Mengenal Kain Non Woven dan Manfaatnya

977
kain non woven

Tahukah Anda apa itu kain non woven? Kain ini sejatinya memiliki banyak fungsi yang bisa kita nikmati. Karena itulah, lemkertas.com akan mengangkat bahasan mengenai kain tersebut di artikel ini.

Sebagaimana kertas, kain juga memiliki banyak fungsi dalam kehidupan manusia. Kain bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari memenuhi kebutuhan sandang sampai untuk selimut di kala kita dingin. Bahkan banyak juga kain yang dibutuhkan untuk pembungkus makanan dan keperluan medis. Nah, salah satu jenis kain yang biasa dibedakan dari kayu lainnya adalah kain non woven.

Kain dalam kategori non woven, sebagaimana namanya adalah kain yang dalam pembuatannya tidak dianyam ataupun dirajun. Penyatuan serat-serat kain, baik yang panjang ataupun pendek, dilakukan dengan proses lain seperti:

  1. Pemanasan atau metode termal
  2. Mekanis, misalnya dengan pemberian tekanan
  3. Aplikasi solvent atau solvent treatment
  4. Kimia, misalnya dengan pemberian cairan kimia

Ada beberapa jenis produk yang termasuk kain ini. Pernahkah Anda memperhatikan bungkus teh celup? Kerap, bahan yang dipakai sebagai bungkus teh tersebut adalah kain dari kelompok non woven. Sekilas pembungkus teh tersebut mirip dengan kertas. Namun sejatinya bukan kertas, melainkan pembungkus dari kain non woven.

Selain pembungkus tes, kebanyakan kain daur ulang juga merupakan non woven fabric. Sebab, kain-kain seperti itu umumnya dibuat dari kain bekas yang sudah pasti tak bisa lagi dianyam atau dirajut seratnya. Penyatuan lebih memungkinkan dilakukan dengan cara-cara mekanis, termal, kimia, hingga treatment solvent.

Fungsi Kain Non Woven

Ada sangat banyak manfaat yang bisa diperoleh dari non woven fabric. Berikut ini di antaranya:

  1. Digunakan untuk membuat berbagai kerajinan
  2. Digunakan untuk membuat berbagai item fashion
  3. Tas belanja
  4. Tirai bedah
  5. Masker
  6. Komponen alat pembalut bagi wanita
  7. Sepatu hingga pakaian sekali pakai
  8. Bantal
  9. Tissue toilet
  10. Dan masih banyak lagi yang tak bisa disebutkan satu per satu.

Dibuat Bros hingga Aneka Kerajinan dan Produk Fashion

Salah satu fungsi dari kain non woven adalah pemanfaatannya di bidang kerajinan dan fashion. Salah satu jenis non woven fabric yang sering digunakan untuk kebutuhan ini adalah kain flanel atau dalam bahasa Inggris disebut kain felt.

Felt dibuat dengan mekanisme non woven yang membuatnya justru memiliki keunikan tersendiri. Dan, saat ini kita bisa menemukan berbagai produk menarik yang dihasilkan dari material kain ini. Misalnya saja bros. Bros-bros cantik berbentuk bunga kerap memanfaatkan felt fabric dalam pembuatannya. Selain bros, kain ini juga sering digunakan untuk membuat tas laptop.

Tas laptop berbahan dasar kain flanel bahkan sempat trending beberapa tahun belakangan ini. Tas-tas tersebut dinilai menarik karena tampilan dari felt fabric itu sendiri. Paduan dari tekstur dan tampilan flanel serta warna pastelnya membuat tas laptop dari bahan tersebut memiliki banyak penggemar.

Kain Non Woven Butuh Lem yang Spesifik

Bicara mengenai non woven cloth, tentu tak afdol bila tak bicara mengenai cara pengolahannya. Namun secara umum, bisa dikatakan bahwa proses pengolahan kain ini tergantung pada dua hal. Pertama jenis kain bukan woven yang digunakan, dan yang kedua adalah tujuan pengolahan kain tersebut.

Di artikel ini, yang akan kami bahas dan contohkan adalah pengolahan aneka bros dan produk fashion dari jenis kain flanel. Sebab jenis inilah yang cara pengolahannya paling sering ditanyakan orang awam. Banyak yang bertanya bagaimana cara membuat bros atau tas laptop dari kain flanel dibanding cara membuat bungkus teh hingga tirai bedah.

