Lantas kenapa lem PVAc yang dipilih adalah Ultra Phaethon dan bukan lem PVAc merk lainnya? Lem PVAc terdiri atas berbagai tipe dengan kualitas yang berbeda-beda. Ada lem PVAc untuk mebel, untuk kertas, sampai untuk kerajinan. Ultra Phaethon sendiri adalah lem PVAc untuk kertas dan kerajinan. Formulanya bisa digunakan untuk jilid kertas hingga usaha kerajinan serat alam. Lem ini memiliki formula yang paling cocok karena berada di antara lem PVAc untuk mebel dan lem PVAc untuk perekatan kertas dengan daya rekat rendah. Selain itu, Ultra Phaethon juga didesain dengan banyak keunggulan. Berikut ini beberapa kelebihan Ultra Phaethon.

  1. Memiliki daya rekat yang cocok. Hal ini akan membuat slime menjadi lebih kenyal dan tak mudah putus. Namun daya rekatnya juga tidak sekuat lem kayu sehingga tidak berlebihan dan juga tidak semahal lem kayu pada umumnya.
  2. Lem yang sangat mudah digunakan sehingga cocok untuk pembuatan mainan
  3. Cocok untuk kebutuhan usaha seperti untuk kebutuhan slime karena kemasannya pun ada yang besar
  4. Jauh lebih aman dan ramah lingkungan dari lem sejenis lainnya
  5. Harga terjangkau dengan kemasan yang lebih hemat
  6. Solid content tinggi sehingga slime lebih berkualitas
  7. Ikatan lem yang tidak mudah rusak. Jadi slime pun tidak mengalami kerusakan dengan mudah

Sangat menarik bukan berbagai keunggulan lem Ultra Phaethon di atas? Karenanya, selalu gunakan Ultra Phaethon untuk membuat slime berkilau kesukaan Anda.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here