Tutorial Membuat Bros dari Kain Flanel dengan Eva Phaethon

530
bros dari kain flanel

Penasaran bagaimana cara membuat bros dari kain flanel? Dengan cara mudah dan berbekal Eva Phaethon, Anda pasti berhasil membuat pernak-pernik cantik tersebut.

Trend berhijab terus menanjak beberapa tahun belakangan ini. Ide-ide fashion hijab pun telah begitu semarak menunjukkan aneka keunggulannya. Di kalangan masyarakat awam, kita juga mengenal berbagai produk tambahan yang senantiasa mengikuti perkembangan trend jilbab. Salah satunya adalah bros.

Bros atau dalam Bahasa Inggris disebut brooch memang menjadi salah satu fashion item yang kini hampir pasti dimiliki oleh muslimah berkerudung. Bros pada dasarnya adalah peniti yang didekorasi agar lebih menarik.

Seringkali bros-bros klasik hadir dengan bentuk seperti bunga dan hati. Namun kini, aneka bentuk bros dengan mudah bisa kita lihat dengan ragam yang makin banyak. Bahkan tak hanya bentuknya, material pembuatnya pun lebih beragam. Di antara bahan pembuat bros yang popularitasnya melejit belakangan ini adalah flannel atau felt.

Sebelum hadirnya flanel, kebanyakan bros terbuat dari manik-manik. Hadirnya flanel dalam industri pembuatan bros memang luar biasa. Dengan cepat, produk dengan material ini disukai di pasaran. Tak heran bahwa industri pembuatan bros dari flanel dianggap sangat prospektif atau menjanjikan.

Industri Bros dari Kain Flanel yang Menjanjikan

Ada keunikan sendiri yang ditawarkan flanel ketika dijadikan bahan pembuat bros. Tak seperti karakter kebanyakan manik-manik yang keras, flanel memiliki karakter lembut, dan karenanya membuat kesan lebih warm atau hangat. Selain itu, kebanyakan flanel juga memiliki warna-warna pastel. Hal ini membuatnya sangat girly dan cocok digunakan sebagai kombinasi hijab yang elegan dan lembut. Menarik ya?

flanel atau felt

Tapi siapa sangka bahwa sebetulnya cara membuat bros dari kain flanel itu begitu mudah dilakukan? Apalagi bila Anda memiliki passion di bidang craft atau kerajinan. Bukan tak mungkin Anda bisa menghasilkan bros sendiri, bahkan menjualnya untuk mendapatkan keuntungan.

Penasaran bagaimana caranya? Sebenarnya cara pembuatan produk ini sangat beragam tergantung desain produk yang ingin dihasilkan. Jadi Anda selalu bisa mengeksplore langkah Anda sendiri. Tapi untuk memberikan contoh sekaligus latihan bagi pembaca lemkertas, di bawah ini kami akan menjelaskan cara membuat bros sederhana yang mudah diikuti.
Semoga bermanfaat ya.

Cara Membuat Bros dari Kain Flanel

Alat dan Bahan

Siapkanlah perlengkapan di bawah ini untuk membuat bros cantik impian Anda:

1. Kain flanel. Pilihlah yang warnanya sesuai dengan warna kesukaan Anda. Untuk membeli kain flanel sendiri, Anda dapat melakukannya di toko-toko kain baik online ataupun toko konvensional.
2. Alat tulis
3. Penggaris
4. Eva Phaethon
5. Peniti khusus untuk membuat bros. Anda dengan mudah bisa membelinya di toko jahit atau toko craft/ kerajinan
6. Kertas gambar atau karton
7. Kuas atau alat lainnya untuk mengoleskan lem

Langkah-langkah Membuat Bros dari Kain Flanel

Setelah semua alat dan bahan di atas siap, Anda bisa mulai mengikuti panduan membuat bros dari flannel di bawah ini.