Dalam proses pengolahan ini, kain bisa dipotong hingga dijahit. Namun ada satu tahapan penting yang tak bisa diabaikan. Tahapan itu adalah tahapan pengeleman. Pada banyak momen, misalnya saat membuat bros, kita harus bisa merekatkan kain non woven satu dengan yang lain. Pemilihan lem harus dilakukan dengan cermat sebab tidak semua lem bisa digunakan untuk kebutuhan ini. Lem yang paling tepat digunakan untuk produk non woven fabric adalah Eva Phaethon.

Mengapa Memilih Eva Phaethon?

Sudah pasti ada alasan tersendiri mengapa Eva Phaethon yang dipilih di antara beribu lem yang dijual di pasaran. Pemilihan lem ini didasarkan pada kualitasnya yang memang ideal untuk kebutuhan pengeleman kain non woven. Eva Phaethon bukan merupakan lem putih PVAc. Secara umum, lem putih PVAc atau yang biasa disebut lem kayu tidak cocok untuk kebutuhan kain non woven tersebut. Eva Phaethon adalah lem berbasis formula EVA atau ethylene vinyl acetate. Tipe lem seperti ini memiliki kemampuan khusus untuk merekatkan media yang tak bisa direkatkan lem PVAc misalnya pelapis sintetis yang porositasnya rendah.

Selain memang dari jenis yang cocok, Eva Phaethon juga disarankan karena merupakan lem yang memiliki berbagai keunggulan. Adhesive ini hadir dengan berbagai poin kelebihan seperti:

  1. Memiliki daya rekat yang kuat
  2. Ikatan yang tidak mudah rusak ketika terpapar air, panas, hingga siraman minyak
  3. Tidak tebal dan tidak menyebabkan glue line
  4. Mudah digunakan
  5. Harga yang lebih terjangkau dengan pemakaian yang lebih hemat
  6. Kecepatan kering ideal, sehingga pengerjaan sesuai rencana prosedur
  7. Lebih aman dan ramah lingkungan
  8. Viskositas sesuai untuk perekatan bertipe laminasi
  9. Cover area luas
  10. Mudah disebar sehingga merekatkan secara rata tanpa ada bagian yang menonjol

Berbagai keunggulan Eva Phaethon inilah yang membuatnya senantiasa diunggulkan. Ingin segera memesan Eva Phaethon? Begini cara untuk melakukan pemesanan atas adhesive tersebut.

Cara Memesan Eva Phaethon

  1. Pertama, hubungi dulu Customer Service kami. Anda bisa bertanya mengenai adhesive ini lebih lanjut atau segera melakukan pemesanan. Bagi Anda yang ingin segera melakukan pemesanan, langsung saja berikan informasi berupa nama Anda sebagai pemesan, alamat tujuan pengiriman, produk yang dipesan, dan jumlah produk yang dipesan. Selain itu, Anda juga boleh mengajukan saran kurir pengiriman yang diinginkan. CS kami akan mendiskusikan masalah kurir ini kepada Anda.
  2. Setelah Anda mengirimkan informasi tersebut, tunggu beberapa saat di mana CS kami akan memberikan estimasi biaya total dan juga lama pengiriman. Biaya total mencakup harga produk dan ongkos kirim.
  3. Bila Anda sudah mantap dengan pemesanan tersebut (misal jumlah Eva Phaethon yang hendak dibeli), CS kami akan memberikan nomor rekening tujuan pembayaran.
  4. Lakukan pembayaran berdasarkan nomor rekening yang disebutkan CS kami tersebut.
  5. Kirimkan bukti pembayaran pada kami, baik itu via google, WA, dan media pemesanan lainnya.
  6. Tunggu pesanan Anda untuk diproses. CS kami juga akan segera mengirimkan nomor resi pesanan segera setelah pesanan Anda tersebut diserahkan ke kurir pengiriman.
  7. Tunggu sampai produk tersebut selesai masa pengirimannya dan bisa Anda gunakan. Selama proses pemesanan ini, kami juga akan turut membantu Anda bila kurir tidak bekerja dengan baik.

Bagaimana? Mudah bukan memesan Eva Phaethon? Segera dapatkan Eva Phaethon untuk membuat berbagai produk kain non woven.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here