1. Siapkan alat tulis dan penggaris.
2. Buatlah gambar berupa dua pola pada kertas karton. Pola pertama berbentuk lingkaran. Sedangkan pola kedua berbentuk bunga (silahkan lihat gambar ilustrasi agar lebih jelas). Untuk ukurannya, sebenarnya tergantung ukuran bros yang hendak Anda buat. Tapi pastikan pola yang lingkaran lebih kecil dibanding yang berbentuk bunga. Misalnya saja, Anda bisa membuat potongan lingkaran berdiameter 3 cm sedangkan bunganya berdiameter 6-7 cm.
3. Potong kedua gambar tersebut. Kertas ini akan dijadikan standar “cetak” untuk menggunting kain flanel.
4. Dengan cetak tersebut, buat potongan lingkaran pada kain flanel berjumlah 1, sedangkan untuk potongan bunganya berjumlah 5. Bila Anda ingin membuat lebih dari 1 bros, tinggal kalikan jumlah potongan flanel sesuai banyaknya bros yang ingin Anda buat.
5. Setelah dipotong, ambil potongan kain flanel berbentuk bunga. Berikutnya lipatlah potongan tersebut (lihat gambar).
6. Setelah dilipat, potong sedikit ujung kain flanel.
7. Ambil Eva Phaethon, lalu rekatkan pada kain flanel berbentuk lingkaran. Tempelkan di bagian pinggir dulu.
8. Ambil potongan flanel berbentuk bunga lainnya. Dan ulangi langkah nomor 5-7 pada tutorial cara membuat bros dari kain flanel ini. Tempatkan masing-masing lipatan di bagian sudut lingkaran, kecuali 1 yang diletakkan di tengah-tengah (lihat gambar).
9. Kini Anda memiliki bunga cantik mungil yang akan cocok digunakan sebagai bros. Tapi langkah Anda belum selesai.
10. Setelah bunga tersebut dibuat, kini saatnya menempelkannya pada peniti khusus bros yang sudah disiapkan. Sekali lagi, gunakan lem Eva Phaethon.
11. Biarkan lem benar-benar mengering.
12. Selesai! Bros cantik Anda siap digunakan! Anda bisa memakainya pada jilbab atau pada baju Anda.

cara membuat bros cara membuat bros 2 cara membuat bros 3 cara membuat bros 4 cara membuat bros 5

Tips Membuat Bros dari Kain Flanel agar Lebih Menarik

1. Agar bros dari kain flannel makin menarik, tak jadi masalah bila Anda menggunakan flanel atau felt yang warnanya berbeda. Asalkan cocok, kenapa tidak? Misalnya saja menerapkan warna bergradasi merah hingga pink.
2. Pada tutorial di atas, kami hanya menunjukkan pembuatan bros dengan kain flanel saja tanpa hiasan tambahan. Namun sebenarnya Anda bisa menambahkan hiasan-hiasan tambahan sendiri. Misalnya menambahkan pernik-pernik di tengah bunga flanel.
3. Selain berbentuk bunga, bros flanel juga bisa hadir dengan berbagai bentuk lain yang menarik. Pilih saja yang menurut Anda bagus dan ngetrend untuk dibuat.

Nah, begitulah cara membuat bros dari kain flanel. Mudah sekali bukan dilakukan? Kini setelah Anda mampu menghasilkan aneka produk bros lucu tersebut, Anda bisa memakainya sendiri atau bahkan menjualnya. Jangan khawatir, di era serba online seperti ini, dengan mudah Anda bisa menjual aneka bros tersebut di toko online yang terpercaya. Tapi ingat, kemas dulu produk Anda dengan baik, supaya pembeli lebih teryakinkan oleh produk buatan Anda.

Ingat, Gunakan Lem yang Tepat

Pada tutorial membuat bros dari felt atau flanel di atas, kami secara khusus merekomendasikan lem Phaethon. Pilihan ini jatuh karena lem tersebut memang sangat cocok untuk kebutuhan industri ini. Selain berkualitas, harganya juga terjangkau dan bisa membantu Anda meminimalisir ongkos produksi. Bagi orang awam, lem ini juga sangat mudah digunakan tanpa perlu menggunakan alat dan bahan tambahan khusus.

Penggunaan bahan berkualitas seperti ini memang perlu diupayakan selain keterampilan kita sendiri yang harus baik. Apalagi untuk produk sepenting lem. Lem sebagaimana yang kita tahu, memiliki fungsi sangat krusial terhadap kualitas produk bros secara keseluruhan. Tak hanya berdampak pada keawetan produk, lem juga berdampak pada estetika produk tersebut. Jadi pemilihannya harus dilakukan hati-hati.

Pada akhirnya, keterampilan yang baik serta dukungan alat dan bahan berkualitas pastilah akan membuat bros dari kain flanel Anda lebih bagus.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here